Berapa Total biaya yang dikeluarkan Raja Mudzaffar?

Berapa Total biaya yang dikeluarkan Raja Mudzaffar?

Berapa Total biaya yang dikeluarkan Raja Mudzaffar?

Orang yang pertama kali mengadakan seremonial itu (Maulid Nabi) adalah Raja Mudzaffar Abu Said penguasa Irbil. Al-Hafizh ibnu Dihyah telah mengarang kitab berjilid-jilid tentang Maulid Nabi yang dinamakan At-Tanwir Fii Maulid Al-Basyir An-Nadzir, lalu dia diberi hadiah, karena usahanya itu (oleh Raja Muzhaffar) sebesar 1.000 dinar. 

Acara tersebut diadakan di Bulan Rabi’ul Awwal dan diperingati dengan sangat meriah. Ia diberi usia panjang dalam kekuasaannya hingga ia meninggal saat mengepung kota Prancis tahun 630 H. Ia terpuji sejarahnya dan perangainya.

Sementara itu, cucu Ibnu al-Jauzi menjelaskan bahwa sebagian orang yang hadir dalam jamuan perayaan Maulid Nabi oleh Raja al-Mudzaffar menceritakan bahwa beliau menyiapkan hidangan hingga 5.000 kepala kambing yang dipanggang, 10.000 ayam, 100.000 kue (mangkuk mentega), dan 30.000 bejana besar yang berisi manisan.

Orang-orang yang hadir dalam acara Maulid Nabi tersebut adalah para ulama besar dan ulama sufi. Ia bergabung dan bercengkrama dengan mereka. Raja al-Mudzaffar menyediakan jamuan untuk para ulama sufi. Dia menambahkan, Raja al-Mudzaffar menghabiskan biaya dalam perayaan Maulid Nabi setiap tahunnya sebesar 300 ribu dinar.

📚I'anatut Thalibin Juz 3 hal.364.

Kalau dirupiahkan kurang lebih:

Untuk mengonversikan 300 ribu dinar ke rupiah, kita perlu mengetahui nilai tukar dinar ke rupiah. Misalnya, jika nilai tukar 1 dinar adalah 45.000 rupiah, maka:

300.000 dinar x 45.000 rupiah/dinar = 13.500.000.000 rupiah.

Namun, nilai tukar dapat bervariasi, jadi berapa totalnya joni? lebih kurang sekitar: 13 Milyar 500 juta.

اللهم صلی علی سيدنا محمد وعلی اله وصحبه اجمعين..

Sumber FB Ustadz : Pardi Syahri

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Berapa Total biaya yang dikeluarkan Raja Mudzaffar? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®