Imam Berdiri Lagi Padahal Rakaat Sudah Sempurna
M. Syihabuddin Dimyathi
1. Ketika rakaat sudah sempurna, tapi malah imam berdiri lagi, maka makmum gaboleh ikut berdiri, baik makmum muwafiq maupun masbuq.
2. Bagi makmum muwafiq sudah jelas, karena rakaatnya sudah sempurna.
3. Bagi makmum masbuq, maka tetap gaboleh berdiri dengan tujuan bermakmum ke imam tersebut. Karena rakaat tambahan si imam ga dianggep. Kecuali si masbuq gatau bahwa itu rakaat tambahan, maka ketika masbuq berdiri ngikutin shalat imam, rakaat tersebut tetep dihitung baginya.
4. Kedua makmum ini sunah mengingatkan imam dengan baca ‘subhanallah’.
5. Membaca ‘subhanallah’ lebih baiknya diniati dzikir dan memberitahu imam. Tapi misal hanya niat memberitahu saja, mungkin ini yang dilakukan banyak orang, maka juga gapapa.
6. Kalau udah baca ‘subhanallah’ berkali-kali tapi imam ga balik duduk gimana?
Imam meneruskan berdiri atau kembali duduk itu hak dirinya. Karena yang jadi pegangan imam tetap keyakinannya sendiri. Jika ia masih ragu rakaatnya udah sempurna atau masih kurang, maka ia wajib berdiri. Jadi walaupun diingetin bolak-balik tapi imam masih ragu, ya tetep wajib nerusin berdiri.
7. Makmum yg yakin udah sempurna, haram ikut berdiri, kalau ikut berdiri padahal tau itu rakaat tambahan, maka shalatnya ga sah, wajib mengulangi.
8. Bagi makmum muwafiq ada dua pilihan :
• Pertama nunggu imam sampai bareng duduk tasyahud akhir, salamnya setelah imam salam, ini lebih utama.
• Pilihan kedua dengan cara mufaroqoh, lanjut sendiri, kemudian salam.
9. Bagi makmum masbuq pilihannya juga ada dua seperti diatas, dan kalau dirasa lama menunggu, mufaroqoh tidak masalah, ga makruh sama sekali.
10. Misal imam berdiri rakaat tambahan, kemudian di ingatkan makmum dengan ‘subhanallah’ dan si imam sadar bahwa itu rakaat tambahan. Maka wajib langsung kembali duduk tasyahud saat itu, diposisi apapun dia berada, jangan gengsi.
11. Ketika imam sujud sahwi, maka makmum wajib ikut sujud sahwi, walaupun gatau alasannya.
12. Ketika imam berdiri rakaat tambahan dan sudah sampai posisi ruku' (menuju berdiri, ini kadar minimal), kemudian si makmum mufaroqoh, maka ada kesunahan sujud sahwi untuk makmum karena kelupaan si imamnya.
13. Ketika Imam lupa dalam gerakan maka mengingatkannya dengan ‘subhanallah’. Sedangkan kalau lupa bacaan maka mengingatkannya dengan membaca keras bacaan yang bener. Kerasnya dikondisikan.
Referensi:
Majmu' Syarh Muhadzdzab
بِخِلَافِ مَا لَوْ قَامَ إلَى رَكْعَةٍ خَامِسَةٍ فَإِنَّهُ لَا يُتَابِعُهُ حَمْلًا لَهُ عَلَى أَنَّهُ تَرَكَ رُكْنًا مِنْ رَكْعَةٍ لِأَنَّهُ لَوْ تَحَقَّقَ الْحَالُ هُنَاكَ لَمْ تَجُزْ مُتَابَعَتُهُ لِأَنَّ الْمَأْمُومَ أَتَمَّ صَلَاتَهُ يَقِينًا فَلَوْ كَانَ الْمَأْمُومُ مَسْبُوقًا بِرَكْعَةٍ أَوْ شَاكًّا فِي فِعْلِ رُكْنٍ كَالْفَاتِحَةِ فَقَامَ الْإِمَامُ إلَى الْخَامِسَةِ لَمْ يَجُزْ لِلْمَسْبُوقِ مُتَابَعَتُهُ فِيهَا لِأَنَّا نَعْلَمُ أَنَّهَا غَيْرُ مَحْسُوبَةٍ لِلْإِمَامِ وَأَنَّهُ غَالِطٌ فِيهَا
[النووي، المجموع شرح المهذب، ١٤٥/٤]
وَإِنْ قَامَ الْإِمَامُ إلَى خَامِسَةٍ سَاهِيًا فَنَوَى الْمَأْمُومُ مفارقته بعد بلوغ الامام إلى حَدَّ الرَّاكِعِينَ فِي ارْتِفَاعِهِ سَجَدَ الْمَأْمُومُ لِلسَّهْوِ لِأَنَّهُ تَوَجَّهَ عَلَيْهِ السَّهْوُ قَبْلَ مُفَارَقَتِهِ وَإِنْ نَوَاهَا قَبْلَهُ فَلَا سُجُودَ لِأَنَّهُ نَوَى مُفَارَقَتَهُ قبل توجه السجود عَلَيْهِ
[النووي، المجموع شرح المهذب، ١٤٦/٤]
ذَكَرْنَا أَنَّ مَذْهَبَنَا أَنَّ الْإِمَامَ إذَا سَهَا وَسَجَدَ لِلسَّهْوِ لَزِمَ الْمَأْمُومَ السُّجُودُ مَعَهُ
[النووي، المجموع شرح المهذب، ١٤٦/٤]
Najmul Wahhaj
(من نابه شيء في صلاته .. فليقل: سبحان الله).
وإذا سبح .. ينبغي له أن يقصد الذكر والإعلام، فإن قصد الإعلام فقط .. لم تبطل؛ لأنه مأمور به.
فلو سبحت المرأة أو صفق الرجل .. لم تبطل في الأصح.
[الدَّمِيري، النجم الوهاج في شرح المنهاج، ٢٢٧/٢]
Fatawa Fiqhiyyah Al Kubro
(وَسُئِلَ) فَسَّحَ اللَّهُ فِي مُدَّتِهِ عَمَّا إذَا قَامَ إمَامُهُ لِخَامِسَةٍ هَلْ الْأَوْلَى انْتِظَاره أَوْ فِرَاقُهُ وَفِيمَا إذَا كَانَ مَسْبُوقًا هَلْ هُوَ كَغَيْرِهِ أَوْ لَا حَتَّى تَجُوزَ مُفَارَقَته؟
(فَأَجَابَ) بِقَوْلِهِ الْأَوْلَى انْتِظَاره وَسَوَاءٌ الْمَسْبُوقُ وَغَيْرُهُ
[ابن حجر الهيتمي، الفتاوى الفقهية الكبرى، ٢١٤/١]
I'anatut Thalibin
(قوله: لم يجز له متابعته) أي لم يجز للمأموم أن يتابعه في الركعة الزائدة، فإن تابعه بطلت صلاته لتلاعبه، ومحله إن كان المأموم عالما بالزيادة، فإن كان جاهلا بها وتابعه فيها لم تبطل صلاته، وحسبت له تلك الركعة إذا كان مسبوقا لعذره، وإن لم تحسب للإمام.
(قوله: ولو مسبوقا أو شاكا) غاية
في عدم جواز المتابعة له، أي ولو كان المأموم مسبوقا أو شاكا في ركعة، فإنه لا تجوز له المتابعة.
(قوله: بل يفارقه) أي ينوي المفارقة.
(وقوله: ويسلم) أي بعد أن يتشهد.
ومحل هذا إذا لم يكن مسبوقا.
أو شاكا في الركعة ركعة، فإن كان كذلك: قام بعد نيته المفارقة للإتيان بما عليه، كما هو ظاهر.
(قوله: أو ينتظره) أي أو ينتظر الإمام في التشهد.
(قوله: على المعتمد) متعلق بينتظر.
[البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ٥٠/٢]
Sumber FB Ustadz : M Syihabuddin Dimyati