Shalat Diakhir Waktu

Shalat Diakhir Waktu

SHALAT DIAKHIR WAKTU 

1- Ketika masih cukup untuk shalat dari takbiratul ihram sampai salam dengan melakukan rukun² + doa Iftitah dengan patokan bacaan dan gerakan orang normal (tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat), maka dia boleh melakukan bacaan apapun walaupun panjang di dalam shalat.

2. Ketika dalam kondisi nomor satu, maka dia boleh memperpanjang bacaan walaupun sampai shalatnya keluar waktu. Semisal di raka'at pertama baca Al-Baqarah sampai selesai. Pas dia ruku' sudah adzan Ashar. Ini boleh dan tidak berdosa. Begitu pula boleh qunut ketika shalat subuh.

Nantinya, ketika dia masih mendapatkan satu raka'at didalam waktu, maka dinilai Ada' (shalat di dalam waktu). Kalau tidak ada satu raka'at pun di dalam waktu, maka dinilai Qodho' (shalat diluar waktu) tapi tidak berdosa.

3. Ketika waktu shalat hanya cukup untuk ia gunakan melakukan rukun² saja dari takbiratul ihram sampai salam dengan patokan seperti nomor satu. Yang mana semisal ia tambahi baca do'a Iftitah maka sebagian shalatnya akan keluar waktu. Maka dia haram membaca do'a Iftitah. 

4. Ketika dalam kondisi nomor tiga, dia tetap boleh memperpanjang bacaan surat secara panjang, misal baca Al-Baqarah, Ali Imran, dll, dia juga boleh menambah do'a² saat sujud, do'a panjang setelah tasyahud, membaca Qunut saat Subuh dan yang lainnya. Yang tidak boleh hanya membaca do'a Iftitah.

5. Mengakhirkan shalat sampai pada waktu yang tidak mencukupi untuk ia kerjakan rukun² shalat dari takbiratul ihram sampai salam di dalam waktunya dengan patokan orang normal seperti nomor satu… hukumnya haram. Ia berdosa. Walaupun masih mendapatkan satu raka'at dalam waktunya tetap berdosa.

6. Ketika dalam kondisi nomor lima, dia tetap boleh untuk membaca kesunahan semisal bacaan sujud, bacaan i'tidal, qunut, dan yang lainnya. 

Dia tidak disunahkan untuk hanya melakukan rukun² dan meninggalkan seluruh kesunahan.

Yang tidak boleh hanya dua perkara, yaitu membaca do'a Iftitah dan terlalu memperpanjang dan menambahi banyak do'a seperti diatas.

Yang dimaksud rukun² shalat : 

1- Niat 

2. Berdiri bagi yang mampu

3. Takbiratul ihram

4. Membaca Fatihah dalam posisi berdiri

5. Ruku' + Tumakninah (diamnya anggota setelah bergerak dengan kadar bacaan subhanallah)

6. I'tidal (bangun dari ruku') + tumakninah

7. Sujud 2 kali setiap rakaat + tumakninah

8. Duduk diantara 2 sujud + tumakninah

9. Duduk tasyahud akhir 

10. Membaca bacaan tasyahud akhir di duduk tersebut (yaitu attahiyyatul sampai wa asyhadu anna Muhammadar-Rasulullah)

11. Membaca shalawat kepada Nabi diduduk tasyahud akhir (yaitu pas setelah bacaan tasyahud akhir)

12. Salam pertama

13. Tartib

Wallahu ta'ala a'lam bis shawab

Sumber FB Ustadz : M Syihabuddin Dimyathi

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Shalat Diakhir Waktu - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®