Sahkah Shalat dalam Keadaan Berkeringat Setelah Bermain Futsal?

Sahkah Shalat dalam Keadaan Berkeringat Setelah Bermain Futsal?

Assalamu'alaikum wr. wb. Saya Ahmad Rajab dari Jakarta. Saya ingin bertanya kepada redaksi NU Online. Saya termasuk orang yang gemar bermain futsal. Ketika berolahraga dengan teman-teman sampai keringat bercucuran, badan masih kotor, sedang waktu untuk shalat sudah mau selesai. Nah dalam keadaan masih berkeringat, saya langsung mengambil air wudhu tanpa tanpa mandi lebih dahulu, sementara sedang keringat masih tetap mengucur deras.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana hukum shalat dalam keadaan berkeringat, apakah sah atau tidak?  Terima kasih. (Ahmad Rajab, Jakarta Selatan).

*Jawaban

Saudara penanya, dalam Islam ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar shalat menjadi sah. Salah satu syaratnya adalah suci dari najis, baik najis ringan maupun najis berat. Adapun keringat, sebagaimana dijelaskan oleh KH M Sjafi'i Hadzami dalam buku 100 Masalah Agama, bahwa keringat yang keluar dari tubuh manusia dalam fiqih tidak termasuk najis, meskipun dalam jumlah banyak dan membuat pakaian basah kuyup. Dengan demikian, shalat dalam keadaan tubuh berkeringat tidak membatalkan shalat. (KH M Sjafi'i Hadzami, 100 Masalah Agama, [Kudus, Menara Kudus: 1982 M], jilid III, halaman 155).

Sementara itu Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu' bahwa keringat manusia dalam Islam hukumnya adalah suci. Hal ini berlaku untuk semua orang, baik yang sedang dalam keadaan junub, haid, suci, muslim, kafir, maupun dari setiap hewan suci. Hewan suci adalah hewan yang halal untuk dimakan, yaitu hewan apa pun selain anjing, babi, dan keturunan salah satu dari keduanya.

kendati sah melaksanakan shalat dalam keadaan tubuh berkeringat, namun penting diingat bahwa keringat dapat menyebabkan shalat menjadi kurang khusyuk. Hal ini dikarenakan keringat dapat membuat tubuh terasa basah dan lengket, sehingga kurang nyaman untuk beribadah. Selain itu, keringat juga dapat menyebabkan pikiran menjadi tidak fokus.

Dengan demikian, meskipun shalatnya sah, anda dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan saat beribadah. Menyeka dan mengeringkan keringat atau mengganti pakaian sebelum shalat dapat meningkatkan kekhusyukan. Wallahu a'lam

#nahdlatululama #nuonline #nuonline_id #keringat #shalat #hukumislam

Sumber FB : NU Online

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Sahkah Shalat dalam Keadaan Berkeringat Setelah Bermain Futsal? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®