Ahlul Bait Dalam Ayat 33 Surah Al Ahzab

Ahlul Bait Dalam Ayat 33 Surah Al Ahzab

𝗔𝗛𝗟𝗨𝗟 𝗕𝗔𝗜𝗧 𝗗𝗔𝗟𝗔𝗠 𝗔𝗬𝗔𝗧 𝟯𝟯 𝗦𝗨𝗥𝗔𝗛 𝗔𝗟 𝗔𝗛𝗭𝗔𝗕

 Afwan kiyai mohon penjelasan sebenarnya tentang makna ahli bait yang ada di dalam al Qur’an.

𝗝𝗮𝘄𝗮𝗯𝗮𝗻

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

Ahlu bait secara bahasa artinya pemilik rumah atau keluarga. Bisa keluarga siapapun. Seperti lafadz doa yang dibaca ketika seseorang masuk ke dalam rumah kosong, bangunan atau masjid yang sedang tidak ada orang :

السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين، السلام عليكم ‌أهل ‌البيت ورحمة الله وبركاته

“Salam sejahtera kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih. Salam sejahtera kepada ahli bait (penghuni rumah) berikut rahmat Allah dan juga keberkahannya.”[1]

Dalam al Qur’an ada dua ayat yang menyebut istilah ahlil bait. Yang pertama adalah surah Hud ayat 33 yang berbunyi :

قَالُوا أَتَعْجَبِينَ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ رَحْمَتُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ إِنَّهُ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

“Mereka berkata: ‘Apakah kamu heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan berkah-Nya dicurahkan kepada kamu, wahai Ahlul Bait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

Ayat di atas berkaitan dengan nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Sehingga yang dimaksud dengan ahlil bait di ayat tersebut tentu adalah keluarga beliau.

Sedangkan ayat kedua yang menyebut istilah ahlil bait adalah  firman Allah ta’ala dalam surah al Ahzab ayat 33:

إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

"Sesungguhnya Allah hendak menghilangkan dosa dari kalian, wahai Ahlul Bait, dan menyucikan kalian sesuci-sucinya."

Dan istilah Ahlul Bait  atau Ahlil Bait yang sering ditanyakan biasanya merujuk kepada ayat ini.  Dan ayat 33 dari surah al Ahzab tersebut berkaitan erat dengan keluarga Nabi shallallahu’alaihi wasallam.

Makna Ahlul Bait dalam surah al Ahzab ayat 33

Jika kita membuka kitab tafsir dan juga fiqih, maka kita akan jumpai bahwa mengenai makna ahlu bait di ayat tersebut, ulama berbeda pendapat lumayan tajam tentang siapa saja mereka. Namun secara umum terbagi menjadi tiga pendapat populer sebagai berikut :

𝟭. 𝗨𝗺𝗺𝗮𝗵𝗮𝘁𝘂𝗹 𝗠𝘂𝗸𝗺𝗶𝗻𝗶𝗻

Sebagian besar ulama tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud dengan ahlu bait dalam ayat tersebut adalah istri-istri Nabi shallallahu’alaihi wassallam seperti yang dipilih oleh imam Ibnu Katsir, Ibnu Jauzi, Ath Thabari dan lainnya.[2]  Pendapat ini didasarkan kepada beberapa dalil. Al Imam Thabari rahimahullah menyebutkan dalam tafsirnya :

حدثنا ابن حميد، قال: ثنا يحيى بن واضح، قال: ثنا الأصبغ، عن علقمة، قال: كان عكرمة ينادي في السوق (إِنَّمَا يَرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا) قال: ‌نزلت ‌في ‌نساء ‌النبي ‌صَلَّى ‌الله ‌عَلَيْهِ ‌وَسَلَّم ‌خاصة

“Menceritakan kepada kami Ibnu Humaid, dari Yahya bin Wadhih, dari Asbagh, dari Alqamah dia berkata : Adalah Ikrimah menyeru di pasar : ‘Sesungguhnya Allah hendak menghilangkan dosa dari kalian, wahai Ahlul Bait, dan menyucikan kalian sesuci-sucinya.’ Lalu berkata : Ayat ini turun secara khusus untuk istri-istri Nabi shallallahu’alaihi wassallam.”[3]

Al imamas Sakhawi rahimahullah ketika menjelaskan ayat di atas berkata :

وفيه دليل على أن نساء النبي صلى الله عليه وسلم من أهل بيته

“ …Padanya ada dalil bahwa istri-istri Nabi shalallahu’alaihi wassallam adalah ahli baitnya.”[4]

Pendapat ini juga didasarkan sesuai dengan rentetan ayat-ayat lainnya sebelum dan sesudahnya, yang memang sedang membicarakan Ummahatul Mukminin.[5]

𝟮. 𝗙𝗮𝘁𝗶𝗺𝗮𝗵, 𝗔𝗹𝗶, 𝗛𝗮𝘀𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗛𝘂𝘀𝗮𝗶𝗻

Pendapat selanjutnya menyatakan bahwa yang dimaksud dalam ayat tersebut sebagai ahli bait adalah Ali bin Abi Thalib, Fatimah serta kedua putranya yakni Hasan dan Husain.[6] Dasar pendapat ini adalah adanya Hadits Kisa' (Hadits Selimut) yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah di nama Nabi ﷺ menyelimuti mereka di bawah kain dan mendoakan mereka agar disucikan oleh Allah.

Hadits tersebut berbunyi :

عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، قَالَتْ: إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَلَّلَ عَلَى الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ وَعَلِيٍّ وَفَاطِمَةَ كِسَاءً ثُمَّ قَالَ: اللَّهُمَّ هَؤُلَاءِ أَهْلُ بَيْتِي فَأَذْهِبْ عَنْهُمُ الرِّجْسَ وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا. قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: فَقُلْتُ يَا نَبِيَّ اللَّهِ وَأَنَا ؟ قَالَ: أَنْتِ عَلَى مَكَانِكِ وَأَنْتِ عَلَى خَيْرٍ

Dari Ummu Salamah, ia berkata: "Sesungguhnya Nabi shalallahu’alaihi wassalam menutupi Hasan, Husain, Ali, dan Fatimah dengan kain, lalu beliau berdoa: 'Ya Allah, mereka inilah Ahlul Baitku, maka hilangkanlah dari mereka dosa dan sucikanlah mereka sesuci-sucinya.' Kemudian Ummu Salamah bertanya, 'Wahai Nabi Allah, bagaimana dengan aku?' Beliau menjawab, 'Engkau berada di tempatmu dan engkau berada dalam kebaikan.'" (HR. Tirmidzi)

Hadits yang serupa juga dikeluarkan oleh imam Muslim dari Ummul Mukminin Aisyah berikut ini :

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ غَدَاةً وَعَلَيْهِ مِرْطٌ مُرَحَّلٌ مِنْ شَعَرٍ أَسْوَدَ، فَجَاءَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ فَأَدْخَلَهُ، ثُمَّ جَاءَ الْحُسَيْنُ فَدَخَلَ مَعَهُ، ثُمَّ جَاءَتْ فَاطِمَةُ فَأَدْخَلَهَا، ثُمَّ جَاءَ عَلِيٌّ فَأَدْخَلَهُ، ثُمَّ قَالَ: (إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

"Diriwayatkan dari Aisyah bahwa Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam keluar suatu pagi dengan mengenakan kain yang terbuat dari bulu hitam. Kemudian datanglah Hasan bin Ali, dan Nabi memasukkannya di bawah kain itu. Lalu datanglah Husain, dan Nabi memasukkannya juga. Kemudian datanglah Fatimah, dan beliau memasukkannya. Setelah itu datanglah Ali, dan beliau ﷺ memasukkannya juga. Lalu Nabi shalallahu’alaihi wassallam bersabda: "Sesungguhnya Allah hanya berkehendak untuk menghilangkan dosa dari kalian, wahai Ahlul Bait, dan menyucikan kalian sesuci-sucinya."

𝟯. 𝗨𝗺𝗺𝗮𝗵𝗮𝘁𝘂𝗹 𝗠𝘂𝗸𝗺𝗶𝗻𝗶𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗸𝗲𝗹𝘂𝗮𝗿𝗴𝗮 𝗡𝗮𝗯𝗶 𝘀𝗮𝗮𝘁 𝗶𝘁𝘂

Pendapat ketiga ini menggabungkan antara pendapat pertama dan kedua. Yakni yang dimaksud dengan ahlul bait dalam ayat adalah seluruh istri Nabi shallallahu’alaihi wassallam sekaligus keluarga beliau yang ada saat itu, yang diwakili oleh Ali, Fatimah, Hasan dan Husain.[7]

Al imam Fakhrurrazi rahimahullah berkata :

والأولى أن يقال هم أولاده وأزواجه والحسن والحسين منهم وعلي منهم لأنه كان من أهل بيته بسبب معاشرته ببنت النبي عليه السلام وملازمته للنبي

"Yang lebih utama untuk dikatakan adalah bahwa yang disebut Ahlul Bait  adalah anak-anaknya (Nabi), istri-istrinya, dan Hasan serta Husain termasuk di antara mereka. Ali juga termasuk di antara mereka karena ia adalah bagian dari keluarganya disebabkan hubungannya melalui pernikahan dengan putri Nabi dan kedekatannya yang terus-menerus dengan Nabi shallallahu’alaihi wassallam."[8]

𝟰. 𝗦𝗲𝗹𝘂𝗿𝘂𝗵 𝘂𝗺𝗮𝘁 𝗜𝘀𝗹𝗮𝗺

Pendapat keempat mengatakan bahwa yang dimaksud dengan ahlul bait di ayat tersebut adalah seluruh orang-orang beriman yang shalih. Lewat ayat ini Allah menjanjikan kesucian dalam artian diampuni dosa-dosanya dengan sebab keimanan mereka.

Makna disucikan di sini bisa juga berarti bahwa syariat Islam datang untuk menyucikan kaum muslimin dengan ajarannnya yang bukan hanya menyucikan batin tapi juga dzahir mereka dengan adanya syariat wudhu, istinja’ manda dan lainnya.[9]

𝗜𝘀𝘁𝗶𝗹𝗮𝗵 𝘀𝗲𝗿𝘂𝗽𝗮

Selain istilah ahlu bait yang telah dijelaskan, ada juga istilah Ali Muhammad, atau ahli bait Rasulillah yang artinya kerabat Nabi Shallallahu’alauhi wassallam. Mereka ini memiliki ketentuan syariat yang khusus dimana mereka tidak boleh menerima zakat dan beberapa ketentuan lainnya. Sebagaimana yang dinyatakan oleh al imam Syafi’i rahimahullah :

‌وآل ‌محمد ‌الذين ‌تحرم ‌عليهم ‌الصدقة ‌المفروضة ‌أهل ‌الخمس، وهم أهل الشعب، وهم صلبية بني هاشم وبني المطلب

“Adapun keluarga Muhammad adalah mereka yang diharamkan menerima zakat dan mereka mendapatkan seperlima dari harta rampasan perang.

Siapa yang dimaksud dengan keluarga atau kerabat Nabi dalam istilah ini ?

𝟭. 𝗦𝗲𝗹𝘂𝗿𝘂𝗵 𝗸𝗲𝗹𝘂𝗮𝗿𝗴𝗮 𝗡𝗮𝗯𝗶 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗯𝗲𝗿𝗶𝗺𝗮𝗻

Sebagian pendapat ulama mengatakan bahwa mereka adalah seluruh keluarga Nabi shallallahu’alaihi wassallam yang beriman kepada risalah Islam yang beliau bawa. Baik itu istri-istri beliau, pamannya, anaknya, cucunya bahkan hingga beberapa orang dan budak-budak yang dimerdekakan oleh keluarga Nabi shallallahu’alaihi wassallam. Disebutkan dalam sebuah hadits :

 إِنَّا آلُ مُحَمَّدٍ لَا تَحِلُّ لَنَا الصَّدَقَةُ وَمَوْلَى الْقَوْمِ مِنْهُمْ

 “Sesungguhnya  Kami Keluarga Muhammad tidak halal bagi Kami menerima Shadaqah demikian juga para budak-budak yang dimerdekakan dari mereka ( keluarga Muhammad ) .”  (HR. Ahmad)

Zaid bin Arqam radhiyallahu’anhu pernah ditanya tentang siapa saja keluarga Nabi, maka beliau menjawab :

هم آلُ عليِّ وآل عَقِيل وآل جعفر، وآل عباس رَضِيَ اللَّهُ عَنْهم

“Mereka adalah keluarganya Ali, keluarganya Aqil, keluarganya Abas radhiyallahu’anhum.”[10]

𝟮. 𝗕𝗮𝗻𝗶 𝗛𝗮𝘀𝘆𝗶𝗺 𝗱𝗮𝗻 𝗯𝗮𝗻𝗶 𝗔𝗯𝗱𝘂𝗹 𝗠𝘂𝘁𝗵𝗮𝗹𝗶𝗯

Pendapat selanjutnya menyatakan bahwa yang dimaksud dengan ahlul bait itu adalah seluruh kerabat Nabi shallallahu’alaihi wassallam dari bani Hasyim dan bani Abdul Muthalib. Al imam Nawawi rahimahullah berkata :

وآل ‌النبي ‌صلى ‌الله ‌عليه ‌وسلم ‌بنو ‌هاشم ‌وبنو ‌المطلب. نص عليه الشافعي رحمه الله

 “Yang dimaksud dengan Ali Muhammad adalah bani Hasyim dan bani Abdul Muthalib. Dan ini juga adalah pendapat dari imam Syafi’i.”[11]

Pendapat ini didasarkan kepada sebuah hadits dari Jubair bin Muth’im radhiyallahu Anhu dia berkata:

مَشَيْتُ أَنَا وَعُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْنَا : يَا رَسُولَ اللَّهِ أَعْطَيْتَ بَنِي الْمُطَّلِبِ وَتَرَكْتَنَا وَنَحْنُ وَهُمْ مِنْكَ بِمَنْزِلَةٍ وَاحِدَةٍ ؟! فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّمَا بَنُو الْمُطَّلِبِ وَبَنُو هَاشِمٍ وغيرهما شَيْءٌ وَاحِدٌ

“Aku dan Utsman bin ‘Affan berjalan menuju kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dan kami mengatakan : Wahai Rasulullah engkau telah memberikan bagian kepada Bani Abdul Muthallib dan engkau meninggalkan kami padahal antara kami dan mereka di sisimu mempunyai kedudukan yang sama ? Lalu Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda : ‘Sesungguhnya Bani Abdul Muthallib dan Bani Hasyim dan yang selain keduanya adalah sama kedudukannya.” (HR. Bukhari)

𝗣𝗲𝗿𝗯𝗲𝗱𝗮𝗮𝗻 𝗮𝗻𝘁𝗮𝗿𝗮 𝗔𝗵𝗹𝘂𝗹 𝗕𝗮𝗶𝘁 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗮𝘆𝗮𝘁 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗔𝗹𝗶 𝗥𝗮𝘀𝘂𝗹𝗶𝗹𝗹𝗮𝗵

Meski antara keduanya sering disamakan, tapi yang jelas tentu berbeda antara yang dimaksud ahlul bait di dalam ayat dengan istilah ahlul bait yang merujuk kepada pengertian keluarga Nabi dari keluarganya juga anak keturunan bani Hasyim dan Bani Abdul Muthalib.

Ayat surah al Azhab 33 itu merupakan jaminan Allah ta’ala akan kesucian ahlil bait, yakni istri-istri beliau dan juga putri nabi yang bernama Fatimah, cucunya dan menantunya, yang mana jaminan itu tidak berlaku untuk orang selain mereka. Demikian juga dengan makna tafsiran lain bahwa ahlil bait adalah orang-orang shalih dari kaum muslimin yang akan Allah sucikan dari kesyirikan dan akan diampuni dosanya dengan sebab keimanan mereka.

Sedangkan istilah Ali Rasulillah, atau Itrah Nabi atau kadang juga menggunakan istilah ahli bait Nabi, adalah mereka yang dalam syariat memiliki aturan seperti yang telah dijelaskan, seperti tidak menerima zakat dan berhak atas ghanimah.

Wallahu a’lam.

________________

[1] Al Mausu’ah al Fiqhiyah al Kuwaitiyah (25/171)

[2] Tafsir Ibnu Katsir (6/415), Zadul Maisir (3/462)

[3] Tafsir ath Thabari (20/267)

[4] Tafsir Qur’an al Adzim (2/144)

[5] Al Mausu’ah al Fiqhiyah al Kuwaitiyah (6/268)

[6] Tafsir ath Thabari (20/263)

[7] Zadul Maisir (3/463)

[8] Mafatih al Ghaib (25/168)

[9] Al Itihajahut Tafsir (1/114)

[10] Al Lubab fi Ulum al Kitab (17/191)

[11] Raudhatut Thalibin (1/263) 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Ahlul Bait Dalam Ayat 33 Surah Al Ahzab - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®