Aswaja selama ini selalu bersikap defensif dalam artian tidak menyerang tapi hanya mempertahankan diri dengan membantah tuduhan.
Sebaliknya salafi tidak henti-hentinya menyerang dengan melemparkan narasi-narasi provokasi dengan membuat karya yang berlandaskan falsifikasi (penggiringan opini dengan memanipulasi referensi).
Padahal kalau mau bisa saja kami buat karya seperti di bawah ini "Ajaran Ibnu Taimiyah yang Ditinggalkan sebagian Pengikutnya" daftarnya seperti:
1. Ibnu Taimiyah menganjurkan jika di suatu daerah masyarakatnya berqunut subuh agar ikut qunut, tapi sebagian salafi Indonesia menolak qunut bahkan membid'ahkan.
(إذا اقتدى المأموم بمن يقنت في الفجر أو الوتر، قنت معه، سواء قنت قبل الركوع أو بعده، وإن كان لا يقنت لم يقنت معه، ولو كان الإمام يرى استحباب شيء والمأمومون لا يستحبُّونه فتركه لأجل الاتِّفاق والائتلاف، كان قد أحسن) مجموع الفتاوى؛ لابن تيمية رحمه الله، جـ 22، ص 286.
2. Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa mayit bisa mendengar sedangkan sebagian Salafi Indonesia mengingkari itu.
الحمد لله رب العالمين نعم يسمع الميت في الجملة كما ثبت في الصحيحين عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : { يسمع خفق نعالهم حين يولون عنه } مجموع فتاوى ابن تيمية ٢٤/٣٧٠
3. Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa menghadiahkan pahala ke mayit itu sampai, tapi sebagian Salafi Indonesia bersikeras memegang pendapat hal tersebut tidak sampai.
(وأما " القراءة والصدقة " وغيرهما من أعمال البر فلا نزاع بين علماء السنة والجماعة في وصول ثواب العبادات المالية كالصدقة والعتق كما يصل إليه أيضا الدعاء والاستغفار والصلاة عليه صلاة الجنازة والدعاء عند قبره) . مجموع فتاوى ابن تيمية ٢٤/٣٧٠
4. Ibnu Taimiyah mengakui bahwa ada orang yang karena kecintaannya pada Allah hingga hilang akal dan mereka digolongkan termasuk orang sholeh, sebaliknya Salafi Indonesia semuanya tidak mengakui fenomena ini bahkan mengejek "Wali kok gila"
(فهذه الأحوال التي يقترن بها الغشي أو الموت أو الجنون أو السكر أو الفناء حتى لا يشعر بنفسه ونحو ذلك إذا كانت أسبابها مشروعة وصاحبها صادقا عاجزا عن دفعها كان محمودا على ما فعله من الخير وما ناله من الإيمان معذورا فيما عجز عنه وأصابه بغير اختياره وهم أكمل ممن لم يبلغ منزلتهم لنقص إيمانهم وقسوة قلوبهم ونحو ذلك من الأسباب التي تتضمن ترك ما يحبه الله أو فعل ما يكرهه الله)
مجموع فتاوى ابن تيمية ٢٢/١١
Ini hanya sebagian, ada banyak lagi kalau kami menghendaki keributan tapi sekali lagi bukan manhaj kami mencari keributan dalam perkara khilafiyah furu'iyyah kecuali diserang maka kami punya hak membela diri.
Sumber FB Ustadz : Muhammad Salim Kholili