Dari Mana Asalnya Hasud?

Dari Mana Asalnya Hasud?

Dari Mana Asalnya Hasud?

Ada banyak yang bertanya-tanya kenapa seseorang bisa hasud? Jawaban standar adalah karena orang yang dihasudi mempunyai kenikmatan. Namun demikian, jawaban seperti itu masih menyisakan pertanyaan lanjutan sebab orang yang punya penyakit hasud tidaklah hasud pada semua orang yang mempunyai kenikmatan, dia hanya hasud pada orang tertentu saja. 

Hasud pun tak butuh interaksi atau kenal, kadang seseorang hasud pada orang yang sama sekali tidak pernah berinteraksi langsung dengan dirinya, hanya tahu namanya saja atau hanya tahu sosmednya saja bisa benci setengah mati dan ingin dihancurkan. Hasud pun tidak hanya dari orang yang di bawahnya, kadang yang lebih kaya, lebih sukses bahkan lebih dalam segalanya merasa hasud pada orang tertentu yang masih di bawahnya dan tidak menyukai bila orang tersebut sukses. Tak sedikit raja yang hasud pada menterinya, tak sedikit direktur yang hasud pada manajer dan tidak jarang orang kaya hasud pada orang miskin. 

Lalu darimana munculnya hasud? Bagaimana seseorang bisa hasud? Kenapa orang yang tidak kenal bisa sakit hati pada orang yang tidak berinteraksi dengan dirinya? Dan kenapa orang yang di atas kadang hasud pada yang di bawah? 

Jawabannya, hasud muncul dari sifat tinggi hati dan meremehkan orang tertentu. Sifat ini bersumber dari hati yang sakit, bukan dari sebab eksternal seperti kenikmatan atau kesuksesan orang lain. Bila seseorang sudah meremehkan orang tertentu yang tidak cocok di hatinya, maka dia akan sakit hati bila orang yang diremehkan itu ternyata dihargai, dipuji dan sukses melampaui perkiraannya.

Orang yang hasud akan berusaha sekuat tenaga agar orang lain juga meremehkan orang yang dia remehkan. Kalau orang tersebut bisa dia jatuhkan dengan cara apa pun, maka ia akan melakukannya. Kalau dia tidak bisa dijatuhkan, maka akan dibandingkan dengan orang lain yang di atasnya agar terkesan orang tersebut biasa saja. Intinya, dia ingin perasaan tinggi hatinya terpuaskan dengan cara melihat yang dihasudi terjatuh.

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahab Ahmad

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Dari Mana Asalnya Hasud? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®