Ungkapan "Jumat Berkah" Bid'ah?

Ungkapan Jumat Berkah Bidah?

UNGKAPAN "JUM'AT BERKAH" BID'AH ??

Kemarin saya lihat ada yang menshare video seorang ustadz muda yang membid'ahkan ucapan "Jum'ah berkah" katanya perkataan ini tidak ada asalnya dan tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah ﷺ.

Kesimpulan ustadz itu tidak berdiri sendiri, di kalangan Ulama' Salafi memang sebagian membid'ahkan diantarany Syaikh Sholih Fauzan dll.

Tapi ada juga yang membolehkan seperti Syaikh Kholid Muslih di video ini, beliau ini adalah murid Syaikh Al Albani, Syaikh ibn Baz dan MENANTU dari Syaikh Ibn Utsaimin.

Kata beliau dalam video ini kurang lebih "ungkapan Jum'at berkah itu tidak masalah seperti halnya ucapan selamat untuk hari, bulan dan lain-lain karena ini hanyalah sebuah ucapan sapaan serta merupakan adat kebiasaan seperti halnya selamat pagi, selamat siang, selamat sore, semua itu tidak ada di Al Qur'an dan Hadits, kalau Jum'at berkah dibid'ahkan ya selamat pagi juga dong bid'ah ?"

Wallahu'alam. 

Sumber FB Ustadz : Muhammad Salim Kholili 

_--**tema sama**--_

Hindari Bikin Resah Masyarakat

Hindari Bikin Resah Masyarakat 

Ada banyak ilmu penting yang perlu disampaikan ke masyarakat. Kenapa justru sering menyampaikan hal yang tidak penting?

Ilmu thoharoh, najasah, wudlu, tayammum, mandi junub, sholat, dll. Itu bab-bab yang luas dan penting untuk disampaikan pada masyarakat daripada hanya mempersoalkan sebutan "JUM'AT BERKAH".

Ada video yang mana isinya menyatakan bahwa sebutan "JUM'AT BERKAH" adalah bid'ah yang sesat karena tidak pernah dilakukan oleh Nabi dan sahabat. Ya, Allaah... Ini apa-apaan? Kayak gak ada bab lain yang mau dibahas.

Ok lah, kalau mau kita bahas. Saya hanya ingin bertanya:

Jika sebutan "JUM'AT BERKAH" = haram.

Apakah sebutan "SALAF ITTIBA" = haram juga?

Ayo kalau mau debat mumpung malam ini saya lagi nganggur... 😅

Ya tah, Dadan Lesmana , dan Lyn Salina Saleh sebutan "Jum'at Berkah" adalah sebutan yang haram? Bagaimana dengan sebutan "Salaf Ittiba'", gak haram tah? Sama-sama gak ada sebutan itu di jaman nabi dan sahabat. Masa yang satu haram, yang satu boleh? 😅 

Sumber FB Ustadz : Saiful Anwar

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Ungkapan "Jumat Berkah" Bid'ah? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®