Tiga Pintu Berbahaya Setan Menurut Al-Ghazali

Tiga Pintu Berbahaya Setan Menurut Al-Ghazali

Tiga Pintu Berbahaya Setan Menurut Al-Ghazali

Salah satu siasat setan dalam mengganggu manusia yang paling dahsyat adalah setan membuat kita sibuk sendiri dengan perselisihan-perselisihan yang terjadi pada manusia. 

Bukankah akhir-akhir ini kita dibuat sibuk dengan berbagai perselisihan sehingga semua itu malah menjadikan kita kehilangan waktu melakukan hal baik. Seolah-olah kita wajib bersuara atas segala hal, kalau kita tidak bersuara negara akan hancur, padahal kita bukan di level itu, kita masih berada di level wajib mempelajari cara mandi junub yang benar. Inilah tipu daya setan, kata Al-Ghazali. 

Juga termasuk pintu masuk lain setan dalam hati manusia adalah setan membebani dan membayang-bayangi manusia dengan perkara yang tidak mereka kuasai dan tidak sanggup dicerna oleh akal pikiran mereka. 

Khususnya pada perkara ketuhanan sehingga manusia menjadi ragu sendiri pada keyakinannya, atau setan membuat imajinasi dalam pikiran kita tentang bentuk atau gambaran Allah yang padahal gambaran itu mustahil kita sematkan pada-Nya dan malah membuqt kita terperangkap dalam jurang kekufuran dan kesesatan.

Parahnya akibat pintu ini manusia merasa bahwa apa yang mereka pikirkan itu adalah yang paling benar, mereka mendewakan pikirannya. Padahal orang yang paling bodoh adalah mereka yang dengan mudah percaya pada apa yang diberi tahu oleh pikirannya. 

Pintu masuk lain yaitu setan mencampakkan dalam hati kita perasaan buruk sangka sesama muslim, yang pada akhirnya kita terjebak dalam ruang ghibah, dalam kesempatan ini setan kerap kali melakukan genosida entah dengan alasan "kritik ilmiyah", "diskusi ilmiyah" atau bahasa-bahasa indah lainnya, yang padahal apa yang kita lakukan itu tidak lebih dari ghibah yang buruk.

Akibat perasaan buruk sangka ini, timbullah rasa kebencian kepada sesama muslim, parahnya lagi kebencian itu kita pusatkan kepada ulama, lalu kita sibuk me-label ulama ini ulama dunia dan ulama itu ulama akhirat, yang padahal realitanya ulama ini memberi ilmu yang tidak sesuai dengan nafsuku dan ulama itu sesuai dengan keinginanku. Inilah akibat dari tiga pintu setan. 

Sumber FB Ustadz : Jazuli Abubakar

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Tiga Pintu Berbahaya Setan Menurut Al-Ghazali - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®