Muslim Harus Tahu Ciri-Ciri Penganut Aqidah Mujassimah

Muslim Harus Tahu Ciri-Ciri Penganut Aqidah Mujassimah

MUSLIM HARUS TAHU CIRI-CIRI PENGANUT AQIDAH MUJASSIMAH!

Mujassimah atau Musyabbibah adalah salah satu firqah dalam Islam yang meyakini bahwa Allah memiliki jasad atau memiliki jism dan orang-orang Mujassimah juga menyerupakan Allah dengan makhluk dalam penetapan sifat-sifat Allah. Sedangkan di dalam akidah Ahlussunah wal jama'ah, keyakinan ini adalah dilarang karena bertentangan dengan Al-Qur'an surah Asy-Syura ayat 11.

Firqoh atau kelompok Mujassimah-Musyabbihah adalah kelompok yang meyakini dan percaya bahwa Allah memiliki fisik dan meyerupai makhluk. Tajsim adalah keyakinan bahwa Allah adalah benda atau memiliki sifat benda dan Tasybih adalah keyakinan bahwa Allah adalah seruap dengan makhluk atau mensifati Allah dengan sifat-sifat makhluk.

Faham tersebut dibawa oleh Muqatil bin Sulaiman As-Sadusiy seorang yang pada saat itu hidup jauh dari sumber keilmuan Islam yaitu dari Balkh, Khurasan. Dia mengatakan bahwa sesungguhnya Allah adalah benda yang mempunyai anggota-anggota badan, baik kecil atau besar, seperti tangan, kaki, dan kedua mata. 

Ciri pemikirannya adalah :

1. Melakukan tasybih (tamtsil) yang pada bersamaaan juga menanyakan kaifiyatnya (takyif).

2. Berkeyakinan Allah bertempat (butuh tempat), sedangkan menurut keyakinan firqoh Sunni Allah tidak butuh tempat.

3. Semua sifat dzatiyah & ikhtiyariyah mereka meyakininya sama dengan makhluk (dalam hal ini mereka menetapkan kaifiyat), sedangkan keyakinan Sunni tidak menetapkan kaifiyat.

Orang-orang yang terjerumus mengikuti firqah MUJASSIMAH adalah karena mereka mensifati Allah atau memaknai sifat Allah dengan MAKNA DZAHIR atau secara hissi (indrawi atau fisikal, materi, jisim) sehingga mereka men-jisim-kan Allah yakni seperti mereka mengitsbatkan (menetapkan) arah, jarak, tempat, ukuran, BATASAN seperti BERBATAS dengan Arsy dan sifat-sifat fisikal lainnya maupun ANGGOTA-ANGGOTA badan.

Barakallahu fiikum, semoga kita terhindar dari pemahaman yang sesat menyesatkan ini, Aminn 🤲

Cr: perisai_ahlussunnah @aswaja_natuna on Instagram! #muslimharustahu #aswaja #wahabi #manhajsalaf #salafi #ahlussunnahwaljamaah #kajianislam #dakwahsunnah #nahdatululama #indonesiamengaji #manhajsalaf #manhajsalafusshalih #manhajsalafujungpencarianku

Sumber FB : Manhaj_Salaf

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Muslim Harus Tahu Ciri-Ciri Penganut Aqidah Mujassimah - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®