Adab Sayyidina Hasan bin Ali

Adab Sayyidina Hasan bin Ali - Kajian Islam Tarakan

Alasan yang Ajiiib ...

Sayyiduna Hasan bin Ali dilahirkan sekitar tahun 2 H. Saat ibu beliau Sayyidah Fathimah Az Zahro' wafat di tahun 11 H, usia beliau baru sekitar 9 tahun. 

Namun adab beliau ajaib sekali ...

Tak seperti kebanyakan anak kecil, Sayyiduna Hasan diriwayatkan awalnya tak mau makan bersama sang Ibunda. Sampai suatu hari, Ibunda beliau memanggil beliau dan menanyakan alasan kenapa beliau tidak makan bersama sang Ibunda.

Alasannya ajaib sekali ...

Sayyiduna Hasan menjawab :

Aku takut saat aku makan bersamamu, aku memakan makanan yang engkau inginkan, tanpa aku sadari. Sehingga engkau sedih karenanya, dan aku menjadi anak yang durhaka karena itu.

Sang Ibunda, Az Zahro' Al Batul, menjawab dengan penuh kasih sayang :

كل معي وانت فى حل من ذلك

Makanlah bersamaku. Semua yang kau makan bersamaku halal.

Anak sekecil itu dengan adab setinggi itu.

Semoga Allah mengalirkan barokah Sayyidah Fathimah dan Sayyidina Hasan kepada kita.

WalLahu a'lam

Sumber FB Ustadz : Ahmad Halimy

5 Maret 2022 pada 12.19  · 

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Adab Sayyidina Hasan bin Ali - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®