Asya'iroh, Maturidiyah & Salafiyah
Tidak Asing lagi memang Salafiyah ingin dikategorikan sebagai Ahli Sunnah seperti golongan Asya'iroh & Maturidiyah karena mereka tidak mempunyai kekuatan ilmu yg besar seperti Asya'iroh & Maturidiyah dari aspek Qowa'id & Ulamanya.
Sebab itulah mereka selalu masuk kebanyak institusi negara, mendekat kepada kekuasaan, mengincar orang awam dll semua itu mereka lakukan untuk memperkuat posisi mereka dengan unsur external.
Begitupula mereka juga ingin menunggangi hadist & Sunnah untuk menjadi bagian dari Ahli Sunnah dengan mencelarukan Makna Ahli Sunnah adalah kelompok yg berkecimpung didalam hadist atau mengambil Aqidahnya daripada hadist tanpa melihat unsur-unsur yg lain sekira jika ada orang menolak mereka pasti akan membalas dengan tuduhan-tuduhan yg sudah siap : bid'ah, tidak ikut Sunnah, tidak ikut salaf, pengagum falasifah, aristotle dll.
Bagi yg mempelajari Aqidah Asya'iroh & Maturidiyah mereka tahu bahwa antara kedua tidak ada khilaf secara ushul adapun khilaf mereka hanya secara furu' yg mana semua itu sudah pernah saya daurahkan sebanyak 2x menggunakan kitab Masail ikhtilaf Baina Asya'iroh w Maturidiyah karangan Ibn Kamal Basya yg ditahqiq oleh Syeh Saeed Foudah.
Apakah hal yg sama bisa dikatakan kepada Manhaj Salafiyah yg diketuai sekarang oleh Ibn Taimiyah?'bagi orang-orang yg munshif dalam membaca & memahami pasti paham bahwa Aqidah Salafiyah Taimiyah sangat berbeda dengan Aqidah Asya'iroh yg mana tidak mungkin keduanya ada dalam satu bakul & keduanya benar dengan arti jika Asya'iroh benar maka Salafiyah salah begitu pula sebaliknya.
Saya beri contoh perbedaan antara keduanya yg tidak mungkin bisa disatukan
1.Salafiyah : Allah adalah Jism vs Ahli Sunnah : Allah bukan Jism
2.Salafiyah : Allah ada pada dirinya Hawadist Wujudiyah Vs Ahli Sunnah: Zat Allah Suci dari Hawadist Wujudiyah
3.Salafiyah : Panca indra, Khoyal & Wahem lebih kuat dari Akal Vs Ahli Sunnah Akal lebih kuat dari panca indra , wahem & Khoyal
Ini adalah tiga perkara daripada masail Ushuliyah yg akan berpengaruh pada ribuan cawangan masalah dibawahnya yg mana tidak mungkin keduanya benar atau keduanya salah karena khilaf antara istbat & Nafi yg artinya salah satunya benar ataupun salah.
Detail Aqidah salafiyah sudah saya jelaskan pada banyak video saya diyoutube saya seperti خلاصة عقيدة ابن تيمية & juga sekarang saya sedang membaca al-Kasyifu shogir karangan Syeh Saeed foudah yg akan saya Upload pada masa yg sesuai insya allah untuk menjelaskan Haqiqat dari Aqidah Ibn Taimiyah yg sangt berbeda dengan Aqidah Ahli Sunnah.
Saya lihat Panel Salafi pada debat di Negeri Perlis beberapa waktu yg lalu memasukan Asya'iroh Maturidiyah & salafiyah dalam golongan Ahli Sunnah yg mana itu adalah pendapat pribadi beliau & Asya'iroh maturidiyah tidak perlu memasukan Salafiyah kepada Ahli Sunnah sebagai tindak balas karena ini bukan masuk balas memasukan (he5) akan tetapi ini masalah Ilmiyah & Aqoidiyah yg mana dalil semuanya mesti yaqin Qoth'i.
Maka Aqidah Salfiyah adalah Aqidah yg asing dari Ahli Sunnah Asya'iroh & Maturidiyah maka yg tidak memasukan Salafiyah dalam definisi Ahli Sunnah sudah benar & Tidak perlu dipermasalahkan.
Adapun Aqidah Ahli Hadist atau Athariyah insya allah akan saya bahas pada post-post berikutnya.
Sumber FB Ustadz : Habib Ali Baqir al-Saqqaf