Taubatnya Mantan Pengikut Islam Jamaah Sebelum Wafatnya

Taubatnya Mantan Pengikut Islam Jamaah Sebelum Wafatnya

Taubatnya Mantan Pengikut Islam Jamaah Sebelum Wafatnya

Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un, telah wafat Bapak Mukhlis, Karanganyar. Semoga Allah memberi ampunan dan Rahmat baginya. Amin.

Siapa beliau? Beliau adalah seorang yang pernah aktif di Islam Jamaah dan pernah bertamu bersama para mantan anggota Islam Jamaah lainnya ke kantor MUI Jatim. Saya dan para kiai lainnya turut menyambut kedatangan rombongan ini.

Dalam pengakuan beliau dan diamini oleh para sahabatnya pernah menjadi doktriner bagi Islam Jamaah. Kaum Muslimin di luar golongannya disebut Kafir. Secara jelas beliau menyebut bahwa yang paling banyak dihukumi ahli bidah adalah warga Nahdliyyin.

Hidayah dan pertolongan Allah datang kepadanya. Beliau mulai belajar lebih banyak tentang Islam. Beliau bertaubat dari mengafirkan sesama Muslim. 

Saya pun teringat pada dawuh Imam di bidang Akidah kita. As-Sarakhsi berkata:

ﻟﻤﺎ ﻗﺮﺏ ﺣﻀﻮﺭ ﺃﺟﻞ ﺃﺑﻲ اﻟﺤﺴﻦ اﻷﺷﻌﺮﻱ ﻓﻲ ﺩاﺭﻱ ﺑﺒﻐﺪاﺩ، ﺩﻋﺎﻧﻲ ﻓﺄﺗﻴﺘﻪ، ﻓﻘﺎﻝ: اﺷﻬﺪ ﻋﻠﻲ ﺃﻧﻲ ﻻ ﺃﻛﻔﺮ ﺃﺣﺪا ﻣﻦ ﺃﻫﻞ اﻟﻘﺒﻠﺔ

"Menjelang wafatnya Abu Hasan Al-Asyari di rumahku, di Baghdad, ia memanggilku dan aku mendatangi beliau. Al-Asyari berkata: "Saksikan bahwa aku tidak mengafirkan seorang pun dari Ahli Qiblah (umat Islam)"

ﻗﻠﺖ: ﻭﺑﻨﺤﻮ ﻫﺬا ﺃﺩﻳﻦ، ﻭﻛﺬا ﻛﺎﻥ ﺷﻴﺨﻨﺎ اﺑﻦ ﺗﻴﻤﻴﺔ ﻓﻲ ﺃﻭاﺧﺮ ﺃﻳﺎﻣﻪ ﻳﻘﻮﻝ: ﺃﻧﺎ ﻻ ﺃﻛﻔﺮ ﺃﺣﺪا ﻣﻦ اﻷﻣﺔ، ﻭﻳﻘﻮﻝ: ﻗﺎﻝ اﻟﻨﺒﻲ -ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: "ﻻ ﻳﺤﺎﻓﻆ ﻋﻰ اﻟﻮﺿﻮء ﺇﻻ ﻣﺆﻣﻦ" ﻓﻤﻦ ﻻﺯﻡ اﻟﺼﻠﻮاﺕ ﺑﻮﺿﻮء ﻓﻬﻮ ﻣﺴﻠﻢ.

Saya (Al-Hafidz adz-Dzahabi) berkata: "Seperti ini pula ajaran agama saya. Demikian halnya guru kami, Ibnu Taimiyah, berkata di akhir hidupnya: "Aku tidak mengafirkan seorang pun dari umat ini. Ia menyampaikan hadis Nabi shalallahu alaihi wa sallam: "Tidaklah seseorang menjaga wudhu kecuali dia seorang Muslim". Maka barang siapa yang menjaga shalatnya dengan wudhu maka dia seorang Muslim (Siyar A'lam An-Nubala', 11/393)

رزقنا الله حسن الختام وأمتنا على دين الإسلام

Sumber FB Ustadz : Ma'ruf Khozin 

30 Mei 2022 pada 12.21  ·

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Taubatnya Mantan Pengikut Islam Jamaah Sebelum Wafatnya - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®