Agar Tidak Mudah Melabeli Orang Dengan Sebutan Ahlul Bid'ah

Agar Tidak Mudah Melabeli Orang Dengan Sebutan Ahlul Bid'ah

Agar Tidak Mudah Melabeli Orang Dengan Sebutan Ahlul Bid'ah

Ini penting saya utarakan karena maraknya sebagian kelompok yang melabeli orang lain yang tidak sejalan dengan kajian yang diikutinya dengan sebut "Ahlul Bid'ah."

Ahlul bid'ah=Pelaku bid'ah, sesat, masuk neraka, dengan dasar hadist Nabi ini:

((من احدث فی امرنا هذا ماليس منه فهو رد))

(Barangsiapa yang mengada-ada dalam urusan kami ini (maksudnya urusan agama) sesuatu yang tidak ada dalam agama, maka perbuatan itu tertolak).

Bagaimana sebenarnya penjelasan hadits ini? penjelasan hadits ini sudah dijelaskan oleh Imam Asy-Syafii R.a bisa dicek lansung dalam kitab I'anatut Thalibin Juz 1 halaman 271.

Imam Syafii R.a berkata:

ما احدث وخالف كتابا او سنة او اجماعا او اثرا فهو بدعة الضلالة

وما احدث من الخير ولم يخالف شيئا من ذلك فهو بدعة المحمودة

Perkara baru yang menyelisihi al-qur'an, sunnah, ijma' atau atsar maka itulah bid'ah dhalalah (sesat). Adapun perkara baru yang baik selama dia tidak menyelisihi al-Qur'an, sunnah, ijma atau atsar maka dia adalah bid'ah hasanah.

Jadi yang sesat (dhalalah) itu adalah perkara baru yang bertentangan dengan qur'an sunnah ijma' dan atsar. Jadi, sebaiknya pakai rumus yang sudah dibuat ulama saja, agar tidak salah kita dalam berucap.

Semoga bermanfaat...

Sumber FB Ustadz : Pardi Syahri

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Agar Tidak Mudah Melabeli Orang Dengan Sebutan Ahlul Bid'ah - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®