Praktek Ini Bid'ah Apa Tidak?

Praktek Ini Bid'ah Apa Tidak? - Artikel Kajian Islam Tarakan
Praktek Ini Bid'ah Apa Tidak?

Ada seseorang yang menulis sebuah buku. Anehnya dia membiasakan dirinya mandi dan shalat istikharah dulu sebelum memasukkan satu entri dalam buku itu. Dia selalu melakukan ritual itu sampai selesai menginput semua entri bukunya. Pertanyaannya, ritual orang itu bid'ah atau tidak? Kalau tidak bid'ah, maka di mana ada anjuran ritual semacam itu dari Rasulullah dan atau setidaknya para sahabat? Dalam sejarah, para sahabat yang menulis wahyu dan hadis Nabi apakah pernah melakukan hal semacam ini? 

Pertanyaan ini berangkat dari kisah nyata di masa lalu di mana seorang penulis mengaku sebagai berikut:

وما وضعت فى كتاب الصحيح حديثاً إلا اغتسلت قبل ذلك واستخرت الله تعالى، وصليت ركعتين وتيقنت صحته

"Aku tidak meletakkan dalam kitab shahih satu hadis pun kecuali aku mandi dulu sebelumnya dan aku istikharah kepada Allah Ta'ala, dan aku shalat dua rakaat dan aku meyakini kesahihannya"

Penulis ini dikenal dengan nama Al-Bukhari, dan kitab yang ditulis dengan ritual tersebut adalah kitab Shahih Bukhari. Monggo dijawab pertanyaannya.

Sumber FB : Abdul Wahab Ahmad

10 Desember 2020 pada 11.15  · 

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Praktek Ini Bid'ah Apa Tidak? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®