Salah Perbandingan, Salah Data Fatal Akibatnya

Salah Perbandingan

SALAH DATA FATAL AKIBATNYA

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Imam asy Sya'bi adalah ulama yang dikenal dengan keluasan ilmunya. Beliau bukan hanya menguasai dan ahli dalam satu dua cabang ilmu, tapi nyaris semua ilmu.

Sehingga ada yang penasaran bertanya ke beliau ilmu apa yang kira-kira tidak terlalu beliau kuasai, beliau pun menjawab : "Ilmu Sya'ir, ilmu ini aku hanya bisa sekedarnya. Tapi kalau engkau mau aku bisa membacakan syair selama dua bulan tanpa ada satupun kalimat yang terulang."

Sayidina Khalid bin Walid pernah menangis ketika memegang mushaf al Quran sambil berkata : "Jihad telah menghalangi kami dari banyak berinteraksi denganmu..."

Sebagian pihak memang ada yang kemudian mengatakan bahwa Khalid bin Walid adalah termasuk sahabat yang paling jarang bisa mengkhatamkan dengan al Quran".

Tapi yang perlu kita cermati adalah istilah "jarang" itu perbandingannya apa dulu. Beliau termasuk jarang karena pembandingnya adalah orang-orang yang mengkhatamkan Quran paling lama sepuluh hari atau satu pekan. Dan umumnya lima hari atau bahkan tiga hari sekali.

Sebagian sahabat bahkan mengkhatamkan Qur'an setiap malam. Maka orang seperti Khalid saat itu meski bisa mengkhatamkan Quran sebulan sekali, itu termasuk jarang. 

Tapi kalau dibanding kebanyakan orang hari ini bagaimana ? Yang setahun belum tentu khatam sekali.

Seperti imam Sya'bi yang mengaku tak terlalu menguasai ilmu syair, itu pembandingnya ada para ulama-ulama yang sangat ahli dalam sastra dan bahasa. Tapi kalau dibandingkan hari ini, kemampuan beliau seperti itu tidak bisa dikatakan bukan ahli !

Demikian juga dengan imam al Ghazali yang hafal katakan saja 5000 an hadits, lalu menulis sekian karya fenomenal dalam banyak disiplin ilmu, lalu mengaku tidak terlalu menguasai hadits, itu sudah jelas dan gamblang cara memahaminya.

Gini sajalah, kita adakan tes kecil-kecilan, siapapun antum yang mengatakan imam Ghazali perbendaharaan haditsnya sedikit, saya tantang membaca kitab Ihya cukup satu jilid dan hafalan hadits separuhnya saja, 2500 an hadits, kalau saya uji hafal dengan baik, akan saya beri hadiah yang sangat layak. Plus mungkin kami izinkan untuk tetap mengatakan : Al Ghazali tidak menguasai ilmu hadits. 

baca juga : 

  1. Jangan Memulai Kalau Tidak Mau Diakhiri
  2. Salah Satu Pembaharu
  3. Salah Perbandingan, Salah Data Fatal Akibatnya

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Salah Perbandingan, Salah Data Fatal Akibatnya - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®