Pak Haji Masih Bingung - Zikir dan Doa

Pak Haji Masih Bingung - Zikir dan Doa

Pak Haji Masih Bingung ( 20 )

Oleh Ustadz : Rahmat Taufik Tambusai

Pak haji, apa hukum membaca doa dan zikir selama melaksanakan ibadah haji, wukuf di arafah, mabit di muzdalifah, mabit di mina, melontar jumroh, tawaf dan sai, kalau kami tidak hapal semua, apakah sah ibadah haji kami, dan doa apa yang sering dibaca oleh nabi selama pelaksanaan ibadah haji, mohon penjelasan pak haji biar kami tak ragu ketika berdoa.

Pertama. Apapun jenis doanya jangan pernah ragu dimana pun, karena doa dan zikir tidak terikat dengan tempat dan waktu. Yang tidak boleh hanya di toilet.

Kedua. Semua zikir dan doa yang dibaca selama pelaksanaan ibadah haji dan umroh hukumnya sunnah, tidak wajib. 

Bacaan selama ihram haji dan umroh berupa doa dan zikir tidak termasuk rukun, artinya jika tidak termasuk rukun, maka apabila tidak dibaca, haji dan umrohnya tetap sah.

Tetapi tidak mendapatkan keutamaan dan ganjaran yang besar di sisi Allah, doa dan zikir dapat mambantu keikhlasan hati dan membantu meraih haji mabrur. 

Oleh sebab itu, Maka tetap berdoa dan berzikir dengan yang dihapal, jika tidak ada yang hapal, maka boleh dengan menggunakan bahasa indonesia atau bahasa daerah.

Ketiga. Dalam kitab Azkar Imam Nawawi meriwayatkan, bahwa doa yang sering dibaca Nabi selama ihram haji adalah doa sapu jagat.

ربنا اتنا فی الدنیا حسنۃ و فی الاخرۃ حسنۃ و قنا عذاب النار 

Ini merupakan doa inti, baik di tanah haram maupun di luar tanah haram, harus tetap dibaca, agar di dunia dan akhirat mendapatkan hasanah, hasanah mengarungi hidup di dunia, lalu mati husnul khatimah dan di akhirat meraih hasanah berupa ampunan dan rahmat Allah.

Dalu - dalu, Kamis 23 Mei 2024

Azkia Group Melayani Tamu Allah Kemuliaan Bagi Kami.

Umroh Hemat Rp. 28.950 Juta ( Hotel *3 )

Eksekutif Rp. 33 Juta ( Hotel *4 )

VIP Rp. 35.950 Juta ( Hotel *5 )

Sumber FB Ustadz : Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pak Haji Masih Bingung - Zikir dan Doa - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®