Perbedaan Konsep Syirik Menurut Aswaja dan Wahabi

Perbedaan Konsep Syirik Menurut Aswaja dan Wahabi

Setelah membaca status Kyai Abdul Wahab Ahmad berjudul "Asy'ariyah Tidak Memedulikan Isu Syirik?" saya tergelitik untuk menulis status ini.

Jadi begini

Saya melihat ada perbedaan konsep syirik menurut Aswaja dan Wahabi. Menurut Wahabi, yang termasuk kategori syirik adalah istighosah dengan selain Allah, termasuk istighosah dengan Rasulullah SAW. Oleh sebab itu, wajar kalau mereka beranggapan bahwa Aswaja tidak peduli dengan isu syirik karena Aswaja masih membolehkan istighosah. 

Jadi menurut Wahabi, Aswaja baru akan dianggap peduli syirik kalau Aswaja sudah mensyirikkan Bilal bin Harits Al Muzani yang meminta di kuburan Rasulullah SAW dengan kalimat, "Wahai Rasulullah, mintakanlah hujan untuk umatmu. Sebab mereka telah binasa."

Aswaja baru akan dianggap peduli syirik kalau Aswaja sudah mensyirikkan Al Utbi yang beristighosah di kuburan Rasulullah SAW. Padahal, redaksi istighosah Al Utbi ini justru dipuji oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Al Majemuk dengan ungkapan:

وَمِنْ أَحْسَنِ مَا يَقُولُ 

"Termasuk ucapan yang terbaik"

Lho, syirik malah jadi terbaik? Bukan terbalik? Ya, begitulah cara berfikir Wahabi.

Aswaja juga akan dianggap peduli syirik jika Aswaja sudah mensyirikkan Ibnul Muqri (w.381H) yang pernah mendatangi kuburan Nabi SAW lalu mengadu, "Wahai Rasulullah, kami lapar."

Dan masih banyak lagi contoh-contoh praktek istighosah yang dianggap syirik oleh Wahabi justru dianjurkan oleh para ulama Aswaja seperti Imam Nawawi dan masih banyak lagi.

Demikian catatan dari saya. Kalau Anda ingin tahu detail kisah-kisah yang saya sebutkan di atas, tulis di kolom komentar. 

Sumber FB Ustadz : Danang Kuncoro Wicaksono

"Yang peduli sunnah cuma wahabi."

"Yang aktif memberantas kesyirikan cuma wahabi."

Memang sangat berbahaya propaganda kawan-kawan ini, sehingga mereka merasa bahwa merekalah satu-satunya yang beragama.

FB Ustadz : Fakhri Emil Habib

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Perbedaan Konsep Syirik Menurut Aswaja dan Wahabi - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®