Prinsip Utama Manajemen Keuangan Keluarga

Prinsip Utama Manajemen Keuangan Keluarga - Kajian Islam Tarakan

PRINSIP UTAMA MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA

Oleh : Abdul Wahid Al-Faizin

Ada satu hadits penting terkait prinsip utama Manajemen Keuangan Keluarga di Masa Pandemi yaitu

رَحِمَ الله امرأ اكتسب طيبا وأنفق قصدا وقدم فضلا ليوم فقره وحاجته (ابن النجار عن عائشة)

[السيوطي ,جامع الأحاديث ,13/115]

"Allah merahmati seseorang yang mencari rezeki yang baik (halal), membelanjakannya dengan sederhana dan menyisihkan kelebihannya untuk persiapan di saat fakir dan butuh"

Berdasarkan hadits di atas ada tiga prinsip utama yang bisa kita ambil, yaitu

Pertama, memastikan pendapatan kita berasal dari halal. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Al-Qur'an

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي ٱلۡأَرۡضِ حَلَٰلٗا طَيِّبٗا وَلَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيۡطَٰنِۚ إِنَّهُۥ لَكُمۡ عَدُوّٞ مُّبِينٌ

"Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu" (Surat Al-Baqarah, Ayat 168)

Sulitnya keuangan di masa pandemi tidak boleh menjadikan kita gelap mata sehingga menghalalkan segala cara. 

Kedua, sederhana dalam membelanjakan keuangan. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur'an

وَٱلَّذِينَ إِذَآ أَنفَقُواْ لَمۡ يُسۡرِفُواْ وَلَمۡ يَقۡتُرُواْ وَكَانَ بَيۡنَ ذَٰلِكَ قَوَامٗا

"Dan (termasuk hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar" (Surat Al-Furqan, Ayat 67).

Di masa pandemi ini kita harus bisa melakukan banyak penghematan. Selain untuk mengatur keuangan keluarga juga menjadi salah satu bentuk simpati bagi beberapa orang yang kesulitan keuangan akibat pandemi ini.

Ketika kita menggunakan uang, maka kita harus memiliki skala prioritas. Jika tidak maka seberapa banyak uang yang kita miliki akan habis tanpa terasa. Sebagai contoh ketika kita membawa uang banyak ke tempat perbelanjaan dan tidak membawa catatan kebutuhan, maka hampir bisa dipastikan uang yang kita bawa habis karena tergiur dengan diskon yang ditawarkan meski terkadang tidak dibutuhkan mendesak.

Dalam  melakukan skala prioritas ini kita bisa menggunakan pendekatan imam Al-Syatibi dalam kitabnya al-Muwafaqat yang membagi Maqashid Syariah menjadi tiga. Yaitu, Dharuriyyat (kebutuhan primer), Hajiyyat (kebutuhan sekunder) dan Tahsiniyyat (Tersier). 

Ketiga, menyisihkan uang untuk persiapan di saat butuh atau fakir. Hal ini sebagaimana diajarkan oleh Al-Qur'an

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٞ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٖۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok, dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan" (Surat Al-Hasyr, Ayat 18)

Ayat tersebut meski menurut ulama' berbicara tentang konteks mempersiapkan akhirat, namun secara umum mengajarkan pada kita prinsip mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan.

Di masa pandemi seperti saat ini, prinsip ketiga ini sangat terasa manfaatnya. Banyak orang yang gajinya besar namun karena gajinya banyak digunakan untuk cicilan barang mewah seperti mobil sangat kebingungan ketika di saat pandemi ternyata terjadi penurunan gaji bahkan di-PHK. Begitu pula orang yang memiliki penghasilan namun selalu dihabiskan untuk tiap bulannya, dia akan sangat kebingungan di saat penghasilannya tidak ada karena adanya PPKM.

Rasulullah sendiri juga mempersiapkan kebutuhan pokok keluarga beliau untuk satu tahun sebagimana riwayat Bukhari

عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَبِيعُ نَخْلَ بَنِي النَّضِيرِ، وَيَحْبِسُ لِأَهْلِهِ قُوتَ سَنَتِهِمْ»

[البخاري، صحيح البخاري، ٦٣/٧]

"Dari 'Umar, bahwasanya Nabi Muhammad menjual kurma Bani Nadir dan menyimpan dari hasil penjualan tersebut untuk kebutuhan makanan pokok keluarganya selama setahun" (HR. Bukhari)

Ibnu Muflih menjelaskan maksud dari hadits tersebut dengan berkata 

فِيهِ جَوَازُ ادِّخَارِ قُوتِ سَنَةٍ وَلَا يُقَالُ هَذَا مِنْ طُولِ الْأَمَلِ لِأَنَّ الْإِعْدَادَ لِلْحَاجَةِ مُسْتَحْسَنٌ شَرْعًا وَعَقْلًا،

[ابن مفلح، شمس الدين، الآداب الشرعية والمنح المرعية، ٣١٤/٣]

"Hadits tersebut menunjukkan bolehnya menabung atau menyimpan untuk kebutuhan pokok selama satu tahun dan tidak termasuk panjang angan-angan. Hal ini dikarenakan mempersiapkan kebutuhan adalah hal yang dianggap baik oleh syariat dan akal"

Batasan menabung untuk satu tahun tersebut bukan batasan mutlak. Sebaliknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga. Ibnu Hajar menjelaskan

التَّقْيِيد بِالسَّنَةِ إِنَّمَا جَاءَ مِنْ ضَرُورَة الْوَاقِع لِأَنَّ الَّذِي كَانَ يُدَّخِر لَمْ يَكُنْ يَحْصُل إِلَّا مِنْ السَّنَة إِلَى السَّنَة؛ لِأَنَّهُ كَانَ إِمَّا تَمْرًا وَإِمَّا شَعِيرًا, فَلَوْ قُدِّرَ أَنَّ شَيْئًا مِمَّا يُدَّخَر كَانَ لَا يَحْصُل إِلَّا مِنْ سَنَتَيْنِ إِلَى سَنَتَيْنِ لَاقْتَضَى الْحَال جَوَاز الِادِّخَار لِأَجْلِ ذَلِكَ

"Pembatasan dengan satu tahun dalam hadits tersebut berdasarkan kondisi pada saat. Di mana barang yang disimpan bisa diperoleh untuk satu tahun karena berupa kurma atau gandum. Andaikan barang yang disimpan bisa diperkirakan bisa diperoleh untuk waktu dua tahun, maka kondisi tersebut memperbolehkan menyimpan sampai waktu dua tahun"

Menyisihkan kelebihan di sini tidak hanya terbatas pada tabungan untuk berjaga-jaga. Namun juga penyisihan untuk infak dan sedekah sesuai kemampuan. Hal ini berdasarkan salah satu penjelasan imam Munawi terkait hadits di atas dengan 

(وقدم فضلا) أي ما فضل عن انفاق نفسه وممونه بالمعروف بأن تصدق به على المحتاج ليدخره (ليوم فقره وحاجته) وهو يوم القيامة

[المناوي ,فيض القدير ,4/23]

"Menyisihkan kelebihan dari belanja kebutuhan pribadi dan keluarga yang wajib dinafkahi dengan cara baik untuk disedekahkan pada orang yang membutuhkan sebagai simpanan pahala dalam menghadapi hari yang kita membutuhkannya yaitu hari kiamat"

NB : Inti dari Pengaturan Keuangan adalah Uangnya Harus Ada. Jika tidak, maka tidak ada yang bisa diatur. 😀

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahid Alfaizin

1 Agustus 2021 pada 06.37  · 

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Prinsip Utama Manajemen Keuangan Keluarga - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®