Shalat Imam dan Makmum Beda (Bag.2)

Shalat Imam dan Makmum Beda II

Shalat Imam dan Makmum Beda (lanjutan)

Kalau shalat imam dan makmum beda seperti kemarin apakah masih dapat fadhilah / pahala jama'ah?

Ada dua pendapat dalam masalah ini, pertama yang diusung Imam Romli dalam Nihayah, dapat pahala jama'ah. Dan pendapat kedua, tidak dapat. 

Pendapat Imam Romli agak problem, walaupun ada yang menyatakan perbedaan imam dan makmumnya hanya sedikit, sangat lemah, tetap problem, karena jama'ah beda antara imam dan makmum ini tidak sunah, bahkan makruh, seperti yang diutarakan dalam Hasyiyah Bijirimi dan Hasyiyah Jamal.

Dan ketika tidak sunah bahkan makruh berarti kan tidak dianjurkan. Nah harusnya..

مَا لَا يُطْلَبُ لَا ثَوَابَ فِيهِ

Sesuatu yang tidak dianjurkan maka ya tidak ada pahalanya..

Walaupun ulama' yang mendukung imam Romli mengatakan “beda arah”, “kemakruhan tidak bisa menghilangkan fadhilah karena memang beda arah..”

والكراهة لا تنفي الفضيلة والثواب لاختلاف الجهة، بل الحرمة لا تنفي الفضيلة..

Tapi tetep mereka tidak bisa menjawab mana beda arahnya, seperti yang dilontarkan Syaikh Sulaiman al-Bijirimi dan Syaikh Sulaiman Al-Jamal..

وَإِنْ أُجِيبَ بِاخْتِلَافِ الْجِهَةِ، قُلْنَا : أَيْنَ الِاخْتِلَاف..؟

"Jika dijawab (masih dapat pahala jama'ah) sebab perbedaan arah. Maka kami menyatakan : dimana perbedaan arahnya..?”

Maka karena itu juga sebagian ulama menyatakan tidak dapat pahala jama'ah, karena pendapat yang menyatakan dapat memang agak problem..

Ditambah lagi kemakruhan ini min haitsul jama'ah karena prakteknya hanya ada ketika jama'ah. Dan seperti yang kita tau dalam madzhab Syafi'i ada kaidah..

كل مكروه من حيث الجماعة مفوت لفضيلتها..

"Setiap kemakruhan yang min haitsul jama'ah itu menghilangkan pahala jama'ah.."

(قَوْلُهُ وَيَصِحُّ الِاقْتِدَاءُ لِمُؤَدٍّ إلَخْ) أَيْ وَيَحْصُلُ لَهُ فَضْلُ الْجَمَاعَةِ فِي جَمِيعِ هَذِهِ الصُّوَرِ عَلَى مُعْتَمَدِ م ر اهـ. شَيْخُنَا لَكِنَّهُ مُشْكِلٌ لِأَنَّ الْجَمَاعَةَ فِي هَذِهِ الصُّوَرِ غَيْرُ سُنَّةٍ بَلْ مَكْرُوهَةٌ، وَمَا لَا يُطْلَبُ لَا ثَوَابَ فِيهِ، وَإِنْ أُجِيبَ بِاخْتِلَافِ الْجِهَةِ قُلْنَا أَيْنَ الِاخْتِلَافُ…. الجمل

(قَوْلُهُ: وَيَصِحُّ الِاقْتِدَاءُ لِمُؤَدٍّ إلَخْ) أَيْ وَيَحْصُلُ لَهُ فَضْلُ الْجَمَاعَةِ فِي جَمِيعِ هَذِهِ الصُّوَرِ عَلَى مَا اعْتَمَدَهُ م ر لَكِنَّهُ مُشْكِلٌ لِأَنَّ الْجَمَاعَةَ فِي هَذِهِ الصُّوَرِ غَيْرُ سُنَّةٍ كَمَا مَرَّ فِي صَلَاةِ الْجَمَاعَةِ فِي قَوْلِهِ وَلَا تُسَنُّ فِي مَقْضِيَّةٍ خَلْفَ مُؤَدَّاةٍ وَبِالْعَكْسِ بَلْ مَكْرُوهَةٌ وَمَا لَا يُطْلَبُ لَا ثَوَابَ فِيهِ. فَإِنْ أُجِيبَ بِاخْتِلَافِ الْجِهَةِ قُلْنَا أَيْنَ الِاخْتِلَافُ وَمِنْ ثَمَّ قَالَ بَعْضُهُمْ لَا يَحْصُلُ فَضْلُ الْجَمَاعَةِ وَعِبَارَةُ ز ي، وَالِانْفِرَادُ هُنَا أَفْضَلُ وَعَبَّرَ بَعْضُهُمْ بِأَوْلَى خُرُوجًا مِنْ الْخِلَافِ وَقَضِيَّتُهُ أَنَّهُ لَا فَضْلَ لِلْجَمَاعَةِ وَرُدَّ بِقَوْلِهِمْ الِانْتِظَارُ أَفْضَلُ إذْ لَوْ كَانَتْ الْجَمَاعَةُ مَكْرُوهَةً لَمْ يَقُولُوا ذَلِكَ اهـ. ……البجيرمي على شرح المنهج 

وَالِانْفِرَادُ هُنَا أَفْضَلُ وَعَبَّرَ بَعْضُهُمْ بِأَوْلَى خُرُوجًا مِنْ الْخِلَافِ وَقَضِيَّتُهُ أَنَّهُ لَا فَضِيلَةَ لِلْجَمَاعَةِ نَظِيرَ مَا مَرَّ فِي فَصْلِ الْمَوْقِفِ وَرُدَّ بِقَوْلِهِمْ الْآتِي الِانْتِظَارُ أَفْضَلُ إذْ لَوْ كَانَتْ الْجَمَاعَةُ مَكْرُوهَةً لَمْ يَقُولُوا ذَلِكَ وَنَقَلَ الْأَذْرَعِيُّ أَنَّ الِانْتِظَارَ مُمْتَنِعٌ أَوْ مَكْرُوهٌ ضَعِيفٌ عَلَى أَنَّ الْخِلَافَ فِي هَذَا الِاقْتِدَاءِ ضَعِيفٌ جِدًّا فَلَمْ يَقْتَضِ تَفْوِيتَ فَضِيلَةِ الْجَمَاعَةِ، وَإِنْ كَانَ الِانْفِرَادُ أَفْضَلَ… تحفة.

(قَوْلُهُ: فَلَمْ يَقْتَضِ تَفْوِيتَ فَضِيلَةِ الْجَمَاعَةِ) وِفَاقًا لِلنِّهَايَةِ قَالَ الْبُجَيْرِمِيُّ لَكِنَّهُ مُشْكِلٌ؛ لِأَنَّ الْجَمَاعَةَ فِي هَذِهِ غَيْرُ سُنَّةٍ كَمَا مَرَّ وَمَا لَا يُطْلَبُ لَا ثَوَابَ فِيهِ. اهـ. شرواني

Untuk cara praktek shalat subuh dibelakang shalat 4 rakaat, shalat maghrib dibelakang 4 rakaat, maupun kebalikan semua itu.

Ibendim. 

Fikih Shalat

Sumber FB Ustadz : M Syihabuddin Dimyathi

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Shalat Imam dan Makmum Beda (Bag.2) - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®