Kata Kullu Menurut Ahli Ilmu

๐—ž๐—”๐—ง๐—” ๐—ž๐—จ๐—Ÿ๐—Ÿ๐—จ ๐— ๐—˜๐—ก๐—จ๐—ฅ๐—จ๐—ง ๐—”๐—›๐—Ÿ๐—œ ๐—œ๐—Ÿ๐— ๐—จ

๐—ž๐—”๐—ง๐—” ๐—ž๐—จ๐—Ÿ๐—Ÿ๐—จ ๐— ๐—˜๐—ก๐—จ๐—ฅ๐—จ๐—ง ๐—”๐—›๐—Ÿ๐—œ ๐—œ๐—Ÿ๐— ๐—จ

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Dalam hadits tentang perkara bid’ah para ulama berbeda pendapat tentang lafadz kata kullu yang ada dalam kalimatnya. Apakah kata kullu yang artinya adalah semua berarti semua di sini tanpa kecuali, ataukah makna semua yang bersifat umum namun tidak bermakna mutlak.

Yang jelas dalam bahasa arab kata kullu (semua) ada yang bersifat semua tanpa kecuali dan ada juga yang bersifat untuk menunjukkan sebagiannya saja. Sehingga di makna ke dua ini penggunakan kullu (semua) hanya untuk menegaskan atau menyebutkan sebagian besar dari sesuatu.

Dalam bahasa lainnya termasuk bahasa Indonesia hal ini juga digunakan. Kita ambil contoh untuk bentuk pertama : “Semua ayah adalah laki-laki”,  maka kata “semua” di sini bersifat mutlak adanya, tidak ada ayah yang berjenis kelamin perempuan. Contohnya lagi : “Semua  orang pasti pernah mengalami masa kanak-kanak” dan contoh lainnya.

Sedangkan contoh kata semua tapi tidak bersifat mutlak misalnya kalimat : “Semua orang dibuat kaget dengan kejadian tadi malam.” lafadz tersebut meskipun menggunakan kata semua orang tapi tidaklah menunjukkan semua tanpa kecuali. Ia menunjukkan sebagian atau sebagian besar orang, karena tentu ada saja orang yang tidak kaget dengan kejadian tadi malam. Dan contoh lainnya.

Nah demikian juga dengan kata kullu dalam kaidah bahasa Arab. Ada yang menunjukkan semua tanpa kecuali dan yang bermakna sebagian. Karenanya berkata al imam Ibnu Atsir rahimahullah :

ู…ูˆุถุน ‌ูƒู„، ‌ุงู„ุฅุญุงุทุฉ ‌ุจุงู„ุฌู…ูŠุน، ูˆู‚ุฏ ุฌุงุก ุงุณุชุนู…ุงู„ู‡ ุจู…ุนู†ู‰ ุจุนุถ، ูˆุนู„ูŠู‡ ุญู…ู„ ู‚ูˆู„ ุนุซู…ุงู† ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุญูŠู† ุฏุฎู„ ุนู„ูŠู‡ ูู‚ูŠู„ ู„ู‡: ุฃุจุฃู…ุฑูƒ ู‡ุฐุง ูู‚ุงู„: ูƒู„ ุฐู„ูƒ ุฃูŠ ุจุนุถู‡ ุนู† ุฃู…ุฑูŠ، ูˆุจุนุถู‡ ุจุบูŠุฑ ุฃู…ุฑูŠ

“Topik dari kata kullu adalah makna yang mencakup keseluruhan. Namun demikian bisa juga bermakna sebagian. (Contohnya) makna ini diarahkan ucapan Sayyidina Utsman radhiyallahu’anhu, Ketika beliau didatangi seseorang kemudian ditanya, “Apakah ini perintahmu?” Beliau Radhiyallahu Anhu menjawab, “Kullu (sebagian) itu adalah perintahku dan sebagiannya bukan perintahku.”[1]

Al imam Fairus al Abadi rahimahullah, salah seorang pakar dalam bidang bahasa juga menjelaskan hal yang sama :

ุงู„ูƒู„...  ‌ุงุณู… ‌ู„ุฌู…ูŠุน ‌ุงู„ุฃุฌุฒุงุก، ู„ู„ุฐูƒุฑ ูˆุงู„ุฃู†ุซู‰، ุฃูˆ ูŠู‚ุงู„: ูƒู„ ุฑุฌู„، ูˆูƒู„ุฉ ุงู…ุฑุฃุฉ... ูˆู‚ุฏ ุฌุงุก ุจู…ุนู†ู‰ ุจุนุถ

"Kullu adalah nama bagi semua bagian, baik bagi kata maskulin atau feminim. Ada pula yang mengatakan bagi maskulin kullu bagi feminim kullatu. … Dan ada kalanya kullu bermakna sebagian.”[2]

Jadi lafadz dalam ayat al Qur’an dan hadits yang menggunakan kata kullu itu memiliki dua kemungkinan makna, yang pertama kullu yang bermakna semua mutak tanpa kecuali dan yang kedua kullu yang berarti sebagian saja.

๐—–๐—ผ๐—ป๐˜๐—ผ๐—ต ๐—ธ๐˜‚๐—น๐—น๐˜‚ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฎ (๐˜€๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฎ)

Firman Allah ta’ala dalam surah al Ankabut ayat 57 :

ูƒُู„ُّ ู†َูْุณٍ ุฐَุงูۤ‰ِูٕ‚َุฉُ ุงู„ْู…َูˆْุชِۗ ุซُู…َّ ุงِู„َูŠْู†َุง ุชُุฑْุฌَุนُูˆْู†َ

 “๐˜š๐˜ฆ๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ ๐˜ซ๐˜ช๐˜ธ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ด๐˜ต๐˜ช ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ญ๐˜ข๐˜ญ๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜’๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ.”

Ayat di atas jelas dipahami bahwa kata kullu yang digunakan artinya semua secara mutlak. Karena memang tidak akan ada makhluk yang tidak bertemu dengan kematian, semua pasti masti. Orang kaya mati, orang miskin mati, raja-raja mati orang biasa mati …

Firman Allah ta’ala dalam surah al Baqarah ayat 20 :

ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุนَู„َู‰ٰ ูƒُู„ِّ ุดَูŠْุกٍ ู‚َุฏِูŠุฑٌ

 “๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ด ๐˜ด๐˜ฆ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ข๐˜ด๐˜ข.”

Dalam ayat ini, jelas bahwa kata kullu juga berarti semua tanpa kecuali, karena memang demikianlah kekuasaan Allah yang tanpa adanya batas.

Firman Allah ta’ala dalam surah al Baqarah ayat 276 :

ูˆَุงู„ู„ّٰู‡ُ ู„َุง ูŠُุญِุจُّ ูƒُู„َّ ูƒَูَّุงุฑٍ ุงَุซِูŠْู…ٍ

 “๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ช ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ง๐˜ถ๐˜ณ ๐˜ญ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜จ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ข.”

Kata kullu yang digunakan di ayat ini juga menunjukkan semua tanpa kecuali, karena mustahil Allah subhanahu wata’ala akan menyukai atau meridhai bentuk kekufuran.

๐—–๐—ผ๐—ป๐˜๐—ผ๐—ต ๐—ธ๐˜‚๐—น๐—น๐˜‚ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฑ๐˜‚๐—ฎ (๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป)

Berikut ini di antara kata kullu yang tidak mungkin dibawa kepada makna semua tanpa kecuali, tapi harus dimaknai sebagiannya. Berikut di antara contoh ayatnya :

ูˆَูƒَุงู†َ ูˆَุฑَุงุกَู‡ُู…ْ ู…َู„ِูƒٌ ูŠَุฃْุฎُุฐُ ูƒُู„َّ ุณَูِูŠْู†َุฉٍ ุบَุตْุจَุง

“๐˜‹๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ณ๐˜ข๐˜ซ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ด ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ด๐˜ข ”(QS. Al Kahfi: 79)

Kata merampas semua kapal di sini tidak mungkin dimaknai seluruh kapal, karena pada kenyataannya raja tersebut hanya merampas kapal-kapal yang masih bagus dan hanya di wilayah tertentu saja.

ุฅِู†ِّูŠ ูˆَุฌَุฏْุชُ ุงู…ْุฑَุฃَุฉً ุชَู…ْู„ِูƒُู‡ُู…ْ ูˆَุฃُูˆุชِูŠَุชْ ู…ِู†ْ ูƒُู„ِّ ุดَูŠْุกٍ ูˆَู„َู‡َุง ุนَุฑْุดٌ ุนَุธِูŠู…ٌ

 “๐˜ˆ๐˜ฌ๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ช ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ธ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช๐˜ต๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข๐˜ช ๐˜ด๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ข๐˜ณ.” (QS. An Naml : 23)

Pada ayat ini pun tidak bisa diartikan segala sesuatu secara mutlak karena realitanya ratu Bilqis tidaklah diberikan segala-galanya. Ia tidak memiliki apa yang dikuasai oleh nabi Sulaiman dan juga tentunya raja-raja lainnya, sehingga meskipun lafadz ayat menggunakan kata semua, ia hanya menunjukkan sebagian saja bukan segala sesuatu.

ูَู„َู…َّุง ู†َุณُูˆุง ู…َุง ุฐُูƒِّุฑُูˆุง ุจِู‡ِ ูَุชَุญْู†َุง ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ุฃَุจْูˆَุงุจَ ูƒُู„ِّ ุดَูŠْุกٍ

 “๐˜”๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ต๐˜ข๐˜ต๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข, ๐˜’๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ (๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ) ๐˜ด๐˜ฆ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข.” (QS. Al An’am 44)

Demikian juga dengan ayat ini, tidak mungkin Allah akan memberikan segala sesuatu kepada orang-orang kafir yang disebutkan di ayat tersebut.

๏ปญَ๏บŸَ๏ปŒَ๏ป ْ๏ปจَ๏บŽ ๏ปฃِ๏ปฆَ ๏บ๏ปŸْ๏ปคَ๏บŽ๏บ€ِ ๏ป›ُ๏ปžَّ ๏บทَ๏ปดْ๏บŠٍ ๏บฃَ๏ปฒ

“๐˜‹๐˜ข๐˜ฏ ๐˜’๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฑ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ข๐˜ช๐˜ณ.” (QS. Al Anbiya’: 30)

Sepintas ayat ini membawa makna kata kullu (semua) kepada makna semua secara mutlak. Namun bila kita teliti lagi akan kita temukan ayat yang menyebutkan bahwa ada makhluknya yang tidak diciptakan dari air namun dari unsur lain. Seperti firman Allah ta’ala :

๏ปญَ๏บงَ๏ป َ๏ป–َ ๏บ๏ปŸْ๏บ َ๏บ‚๏ปฅَّ ๏ปฃِ๏ปฆْ ๏ปฃَ๏บŽ๏บญِ๏บٍ ๏ปฃِ๏ปฆْ ๏ปงَ๏บŽ๏บญٍ

 “๐˜‹๐˜ข๐˜ฏ ๐˜‹๐˜ช๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ค๐˜ช๐˜ฑ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜‘๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ค๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ช ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข.” (QS. Ar Rahman : 15)

๐—Ÿ๐—ฎ๐—น๐˜‚ ๐—ž๐˜‚๐—น๐—น๐˜‚ ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ต๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐˜๐˜€ ๐—ถ๐—ป๐—ถ ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ธ ๐—ธ๐—ฒ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ?

Nah di sinilah kemudian para ulama berbeda pendapat dalam memaknai kata kullu dalam hadits tentang masalah bid’ah ini.

๏ป“َ๏บˆِ๏ปฅَّ ๏บงَ๏ปดْ๏บฎَ ๏บ๏ปŸْ๏บคَ๏บชِ๏ปณْ๏บšِ ๏ป›ِ๏บ˜َ๏บŽ๏บُ ๏บ๏ปŸ๏ป ّ๏ปชِ ๏ปญَ๏บงَ๏ปดْ๏บฎَ ๏บ๏ปŸْ๏ปฌُ๏บชَ๏ปฏ ๏ปซُ๏บชَ๏ปฏ ๏ปฃُ๏บคَ๏ปคَّ๏บชٍ ๏ปญَ๏บทَ๏บฎَّ ๏บْ๏ปทُ๏ปฃُ๏ปฎْ๏บญِ ๏ปฃُ๏บคْ๏บชَ๏บ›َ๏บŽ๏บ—ُ๏ปฌَ๏บŽ ๏ปญَ๏ป›ُ๏ปžَّ ๏บ‘ِ๏บชْ๏ป‹َ๏บ”ٍ ๏บฟَ๏ปผَ๏ปŸَ๏บ”ٌ

 “๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ-๐˜ฃ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ช๐˜ต๐˜ข๐˜ฃ ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ-๐˜ฃ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜”๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฅ, ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฌ-๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ถ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ูƒู„ (๐˜ด๐˜ฆ๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ) ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ฅ’๐˜ข๐˜ฉ (๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ถ) ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ข๐˜ต.” (HR Muslim)

Sekelompok ulama seperti al imam Asy Syatibi, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan mayoritas ulama dari kalangan Hanabilah memaknai bahwa kata kullu dalam hadits di atas masuk ke dalam kategori pertama, yakni semua secara mutlak.

Sedangkan mayoritas ulama dari kalangan Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyyah dan Sebagian Hanabilah memaknai sebaliknya, kata kullu dalam hadits tersebut masuk ke dalam kategori yang kedua, yakni kullu (semua) yang menunjukkan sebagian atau sebagian besarnya.

 Mari kita Simak penjelasan dari masing-masing kelompok pendapat ini. Bersambung...

๐Ÿ“šWallahua'lam 

____________

[1] Taj al Arus (30/339)

[2] Al Muhith hal. 1053 

Baca juga kajian Ustadz AST tentang Bid'ah : 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Kata Kullu Menurut Ahli Ilmu - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®