Iman Yang Paling Mengagumkan

Iman Yang Paling Mengagumkan

IMAN YANG PALING MENGAGUMKAN

Oleh: Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R.Rozikin) – Dosen Universitas Brawijaya

Jika malaikat beriman, maka itu wajar karena mereka melihat sendiri kerajaan Allah di langit sana. Jadi tidak ada alasan apapun untuk kufur.

Jika para nabi beriman, maka itu juga wajar. Karena mereka mendapatkan wahyu, diperlihatkan surga, diperlihatkan neraka, melihat malaikat dan banyak ayat-ayat Allah yang lain. Sulit untuk mengingkari ayat sejelas itu.

Jika para Sahabat Rasulullah ﷺ beriman, maka itu juga wajar. Karena mereka melihat dan bertemu sendiri dengan Rasulullah ﷺ, mendengar sendiri bagaimana Al-Qur’an yang ajaib dibacakan beliau, menyaksikan sendiri bagaimana kebenaran seluruh nubuat Al-Qur’an, melihat sendiri bagaimana bulan dibelah, menyaksikan sendiri bagaimana Rasulullah ﷺ memperbanyak makanan, melihat sendiri bagaimana air keluar dari jari-jari beliau dan banyak tanda-tanda qat’I lainnya. Akal normal juga pasti sulit mengingkari ayat sejelas itu.

Yang ajaib dan paling menakjubkan adalah kaum yang tidak pernah bertemu Rasulullah ﷺ, tapi hanya kenal beliau dari dokumen tertulis,  lalu menggunakan akalnya, lalu berfikir logis, lalu akhirnya menyimpulkan bahwa beliau memang secara pasti adalah utusan Allah dan mengimani seluruh ajaran yang beliau bawa.

Ini adalah iman yang paling mengagumkan dan layak mendapatkan penghargaan tinggi dari Allah.

Karena ujiannya lebih berat.

Rasulullah ﷺ bersabda, 

«إِنَّ أَعْجَبَ الْخَلْقِ إِلَيَّ إِيمَانًا لَقَوْمٌ يَكُونُونَ بَعْدَكُمْ ‌يَجِدُونَ ‌صُحُفًا ‌فِيهَا كِتَابٌ يُؤْمِنُونَ بِمَا فِيهَا». «دلائل النبوة للبيهقي» (6/ 538)

Artinya,

“Sesungguhnya makhluk yang paling mengagumkan imannya bagiku adalah kaum yang akan datang sesudah kalian. Mereka mendapati suhuf yang di dalamnya ada kitab dan mereka mengimani isinya” (Dalā’il al-Nubuwwah, jilid 6 hlm 538)

Riwayat ini telah dinilai hasan ligairihi oleh sebagian ahli hadis.

Semoga kita termasuk golongan mereka.

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Iman Yang Paling Mengagumkan - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®