Mazhab Asyari-Syafi'i Di Malaysia

Mazhab Asyari-Syafi'i Di Malaysia

Mazhab Asyari-Syafi'i Di Malaysia

Syekh Abdullah bin Ibrahim, 1869-1961 M, merupakan ulama terkemuka Malaysia. Beliau hidup satu masa dengan KH Hasyim Asyari, pendiri NU, dan berjumpa saat sama-sama mencari ilmu di Makah. Di biografinya beliau adalah murid Syekh Abu Bakar Dimyathi Syatha pengarang kitab Ianah Ath-Thalibin (1310 H).

Setelah kembali ke Tanah Melayu beliau mengamalkan dan menyebarkan ajaran Ahlissunnah Mazhab Asyari di bidang Akidah dan Mazhab Syafi'i di bidang fikih. 

Di sebuah manuskrip tulisan tangan beliau menulis sebuah amanah untuk Muslim Malaya bertuliskan Arab-Melayu (lihat gambar) dengan terjemahan yang berbunyi:

"Saudara-saudara telah mengetahui selama ratusan tahun bahwa orang-orang Melayu di seluruh Malaya, dari bawah sampai atas, rakyat jelata, para qadhi-qadhi, para ulama, para menteri dan para raja, semuanya berasal dari sekte yang berbeda-beda mazhab Al-Imam As-Syafi'ie ijma'an (sesuai kesepakatan tidak ada yang mempunyai mazhab selain mazhab Syafi'i) يحرم خرق‎‎‫ / الإجماع dilarang melanggar konsensus(

Ambillah hukum-hukum Fiqih Syafi’e dari kitab Tuhfah dan kitab Nihayah hingga kitab al-Umm dan mukhtasoratnya serta terjemahannya ke dalam bahasa Melayu seperti Sabilal Muhtadin, Bughyatut Thullab dan Mathla’ul Badrain dan lain-lain. Ushuluddin dalam perjalanan Abil Hasan al-Ash'ari diambil dari syuruh dan hawasyi Ummul Barahin dan Jawharah dan seterusnya dari kitab Melayu. Ilmu tasawuf perjalanan al-Imam al-Ghazali diambil dari Minhajul 'Abidin, Ihya' Ulumiddin dan diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu seperti Siyarus Salikin. Jadi kitab-kitab ini dan undang-undang serupa memuat semua mustanbath (hukum yang diambil/dikeluarkan) dari Al-Qur'an dan hadits yang disempurnakan dan disempurnakan oleh ulama ajilla (ulama terkemuka) yang diamalkan bersamanya selama lebih dari 1000 tahun dan diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu selama ratusan-ratus tahun."

Saya haturkan Jazakumullah khoiron katsiron untuk kiai-kiai muda, seperti Ust Ahmad Faiz Hafizuddin yang telah menghidupkan kembali Nahdlatul Ulama Malaysia, juga Ust Abdul Rahim dan lainnya. Semoga terlaksana multaqa ulama Syafi'i Asyari Indonesia, Malaysia, Brunei dan Thailand, di kemudian hari.

Secara pribadi saya juga berterima kasih yang tak terhingga kepada para anggota PCI NU Malaysia mulai penyambutan Rais Am hingga acara puncak dan kepulangan. 

Sumber FB Ustadz : Ma’ruf Khozin

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Mazhab Asyari-Syafi'i Di Malaysia - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®