🌺 PERUBAHAN PANDANGAN IMAM AHMAD DALAM PERSOALAN "MEMBACA AL QUR'AN DI SAMPING KUBURAN"
👉 Follow : Saiful Anwar
✅ 1. "Aku harap adanya perbuatan itu tidak-apa-apa"
«الجامع لعلوم الإمام أحمد - الفقه» (7/ 150):
«قال عبد اللَّه: سمعت أبي سُئِلَ عن رجل يقرأ عند القبر على الميت.
قال: أرجو أن لا يكون به بأس.
"مسائل عبد اللَّه" (543)»
“Abdullah (anak Imam Ahmad) berkata: “Aku mendengar bapakku ditanya tentang seorang yang membaca Al Qur’an di samping kubur untuk mayit” Beliau menjawab “Aku harap adanya perbuatan itu tidak apa-apa”
✅ 2. "Membawa mushaf ke kuburan untuk membaca Al Qur'an adalah bid'ah"
«الجامع لعلوم الإمام أحمد - الفقه» (7/ 150):
«قال عبد اللَّه: سألت أبي عن الرجل يحمل معه المصحف إلى القبر يقرأ عليه؟ قال: هذِه بدعة»
“Abdullah berkata: Aku bertanya pada bapakku tentang seorang lelaki yang membawa mushaf ke kuburan untuk membaca Al Qur’an di atasnya. Imam Ahmad menjawab “Ini perbuatan bid’ah”
(Catat! Jangan ditambah-tambah ya! Beliau hanya berkata “Ini perbuatan bid’ah” tidak ada kata “dlolalah” )
✅ 3. "Tidak perlu baca Al Qur'an di kuburan, cukup datang, bersalam, berdoa dan pergi"
«الجامع لعلوم الإمام أحمد - الفقه» (7/ 150):
«قلت لأبي: وإن كان يحفظ القرآن يقرأ؟
قال: لا، يجيء ويسلم، ويدعو وينصرف»
“Aku berkata kepada ayahku “Jika dia hafal Al Qur’an apakah dia boleh membaca Al Qur’an (di kuburan)? Imam Ahmad menjawab “Tidak perlu! Cukup datang, bersalam, mendoakan lalu pergi”
✅ 4. "Aku tidak punya informasi seputar baca Al Qur'an di kuburan"
«الجامع لعلوم الإمام أحمد - الفقه» (7/ 150):
«قال الدوري: سألت أحمد بن حنبل قلت: تحفظ في القراءة على القبور شيئا؟
فقال: لا»
“Imam Ad Dauri berkata: Aku bertanya pada Imam Ahmad bin Hanbal. Aku berkata “Apakah kamu menghapal satu informasi terkait hukum membaca Al Qur’an di kuburan?” Imam Ahmad menjawab “Tidak!”
(Penting! Jadi sikap beliau selama ini karena belum dapat informasi terkait bolehnya membaca Al Qur’an di atas kuburan. Lalu, apa yang terjadi ketika telah sampai suatu informasi kepada beliau akan adanya generasi salaf yang membaca Al Qur’an di kuburan?)
✅ 5. Beliau melarang orang baca Al Qur'an di kuburan. Setelah orang itu pergi, kemudian menyuruhnya kembali untuk membaca Al Qur'an di kuburan
«الجامع لعلوم الإمام أحمد - الفقه» (7/ 150):
«قال الخلال: وأخبرني الحسن بن أحمد الوراق قال: حدثني علي بن موسى الحداد وكان صدوقًا وكان ابن حماد المقرئ يرشد إليه فأخبرني قال: كنت مع أحمد بن حنبل ومحمد بن قدامة الجوهري في جنازة فلما دفن الميت، جلس رجل ضرير يقرأ عند القبر.
فقال له أحمد: يا هذا إن القراءة عند القبر بدعة، فلما خرجنا من المقابر قال محمد بن قدامة لأحمد بن حنبل: يا أبا عبد اللَّه ما تقول في مبشر الحلبي؟
قال: ثقة.
قال: كتبت عنه شيئا؟
قال: نعم قال: فأخبرني مبشر عن عبد الرحمن بن العلاء بن اللجلاج عن أبيه أنه أوصى إذا دفن أن يقرأ عند رأسه بفاتحة البقرة وخاتمتها وقال: سمعت ابن عمر يوصي بذلك.
فقال له أحمد: فارجع فقل للرجل يقرأ
“Al Khallal berkata: Telah mengabarkan kepadaku, Hasan bin Ahmad Al Warraq dia berkata: Telah menyampaikan hadits kepadaku Ali bin Musa Al Haddad dan dia seorang yang sangat jujur. Adalah Ibnu Hammad Al Muqri’ menunjukkan kepadanya. Dia mengabarkan kepadaku dan berkata: Aku bersama Imam Ahmad bin Hanbal dan Muhammd bin Qudamah Al Jawhari dalam suatu perjenazahan. Maka ketika mayit telah dikuburkan, ada seorang lelaki picek duduk membaca Al Qur’an di samping kuburan. Maka Imam Ahmad berkata kepadanya “Hai ini (apa-apaan?). Sesungguhnya membaca Al Qur’an di samping kuburan adalah bid’ah!” Kemudian tatkala kami telah keluar dari pekuburan. Muhammad bin Qudamah berkata pada Imam Ahmad bin Hanbal: “Wahai bapak Abdullah, apa yang kamu ketahui tentang Mubassyir Al Halabi?” Imam Ahmad berkata “Dia Tsiqah (dapat dipercaya)”. Ibn Qudamah berkata “Apakah kamu pernah menulis suatu hadits darinya?” Imam Ahmad menjawab “Ya!” Ibn Qudamah berkata “Telah mengabarkan kepadaku, Mubassyir dari Abdurrahman ibn Al ‘Alaa’ ibn Al Lajlaj dari bapaknya bahwa dia berwasiat jika telah dikuburkan untuk dibacakan awal surat Al Baqarah dan akhir surat Al Baqarah di samping kepalanya” dan dia berkata “Aku mendengar Ibnu Umar (yaitu Abdullah putera Umar bin Khattab) berwasiat untuk melakukan hal itu” Maka, Imam Ahmad berkata “Kembalilah! Katakan pada lelaki tadi untuk melanjutkan membaca Al Qur’an”
Untuk memperjelas hal itu. Mari kita simak penjelasan Imam Ibnul Jauzi berikut ini:
✅ 6. Awalnya Imam Ahmad mengingkari pembacaan Al Qur’an di kuburan, tapi kemudian beliau rujuk dari pengingkaran itu.
«الروح - ابن القيم» (ص10 ط العلمية):
«وَكَانَ الامام أَحْمد يُنكر ذَلِك أَولا حَيْثُ لم يبلغهُ فِيهِ أثر ثمَّ رَجَعَ عَن ذَلِك»
Imam Ibnul Qayyim menulis didalam kitab Ar Ruuh halaman 10:
📌 👉 "Imam Ahmad mengingkari pembacaan Al Qur'an di kuburan pada awalnya ketika belum menerima atsar (hadits). Kemudian beliau rujuk dari pengingkarannya"
Wallahu a’lam.
________________
Sehebat Imam Ahmad bin Hanbal, jika telah datang suatu informasi, atsar, ilmu, meskipun bertentangan dengan keyakinan beliau, maka beliau tetap membenarkannya.
Lalu, bagaimana sikap kita yang awam ini? Apakah setelah berbagai informasi, dalil dan ilmu diperlihatkan, maka tetap menolak hanya gara-gara: TIDAK COCOK DENGAN SELERA?
Sumber FB Ustadz : Saiful Anwar