Madzhab Adalah Salaf

Madzhab adalah Salaf

𝗠𝗔𝗗𝗭𝗛𝗔𝗕 𝗔𝗗𝗔𝗟𝗔𝗛 𝗦𝗔𝗟𝗔𝗙

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

Di antara cara untuk kembali kepada al Qur'an dan sunnah dengan pemahaman salaful ummah adalah dengan mengikuti tuntunan para ulama madzhab yang empat, yakni Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hanbali. 

Inilah metode yang ilmiah, mudah dan yang paling selamat dalam beragama, mengapa ?

1. Para pendiri madzhab hidup di masa generasi salaf (terdahulu), sehingga apa yang mereka ajarkan itulah ajaran salaf yang hakiki, bukan sekedar klaim kosong tanpa bukti. 

2. Seluruh kaidah madzhab yang empat dibangun di atas pondasi utama agama ini, yaitu al Qur'an dan sunnah, juga atsar para sahabat.

3. Madzhab adalah mata rantai sanad keilmuan, yang bersambung dan terhubung dengan sangat baik dari generasi ke generasi hingga hari ini. Bukan kumpulan pendapat ulama tertentu di negeri tertentu atau hanya di masa tertentu.

4. Madzhab fiqih diajarkan oleh para ulama yang dikenal sebagai pakar dari berbagai disiplin ilmu. Mereka berhimpun dalam sebuah sistem keilmuan yang menakjubkan.

5. Para ulama madzhab adalah panutan umat yang bertaqwa dan terdepan dalam teladan kebaikan. Hampir semua ulama besar umat ini dari berbagai cabang ilmu menisbahkan dirinya kepada salah satu dari madzhab yang empat.

6. Madzhab fiqih diajarkan dengan sistem yang teratur, terarah dan terukur. Keunggulan kurikulumnya yang sudah digunakan, tidak perlu diragukan lagi, karena telah teruji beribu-ribu tahun dalam lintas generasi.

Pada kenyataannya tidak ada madrasah keilmuan yang mengajarkan fiqih di seluruh penjuru dunia Islam dulu hingga hari ini kecuali pasti menggunakan metode dari salah satu madzhab yang empat.

7. Bermadzhab bukanlah kejumudan sebagaimana yang disangkakan oleh sebagian orang. Tapi madzhab adalah keterbukaan dan cara beragama yang cerdas karena mengikuti sumber yang benar dengan cara yang juga benar.

8. Belajar agama lewat tuntunan madzhab yang empat itu bentuk real dari kembali kepada al Qur'an dan sunnah. Ada panduannya, ada gurunya, ada jenjangnya dan perangkat lainnya.

Bukan hanya sekedar jargon dan slogan Qur'an hadits, tapi pada kenyataannya mengajak kepada pemahaman guru dan kelompoknya.

Maka jika anda mengenal madzhab tidak seperti delapan point di atas, besar kemungkinan anda menerima informasi yang salah tentang apa itu madzhab, maka belajarlah fiqih madzhab dengan benar.

Wallahu a'lam. 

Baca juga kajian ulama tentang mazhab berikut :

  1. Mazhab Pokoknya Haram
  2. Kenapa Belain Mazhab Syafi'i Melulu?
  3. Hanabilah Atsariyyah dan Klaim Tafwidh Madzhab Salaf
  4. Lagi, Berbohong Atas Nama Imam Mazhab Syafi'i Untuk Melarang Pelafalan Niat
  5. Mazhab Cuma Pendapat Manusia, Buang Saja Cukup Quran dan Sunnah

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Madzhab Adalah Salaf - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®