Beberapa Hal Yang Lebih Cepat Efeknya Daripada Doa

Beberapa Hal Yang Lebih Cepat Efeknya Daripada Doa

Beberapa Hal Yang Lebih Cepat Efeknya Daripada Doa

Selain berusaha, kita harus berdoa sebab doa itu ibadah, simbol merendah dan butuh kepada Allah. Namun tidak semua doa akan dikabulkan sesuai apa yang kita minta sebab pada dasarnya Allah punya hak prerogatif untuk mengabulkan atau menolak doa yang tidak dapat diintervensi oleh siapa pun, sebagaimana tafsir ayat-ayat tentang ini pernah saya bahas sebelumnya panjang lebar.

Tapi tenang, ada beberapa hal yang lebih cepat membuat hajat terkabul dan lebih manjur daripada doa biasa. Bahkan ahli maksiat yang belum bertobat sekali pun juga dapat merasakan manfaat dari beberapa hal berikut ini secara cepat, apalagi orang salih yang taat beragama:

1. Bersedekah lebih cepat melancarkan rizki yang seret daripada berdoa minta rizki. Berdoa adalah permintaan dari seorang hamba pada Tuhannya, sedangkan efek sedekah berupa balasan dalam bentuk rizki berkali-kali lipat adalah janji dari Allah kepada hambanya. Permintaan hamba belum tentu terkabul, tapi janji Allah tidak mungkin diingkari.

2. Membantu kesulitan orang lain lebih cepat membuat kesulitan kita sendiri teratasi daripada berdoa minta jalan keluar dari kesulitan. Berdoa adalah permintaan yang belum tentu terkabul, sedangkan menolong seorang hamba yang menolong orang lain adalah janji Allah yang tidak akan pernah meleset.

3. Mendoakan kebaikan bagi orang lain tanpa sepengetahuannya lebih manjur daripada berdoa meminta hal tersebut untuk diri sendiri. Ketika seseorang meminta kebaikan untuk dirinya sendiri, maka itu permintaan pribadi darinya kepada Allah. Sedangkan ketika mendoakan orang lain tanpa sepengatahuannya, maka para malaikat yang akan membalas mendoakan hal yang sama kepada orang tersebut sehingga lebih manjur sebab ini adalah permintaan dari malaikat kepada Allah.

Jadi, bagi anda yang barangkali baru memulai kehidupan berumahtangga atau bagi siapa pun yang ingin hidup bahagia di dunia, rezeki lancar, masalah yang ada cepat menemukan jalan keluar, maka baik-baiklah kepada orang lain di sekitar anda dan bantulah kebutuhan orang lain sebanyak mungkin sebisa anda. Jadilah pribadi yang ucapannya positif dan aksinya selalu bermanfaat bagi sekitar. Orang seperti ini adalah orang yang cepat mendapatkan kehidupan tenang dan bahagia.

Jangan malah menjadi pribadi negatif yang selalu berpikir boro-boro membantu orang lain sedangkan mengurus diri sendiri saja repot. Jangan pernah berpikir bahwa bersedekah harus menunggu kaya atau ada uang yang tidak dibutuhkan sebab semakin seseorang kaya maka akan semakin besar keinginan dan kebutuhannya. Jangan pernah juga mendoakan keburukan kepada orang lain, menghina atau hasud sebab keburukan yang diharapkan itu akan kembali pada diri sendiri. Orang semacam ini meskipun tengah malam berdoa sambil menangis-nangis, biasanya lambat terkabulnya dan lambat pula bahagianya. 

Semoga bermanfaat. 

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahab Ahmad

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Beberapa Hal Yang Lebih Cepat Efeknya Daripada Doa - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®