Kemuliaan Masjidil Aqsha dalam Al-Quran

Kemuliaan Masjidil Aqsha dalam Al-Quran

*Kemuliaan Masjidil Aqsha dalam Al-Quran*

Al Aqsha merupakan salah satu tempat yang disucikan oleh umat Islam. Masjid tersebut memiliki nilai-nilai sejarah bagi umat Islam, khususnya berkaitan dengan praktik peribadatan, di mana Al Aqsha dahulu pernah menjadi kiblat pertama dan lokasi peristiwa isra` Nabi Muhammad saw.

Kemuliaan Masjid Al Aqsha tercermin dari sabda Nabi saw yang menyatakan:

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ، إِلَّا إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الحَرَامِ، وَمَسْجِدِ الأَقْصَى وَمَسْجِدِي

“Jangan mengencangkan pelana (melakukan perjalanan jauh) kecuali untuk mengunjungi tiga masjid: Masjidil Haram, Masjidil Aqsha, dan Masjidku (Masjid Nabawi)," (HR Bukhari).

Selain itu, Masjid Al Aqsha menjadi mulia sebab posisinya sebagai masjid kedua yang dibangun di muka bumi, sebagaimana penuturan Nabi saw ketika ditanya oleh Abu Dzar ra:

عَنْ أبي ذر رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ فِي الْأَرْضِ أَوَّلُ؟ قَالَ الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى قُلْتُ كَمْ بَيْنَهُمَا؟ قَالَ أَرْبَعُونَ سَنَةً وَأَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ فَصَلَّ فَهُوَ مَسْجِدُ

Artinya: “Dari Abu Dzar, ia berkata, ‘Aku pernah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, masjid mana yang pertama kali dibangun di bumi?' Rasulullah menjawab, ‘Masjidil Haram.’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian yang mana lagi?’ Beliau menjawab, ‘Masjid Al Aqsha.’ Aku bertanya lagi, 'Selang berapa lama keduanya dibangun?' Beliau menjawab, '40 tahun, namun di mana pun kamu mendapati waktu shalat, maka shalatlah, tempat itu dapat menjadi masjid bagimu.” (HR. Muslim).

Dalam Al-Quran, Masjid Al Aqsha diposisikan dengan mulia sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa ayat. Berikut detailnya.

Negeri yang diberkati

Masjidil Aqsa berdiri di negeri para nabi diutus dan disemayamkan, Negeri ini diberkati dengan kesuburan, seakan kenikmatan dunia dan akhirat ada di sana.

Sumber :

- QS Al-Anbiya [21]:81

- Syekh Wahbah az-Zuhaili, al-Tafsir al-Tafsir al-Munir, [Beirut:Dar alFfikr, 1418], jilid XVII, hal. 88

Tanah yang suci dan dihormati

Nabi Musa as memerintahkan umatnya memasuki 'tanah suci' dan wilayah tersebut adalah tanah Palestina yang di sana terdapat Baitul Maqdis atau Masjidil Aqsha.

Sumber :

- QS Al-Maidah [5]:21

- Syekh Wahbah az-Zuhaili, al-Tafsir al-Tafsir al-Munir, jilid VI, hal. 146

Lokasi Isra Nabi saw

Masjidil Aqsha menjadi salah satu tempat Nabi Muhammad saw diperjalankan dalam peristiwa Isra Mi'raj, di mana ia menjadi tempat beribadah para nabi di zaman Musa as.

Sumber :

- QS Al-Isra [17]:1

- Syekh Wahbah az-Zuhaili, al-Tafsir al-Tafsir al-Munir, jilid XV, hal. 1

Kiblat pertama umat Islam

Masjidil Aqsha pernah menjadi kiblat umat islam selama 16 atau 17 bulan. Setelahnya kiblat kaum muslimin dipindah ke Ka'bah.

Sumber :

- QS Al Baqarah [2]:143

- Syekh Wahbah az-Zuhaili, al-Tafsir al-Tafsir al-Munir, jilid II, hal. 10

#nahdlatululama #nuonline #nuonline_id #palestine #masjidilaqsa #freepalestine #savepalestine #alaqsha

Sumber Instagram : @nuonline_id

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Kemuliaan Masjidil Aqsha dalam Al-Quran - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®