Kaidah Ushul Menurut Tokoh Wahabi-Taymiy

Kaidah Ushul Menurut Tokoh Wahabi-Taymiy

Kata tokoh Wahabi-Taymiy ini, ada kaidah ushul yang harus dipahami, yaitu:

إتفاق الأئمة الأربعة ليس بحجة ولا بإجماع

"Kesepakatan para imam mazhab yang empat bukan sebuah hujjah dan bukan ijmak (konsensus)". 

Dia mengulang-ulang dan menjelaskan bahwa yang dimaksud empat imam adalah  Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafií dan Imam Ahmad. Ketika mereka bersepakat atas suatu masalah, maka itu tidak ada artinya dan bukan hujjah dan kesepakatan mereka semua yang diikuti jutaan ulama di berbagai generasi itu bukanlah ijmak. 

Lalu yang jadi hujjah bagi dia adalah perkataan seorang ulama yang suka syadz yang dia sebut sebagai Syaikhul Islam Ibnu Taymiyah. hhhh... Jutaan ulama dari empat mazhab tidak dihitung kesepakatannya, lalu satu orang nyeleneh diperhitungkan.

Di antara contoh masalah yang diberikannya adalah empat mazhab mewajibkan orang yang sengaja tidak shalat untuk mengqadla shalat yang dia tinggalkan, sedangkan yang benar menurutnya  adalah tidak usah mengqadla sebab ibnu taymiyah bilang begitu. 

Diksi apa yang bisa kita pakai untuk orang fanatik buta semacam ini? 

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahab Ahmad

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Kaidah Ushul Menurut Tokoh Wahabi-Taymiy - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Ulama