Lima Pembagian Bid'ah

Lima Pembagian Bidah

𝗟𝗜𝗠𝗔 𝗣𝗘𝗠𝗕𝗔𝗚𝗜𝗔𝗡 𝗕𝗜𝗗'𝗔𝗛

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Seorang ulama besar yang digelari dengan julukan sultanul Ulama, al imam Izz bin Abdussalam rahimahullah bahkan membagi bid'ah bukan menjadi dua, tapi ada lima bagian.

Yakni menurut beliau ada bid'ah yang hukumnya wajib, ada yang sunnah, ada yang mubah, ada yang makruh dan ada bid'ah yang hukumnya haram.

وضربوا لذلك أمثلة:

Di antara contoh masing-masing adalah :

فالبدعة الواجبة: كالاشتغال بعلم النحو الذي يفهم به كلام الله ورسوله، وذلك واجب؛ لأنه لا بد منه لحفظ الشريعة، وما لا يتم الواجب إلا به فهو واجب. 

Bid'ah yang wajib yakni contohnya menyibukkan dengan kajian ilmu Nahwu untuk bisa memahami firman Allah dan sabda NabiNya dengan baik.

Perkara ini wajib, karena digunakan untuk menjaga syariat, apa yang tidak bisa terlaksana sebuah kewajiban kecuali dengannya, maka ia menjadi wajib.

والبدعة المحرمة من أمثلتها: مذهب القدرية، والجبرية، والمرجئة، والخوارج. 

Sedangkan di antara contoh bid'ah yang haram adalah apa yang diperbuat oleh kelompok - kelompok menyimpang seperti Qadariyah, Jabariyah, Murjiah dan Khawarij.

والبدعة المندوبة: مثل إحداث المدارس، وبناء القناطر، ومنها صلاة التراويح جماعة في المسجد بإمام واحد.

Bid'ah yang disunnahkan adalah semisal membangun madrasah dan sarana-sarana keilmuan, juga contohnya adalah shalat Tarawih berjamaah yang dikerjakan secara rutin dengan satu imam.

والبدعة المكروهة: مثل زخرفة المساجد، وتزويق المصاحف.

Sedangkan bid'ah yang hukumnya dimakruhkan misalnya menghias masjid dan mendekor mushaf al Qur'an.

والبدعة المباحة: مثل المصافحة عقب الصلوات، ومنها التوسع في اللذيذ من المآكل والمشارب والملابس

Adapun bid'ah yang sifatnya mubah adalah bersalaman selesai shalat lima waktu, menambah aneka ragam makanan minuman dan pakaian.

واستدلوا لرأيهم في تقسيم البدعة إلى الأحكام الخمسة بأدلة منها

Dan para ulama termasuk beliau ini membagi bid'ah menjadi lima hukum dengan dalil-dalil sebagai berikut :

(أ) قول عمر رضي الله عنه في صلاة التراويح جماعة في المسجد في رمضان نعمتالبدعة هذه . فقد روي عن عبد الرحمن بن عبد القاري أنه قال: خرجت مع عمر بن الخطاب رضي الله عنه ليلة في رمضان إلى المسجد، فإذا الناس أوزاع متفرقون، يصلي الرجل لنفسه، ويصلي الرجل فيصلي بصلاته الرهط. فقال عمر: إني أرى لو جمعت هؤلاء على قارئ واحد لكان أمثل، ثم عزم، فجمعهم على أبي بن كعب، ثم خرجت معه ليلة أخرى، والناس يصلون بصلاة قارئهم، قال عمر: نعم البدعة هذه، والتي ينامون عنها أفضل من التي يقومون. يريد آخر الليل. وكان الناس يقومون أوله.

(ب) تسمية ابن عمر صلاة الضحى جماعة في المسجد بدعة، وهي من الأمور الحسنة. روي عن مجاهد قال: دخلت أنا وعروة بن الزبير المسجد، فإذا عبد الله بن عمر جالس إلى حجرة عائشة، وإذا ناس يصلون في المسجد صلاة الضحى، فسألناه عن صلاتهم - فقال: بدعة

(ج) الأحاديث التي تفيد انقسام البدعة إلى الحسنة والسيئة، ومنها ما روي مرفوعا: من سن سنة حسنة، فله أجرها وأجر من عمل بها إلى يوم القيامة، ومن سن سنة سيئة، فعليه وزرها ووزر من عمل بها إلى يوم القيامة

Dengan mengikuti kaidah beliau ini, coba sebutkan contoh-contoh lima jenis hukum bid'ah yang yang ada hari ini ! 

📜Ref : Qawaid al Ahkam li Izz bin Abdissalam (2/172) 

Baca juga kajian Ustadz AST tentang Bid'ah

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Lima Pembagian Bid'ah - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®