Kesungguhan Menuntut Ilmu

Kesungguhan Menuntut Ilmu

KESUNGGUHAN MENUNTUT ILMU

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

ومن سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة

“Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim)

Salah satu perawi hadits ini dalam rangka mendapatkan hadits tersebut dari Abu Darda radhiyallahu'anhu telah menempuh perjalanan dengan berjalan kaki antara Syam - Madinah, sekitar 1200 km. 

Ketika ditanya kepadanya, "apakah ada hajat lain ia datang ke Madinah ?' Dia menjawab "tidak", Setelah itu ia kembali ke Syam lagi."

Demikian beratnya perjuangan orang dahulu sekedar untuk mendapatkan setetes hidayah dan ilmu. Sekarang lihatlah keadaan diri - diri kita.

Kalau orang dahulu dibuat berjalan kaki hanya untuk satu hadits. Untuk kita sekarang Allah ta'ala telah menyediakan fasilitasnya.

Allah menyediakan kendaraannya untuk kita, ada yang punya sepeda, punya motor bahkan mobil. Masjidnya dihadirkan terjangkau dari rumah kita. Keadaannya bagus. Ada AC untuk mendinginkan udara diluar yang sedang panas. Ada karpet untuk menghangatkan di saat dingin.

Kalau dengan segala kemudahan itu belum mendorong kita untuk istiqamah menghadiri majelis ilmu, dengan cara apa lagi kita mau mencari ilmu ? Apakah kita mengira  dunia yang kita kejar dengan cara sampai jungkir balik sedangkan syurga bisa kita raih dengan cara mudah-mudah saja ?? 

Sedangkan Allah ta'ala mengingatkan : 

"Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu cobaan sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu ?" (QS. Al Baqarah : 214) 

"Ya Allah ringankan kaki kami di dunia menuju majelis ilmu, agar kelak ringan meniti shirat menuju syurgaMu."

•┈┈•••○○❁༺αѕт༻❁○○•••┈┈•

 ⤵️https://t.me/subulana

🌐 www.konsultasislam.com

📱facebook.com/AhmadSyahrinThoriq

Sumber WAG: SUBULANA I

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Kesungguhan Menuntut Ilmu - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®