Shalatnya Orang-Orang Munafik

SHALATNYA ORANG-ORANG MUNAFIK

Assalamu'alaikum

SHALATNYA ORANG-ORANG MUNAFIK

Salah satu tanda shalatnya orang munafik 

yaitu mereka yang shalat dalam keadaan Malas, Lemah dan loyo.. 

1.Teks Kitab Fathul Mu'in:

(فرع) سن دخول صلاة بنشاط لانه تعالى ذم تاركيه بقوله وإذا قاموا إلى الصلاة قاموا كسالى والكسل الفتور والتواني (وفراغ قلب) من الشواغل لانه أقرب إلى الخشوع

>Disunnahkan masuk shalat dengan semangat, karena sesungguhnya Allah mencela orang-orang yang meninggalkan semangat dengan Firman-nya:

(وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَىٰ)

Artinya:

Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas,  Makna (ُالكَسَل) adalah malas/lemah dan berlambat-lambat/ tidak semangat.

>Dan disunnahkan masuk shalat dengan mengosongkan hati dari segala kesibukan karena hal tersebut lebih dekat kepada khusyu',

2. Teks Kitab Hasyiah Ianatut Thalibin:

(قوله: بنشاط) أي بهمة ورغبة. (قوله: ذم تاركيه) أي النشاط. (قوله: بقوله إلخ) متعلق بذم. وقوله: وإذا قاموا أي المنافقون. وقوله: قاموا كسالى أي متثاقلين.

Ucapan musannef: بنشاط

Artinya disunnahkan masuk shalat dengan Nasyad (yakni dengan penuh semangat dan kegemaran, rajin)

Allah mencela orang-orang yang meninggalkan Nasyad, mencela dengan Firman-nya Allah: "Apabila mereka orang-orang munafik berdiri mengerjakan shalat, mereka berdiri dengan malas, (yakni mereka terasa berat)

📝SYAIR ABU HAYYAN;

(Mencela orang-orang yang bersandar 

kepada falasifah)

وما انتسبوا إلى الاسلام إلا لصون دمائهم أن لا تسالا فيأتون المناكر في نشاط ويأتون الصلاة وهم كسالى 

Dan tidaklah mereka masuk kepada Agama Islam kecuali hanya untuk menjaga darah mereka agar tidak mengalir, maka mereka mendatangkan kemungkaran pada Nasyad, dan mendatangi shalat dalam keadaan malas,

(قوله: والكسل: الفتور والتواني) أي وهو ضد النشاط.

Ucapan Pensyarah: Kasal, futur dan tawani merupakan lawan Nasyad..

Kasal: malas

Futur: loyo,lemah

Tawani: lambat, pelan

Nasyad: semangat

 (قوله: وفراغ قلب) بالجر، معطوف على نشاط. أي خلوه وتجرده. وقوله: من الشواغل أي الدنيوية، لان ذلك أدعى لتحصيل الغرض

Ucapan musannef: وفراغ قلب

Dibaca jer yang diathafkan atas Nasyad, Artinya disunnahkan juga masuk dalam shalat dengan sunyi dan bersihnya hati dari segala kesibukan dunia karena hal tersebut dapat mendorong seseorang untuk menghasilkan tujuan (yakni khusyu') 

 فإذا كانت صلاته كذلك انفتح له فيها من المعارف ما يقصر عنه فهم كل عارف، ولذلك قال عليه السلام: وجعلت قرة عيني في الصلاة. ومثل هذه هي التي تنهى عن الفحشاء والمنكر. اه‍ م ر. 

"Apabila seseorang melakukan shalat seperti demikian (yakni dengan semangat dan mengosongkan hati dari segala kesibukan) maka terbukalah bagi seseorang segala pengetahuan yang terbatas darinya oleh pemahaman setiap orang yang A'rif.

Karena demikian, Rasulullah Shallallahu a'laihi wasallam bersabda:

وجعلت قرة عيني في الصلاة

Artinya:

"Dan dijadikan penyejuk mataku didalam shalat"  (Dan seumpama shalat yang dapat mencegah kekejian dan kemungkaran, 

intaha م ر)

وفي المغني: قال القاضي: يكره أن يفكر في صلاته في أمر دنيوي أو مسألة فقهية، أما التفكر في أمر الآخرة فلا بأس به، وأما فيما يقرؤه فمستحب.

Dalam Kitab Almughni Berkatalah Qadhi: Dimakruhkan berfikir urusan duniawi dan masalah Fiqhiyah didalam shalat, adapun berfikir dalam urusan Akhirat maka tidak mengapa, Adapun berfikir terhadap bacaan didalam maka disunnahkan,

(فائدة) فيها بشرى، روى ابن حبان في صحيحه، من حديث عبد الله بن عمرو مرفوعا، 

📝FAIDAH:

Didalam faidah ini, ada kabar Gembira, Meriwayatkan oleh Ibnu Hibban, sumber Hadits dari Abdullah bin Amr (Hadits Marfu') 

أن العبد إذا قام يصلي أتى بذنوبه فوضعت على رأسه، أو على عاتقه، فكلما ركع أو سجد تساقطت عنه، أي حتى لا يبقى منها شئ إن شاء الله تعالى. اه‍.

"Sesungguhnya seorang hamba, apabila berdiri mengerjakan shalat maka didatangkan dosanya diletakkan atas kepalanya atau diletakkan atas pundaknya maka setiap kali ruku' atau sujud berguguranlah dosa dari seorang hamba, sehingga dosa tersebut tidak tersisa, Insyaallahu taala, intaha;

حاشية اعانة الطالبين الجزء الأول ١٨١ 

Sumber FB Ustadz : Ali Mahrus

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Shalatnya Orang-Orang Munafik - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®