Hikmah Wafatnya Anak Laki-laki Nabi Di Usia Dini

Hikmah Wafatnya Anak Laki-laki Nabi Di Usia Dini

๐—›๐—œ๐—ž๐— ๐—”๐—› ๐—ช๐—”๐—™๐—”๐—ง๐—ก๐—ฌ๐—” ๐—”๐—ก๐—”๐—ž ๐—Ÿ๐—”๐—ž๐—œ-๐—Ÿ๐—”๐—ž๐—œ ๐—ก๐—”๐—•๐—œ ๐——๐—œ ๐—จ๐—ฆ๐—œ๐—” ๐——๐—œ๐—ก๐—œ

 ๐˜ˆ๐˜ง๐˜ธ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ช๐˜บ๐˜ข๐˜ช, ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ช๐˜ณ๐˜ข-๐˜ฌ๐˜ช๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ด๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ธ๐˜ข๐˜ง๐˜ข๐˜ต๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ช-๐˜ญ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ช ๐˜•๐˜ข๐˜ฃ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ถ๐˜ด๐˜ช๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ช๐˜ข ?

๐—๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Segala ketetapan Allah ta’ala atas hambaNya tentu memiliki hikmah dan tujuan yang baik, terlebih jika itu terjadi kepada kekasihNya dan makhluk terpilihNya, Rasulullah ๏ทบ. Maka sudah lah pasti semua peristiwa hingga musibah wafatnya seluruh anak laki-laki beliau di usia bayi mengandung hikmah yang besar. Di antaranya kemungkinan sebagai berikut :

๐Ÿญ. ๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ต๐—ถ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฒ๐˜„๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ๐—ฎ๐—ป

Di antara hikmah dari wafatnya anak-anak laki-laki Nabi ๏ทบ di usia dini adalah untuk menghindarkan asumsi bahwa kenabian akan diwariskan kepada keturunan beliau. Karena di masa lalu, kenabian sering kali diwariskan dari seorang Nabi kepada anak keturunannya, seperti yang terjadi pada Nabi Ibrahim yang memiliki dua anak, Ismail dan Ishaq, dan kenabian terus berlanjut dalam keturunan Ishaq. Seperti yang tergambar di ayat berikut :

ูˆَูˆَุฑِุซَ ุณُู„َูŠْู…َุงู†ُ ุฏَุงูˆُุฏَ ูˆَู‚َุงู„َ ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ู†َّุงุณُ ุนُู„ِّู…ْู†َุง ู…َู†ْุทِู‚َ ุงู„ุทَّูŠْุฑِ ูˆَุฃُูˆุชِูŠู†َุง ู…ِู†ْ ูƒُู„ِّ ุดَูŠْุกٍ ุฅِู†َّ ู‡َุฐَุง ู„َู‡ُูˆَ ุงู„ูَุถْู„ُ ุงู„ู…ُุจِูŠู†ُ

 "๐˜‹๐˜ข๐˜ฏ ๐˜š๐˜ถ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ธ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช๐˜ด๐˜ช ๐˜‹๐˜ข๐˜ถ๐˜ฅ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ต๐˜ข: '๐˜ž๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ด๐˜ช๐˜ข! ๐˜’๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข๐˜ซ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ด๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช ๐˜ด๐˜ฆ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ. ๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข (๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ข) ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ณ-๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ณ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข๐˜ต๐˜ข'."(QS. An Naml: 16)

Dengan tidak adanya anak laki-laki yang melanjutkan garis keturunan Rasulullah ๏ทบ, Allah ingin memastikan bahwa umat memahami  misi risalah beliau bukan untuk diwariskan kepada keturunan semata, tetapi harus diteruskan oleh seluruh umat Islam. Hal ini juga untuk mencegah salah paham bahwa ada pewaris langsung kenabian setelah Nabi Muhammad ๏ทบ, karena beliau adalah penutup para nabi.

๐Ÿฎ. ๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ฒ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—•๐—ฎ๐—ต๐˜„๐—ฎ ๐—ง๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—”๐—ฑ๐—ฎ ๐—ก๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ก๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ ๐— ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ ๏ทบ

Wafatnya anak laki-laki Nabi ๏ทบ juga mengandung hikmah untuk menegaskan bahwa kenabian telah berakhir dengan di utusnya beliau ๏ทบ. Itu mengapa Allah ๏ทป ketika menegaskan bahwa Rasulullah  ๏ทบ adalah penutup risalah bagi para nabi dan rasul mengkaitkan dengan sangkaan bahwa beliau adalah bapak dari seorang laki-laki dari umatnya. FirmanNya :

ู…َุง ูƒَุงู†َ ู…ُุญَู…َّุฏٌ ุฃَุจَุง ุฃَุญَุฏٍ ู…ِّู† ุฑِّุฌَุงู„ِูƒُู…ْ ูˆَู„َٰูƒِู† ุฑَّุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุฎَุงุชَู…َ ุงู„ู†َّุจِูŠِّูŠู†َ ูˆَูƒَุงู†َ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِูƒُู„ِّ ุดَูŠْุกٍ ุนَู„ِูŠู…ًุง

"๐˜”๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฅ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช-๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ช-๐˜ญ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ, ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ต๐˜ข๐˜ฑ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜™๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฑ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ช. ๐˜‹๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜”๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข ๐˜”๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ช ๐˜ด๐˜ฆ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ."

(QS. Al Ahzab: 40)

Dengan demikian, wafatnya anak-anak laki-laki beliau sebelum dewasa menjadi hikmah besar agar tidak ada harapan atau dugaan bahwa akan ada nabi setelah beliau, sehingga umat Islam tetap berpegang pada keyakinan bahwa tidak ada nabi setelah Nabi Muhammad ๏ทบ.

๐Ÿฏ. ๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ฐ๐—ฒ๐—ด๐—ฎ๐—ต ๐—ณ๐—ถ๐˜๐—ป๐—ฎ๐—ต ๐—ฑ๐—ถ ๐—ธ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—บ๐—ฎ๐˜

Di antara hikmahnya pula, dengan itu Allah menghendaki untuk mencegah sebagian fitnah di kalangan umat dengan sebab keturunan Nabi ๏ทบ. Menghilangkan anggapan bahwa kenabian atau sebagian dari urusan kenabian adalah hak keturunan yang harus diwariskan, seperti halnya dalam tradisi kenabian bani Israil dan umat terdahulu. Allah ta’ala menghendaki agar umat Islam tidak menjadikan nasab sebagai tolak ukur utama untuk menilai sebagai kebenaran, tapi dalil dengan landasan al Kitab dan sunnah nabi lah yang menjadi ukurannya.

Demikian juga hal ini memberikan penegasan bahwa kemuliaan dan keagungan dalam Islam itu bukan diukur dari nasab, kesukuan atau ras tertentu, namun ditentukan oleh kadar ketaqwaan seseorang. Sebagaimana hal ini ditegaskan dalam firmanNya :

ุฅِู†َّ ุฃَูƒْุฑَู…َูƒُู…ْ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฃَุชْู‚َุงูƒُู…ْ

"๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ด๐˜ช๐˜ด๐˜ช ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ธ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ."(QS. Al Hujurat: 13)

Demikian pula Nabi ๏ทบ bersabda :

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ู†َّุงุณُ، ุฃَู„َุง ุฅِู†َّ ุฑَุจَّูƒُู…ْ ูˆَุงุญِุฏٌ، ูˆَุฅِู†َّ ุฃَุจَุงูƒُู…ْ ูˆَุงุญِุฏٌ، ุฃَู„َุง ู„َุง ูَุถْู„َ ู„ِุนَุฑَุจِูŠٍّ ุนَู„َู‰ ุฃَุนْุฌَู…ِูŠٍّ، ูˆَู„َุง ู„ِุนَุฌَู…ِูŠٍّ ุนَู„َู‰ ุนَุฑَุจِูŠٍّ، ูˆَู„َุง ู„ِุฃَุญْู…َุฑَ ุนَู„َู‰ ุฃَุณْูˆَุฏَ، ูˆَู„َุง ู„ِุฃَุณْูˆَุฏَ ุนَู„َู‰ ุฃَุญْู…َุฑَ ุฅِู„َّุง ุจِุงู„ุชَّู‚ْูˆَู‰

"๐˜ž๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ด๐˜ช๐˜ข, ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ธ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜›๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ข๐˜ต๐˜ถ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ข๐˜ต๐˜ถ. ๐˜’๐˜ฆ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ, ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ถ๐˜ต๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ˆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฃ ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ด ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฏ๐˜ฐ๐˜ฏ-๐˜ˆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฃ, ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฏ๐˜ฐ๐˜ฏ-๐˜ˆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฃ ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ด ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ˆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฃ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ถ๐˜ต๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ช๐˜ต ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ด ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ช๐˜ต ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ต๐˜ข๐˜ฎ, ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ช๐˜ต ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ต๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ด ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ช๐˜ต ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฉ, ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ค๐˜ถ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ธ๐˜ข." (HR. Ahmad)

๐Ÿฐ. ๐— ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐˜‚๐—ฟ๐—ป๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ถ๐˜€๐—ถ ๐—ฅ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—น๐˜‚๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต ๏ทบ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต๐—บ๐—ฎ๐˜ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ต ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ

Wafatnya anak-anak laki-laki Nabi ๏ทบ juga memberikan hikmah bahwa beliau diutus sebagai "rahmatan lil 'alamin" (rahmat bagi seluruh alam) bukan untuk membangun sebuah dinasti atau kerajaan keluarga,.

Kepemimpinan umat ini tidak boleh hanya dimonopoli oleh satu keluarga atau kelompok tertentu, melainkan harus menjadi tanggung jawab setiap individu yang menerima risalah beliau. Ajaran ini lah yang kemudian diterjemahkan oleh Khulafaur Rasyidin yang memimpin umat Islam sepeninggal Nabi ๏ทบ. Yang mereka diangkat karena ilmu, ketaqwaan dan pengorbanannya untuk Islam, bukan karena pertimbangan nasab.

Dengan hikmah ini, Allah ta’ala dengan kehendak-Nya yang sempurna telah mengatur semua hal untuk memastikan agar risalah yang telah disampaikan oleh sang Rasul bisa diterima, dipahami, dan dijaga oleh umat Islam secara kolektif dan berkesinambungan.

๐Ÿฑ. ๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ต๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฒ๐—ท๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ธ๐—ฎ๐—ณ๐—ถ๐—ฟ

Orang-orang kafir Quraisy dahulu mengejek Rasulullah ๏ทบ dengan sebutan "abtar" (terputus keturunan) karena tidak memiliki anak laki-laki yang hidup hingga dewasa. Yang mana kemudian Allah ๏ทป membalas ejekan mereka dengan menurunkan firmanNya :

 ุฅِู†َّ ุดَุงู†ِุฆَูƒَ ู‡ُูˆَ ุงู„ْุฃَุจْุชَุฑُ

“๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ค๐˜ช๐˜ฎ๐˜ถ, ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ต๐˜ถ๐˜ด."

(QS. Al Kausar: 3)

Dengan ayat ini Allah ta’ala menegaskan bahwa kemuliaan Rasulullah ๏ทบ tidak lah bergantung pada keturunan anak laki-laki, melainkan pada misi dan ajaran yang dibawanya. Dan Allah juga memastikan bahwa musuh-musuh Nabi ๏ทบ yang justru akan terputus, sementara beliau terus dikenang dan dicintai oleh umat sepanjang masa, bahkan sebagian anak keturunan Nabi shalallahu’alaihi wassalam masih ada dan terjaga hingga hari ini.

๐Ÿฒ. ๐—จ๐—ท๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด-๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฝ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐—ถ๐˜๐˜‚ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐˜

Peristiwa wafatnya anak-anak laki-laki Rasulullah ๏ทบ di usia belia adalah termasuk ujian yang sangat berat, terutama di masa ketika memiliki anak laki-laki di masa itu dianggap sebagai simbol kekuatan dan keberlanjutan keturunan. Kesedihan Nabi begitu mendalam saat menerima ujian ini satu persatu. Bahkan beliau diriwayatkan saat salah satu putranya wafat menangis hingga bercucuran air mata dan mengungkapkan rasa kesedihannya dengan kalimat yang sangat menyentuh.

Sebagai seorang kekasih Allah dan makhluk pilihanNya, sang Nabi ๏ทบ diuji sesuai dengan kedudukan beliau yang tinggi di sisi Allah. Dalam hadits disebutkan:

ุฅِู†َّ ุฃَุดَุฏَّ ุงู„ู†َّุงุณِ ุจَู„َุงุกً ุงู„ْุฃَู†ْุจِูŠَุงุกُ، ุซُู…َّ ุงู„ْุฃَู…ْุซَู„ُ ูَุงู„ْุฃَู…ْุซَู„ُ

"๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ด๐˜ช๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ต ๐˜ถ๐˜ซ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ช, ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ธ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข (๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ซ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ), ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ด๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข." (HR. Tirmidzi)

Ujian adalah salah satu bagian dari cara Allah ๏ทป meninggikan derajat hamba-hamba-Nya yang terpilih. Rasulullah ๏ทบ telah menghadapi berbagai macam musibah yang berat tak terkira dalam kehidupannya, guna mengajarkan kepada kita bahwa adanya iman dan keshalihan pada diri seseorang bukanlah penjamin untuk bebas dari ujian dan musibah.

๐Ÿณ. ๐—”๐—ด๐—ฎ๐—ฟ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ธ๐˜‚๐—น๐˜๐˜‚๐˜€๐—ฎ๐—ป

Tidak adanya keturunan laki-laki yang hidup hingga dewasa menghindarkan Rasulullah ๏ทบ dan keluarganya dari potensi pengkultusan. Ini mengajarkan bahwa kemuliaan yang dibawa oleh Rasulullah ๏ทบ tidak terletak pada keturunannya, melainkan pada risalah dan sunnah yang beliau ajarkan. Bahkan ketika ada keluarga dan orang yang sangat beliau cintai sekalipun, di antaranya Abu Thalib yang menolak ajaran beliau, tak sedikitpun hubungan nasab itu bisa memberi manfaat kepada sosok tersebut.

Allah ta’ala berfirman :

ุฅِู†َّูƒَ ู„َุง ุชَู‡ْุฏِูŠ ู…َู†ْ ุฃَุญْุจَุจْุชَ ูˆَู„َูƒِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ูŠَู‡ْุฏِูŠ ู…َู†ْ ูŠَุดَุงุกُ

"๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ (๐˜”๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฅ) ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ฉ๐˜ช, ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ต๐˜ข๐˜ฑ๐˜ช ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜‹๐˜ช๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ช."(QS. Al Qasas: 56)

๐Ÿด. ๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ฒ๐—ฝ๐—ถ๐˜€ ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—บ๐˜€๐—ถ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐˜„๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ป๐—ฎ๐—ป ๐—น๐—ฎ๐—ธ๐—ถ-๐—น๐—ฎ๐—ธ๐—ถ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ป

Pada zaman Arab jahiliyah, memiliki anak laki-laki dianggap sebagai lambang kekuatan dan keberhasilan, sedangkan anak Perempuan hanya dianggap sebagai bentuk kesialan. Dengan wafatnya semua anak laki-laki Nabi ๏ทบ, Allah ๏ทป menunjukkan bahwa meski tanpa anak laki-laki Rasulullah ๏ทบ terbukti menjadi sosok yang sukses dan mulia, dan semua keagungan itu semua terjaga dengan baik sepanjang zaman.

Sebaliknya beliau ๏ทบ membawa ajaran untuk memuliakan kaum wanita dan anak-anak perempuan dengan sabdanya :

ู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ู„َู‡ُ ุซَู„َุงุซُ ุจَู†َุงุชٍ، ูَุตَุจَุฑَ ุนَู„َูŠْู‡ِู†َّ، ูˆَุฃَุทْุนَู…َู‡ُู†َّ، ูˆَุณَู‚َุงู‡ُู†َّ، ูˆَูƒَุณَุงู‡ُู†َّ ู…ِู†ْ ุฌِุฏَุชِู‡ِ، ูƒُู†َّ ู„َู‡ُ ุญِุฌَุงุจًุง ู…ِู†َ ุงู„ู†َّุงุฑِ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ

"๐˜‰๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ญ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ช ๐˜ต๐˜ช๐˜จ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ญ๐˜ข๐˜ญ๐˜ถ ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ด๐˜ข๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฑ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข, ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฎ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ถ๐˜ด๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ช ๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ข๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ช๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต." (HR. Ahmad)

Demikian di antara hikmah yang bisa kami jabarkan dari peristiwa mengapa putra-putra Nabi ๏ทบ ditaqdirkan oleh Allah ๏ทป wafat di usia kecil.

๐Ÿ“šWallahu a’lam.

________

Referensi : Abna' al-Nabi ๏ทบ al-Banun wa al Banat wa Ummahatuhum, karya Ibrahim al jamal, Syamail ar Rasul karya Ahmad Zawawi, Hadatsah wafat Ibrahim Ibnu Nabi karya Khalid Ouabo. 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Hikmah Wafatnya Anak Laki-laki Nabi Di Usia Dini - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®