Kiai Imaduddin Menulis Kitab Pemikiran NU Tapi Isinya 'copas' Dari Situs-situs Wahhabi

Kiai Imaduddin Utsman Al-Bantani, Menulis Kitab Pemikiran NU Tapi Isinya 'copas' Dari Situs-situs Wahhabi

Kiai Imaduddin Utsman Al-Bantani, menulis kitab pemikiran NU tapi isinya “copas” dari situs-situs Wahhabi ( sebuah catatan seorang pembaca ) 

Saat catatan ini ditulis, saya sudah membaca hampir separuh kitab Kiai Imad “ Al-Fikrah Annahdiyah “. sesuai dengan namanya, Kitab setebal 273 halaman dan sudah masuk cetakan ke 3 ini menurut Kiai Imad berisi pemikiran-pemikiran ahlussunnah wal jama’ah ala Nahdlatul Ulama, kitab ini selesai ditulis oleh Kiai Imad pada tahun 1439 H atau sekitar 5 tahun yang lalu jauh sebelum beliau “viral” sebagai pembuat tesis yang menganulir nasab Habaib Ba’alawi. 

Kitab ini bisa kalian download disini 👇 :

https://ia902705.us.archive.org/14/items/kitab-al-fikroh-al-nahdliyyah/الفكرة%20النهضية%20%28كتاب%29.pdf

Kitab ini juga pernah diulas dan direspon positif di situs NU Online Banten :

https://banten.nu.or.id/.../membaca-nalar-kitab-al-fikrah...

Disitu penulis ( Hamdan Suhaemi, wakil ketua PW GP Ansor Banten ) mengomentari :

“ Sebagai orang awam, tentu saya sangat memuji karya KH Imadudin Usman ini karena jarang dikembangkan oleh kiai pesantren. Seandainya bisa saya sejajarkan, mungkin kitab ini sejajar dengan kitab-kitab karya ulama Timur Tengah yang telah menjadi rujukan kita dalam memahami ajaran dan ilmu Islam yang sempurna dan luas “ 

Bagi pembaca awam - khususnya jika ia termasuk Muhibbin Kiai Imad - kitab ini memang akan terlihat sangat keren dan mengagumkan, bayangkan seorang ulama “nusantara” dari Kresek Banten bisa menulis kitab setebal 273 halaman dengan bahasa arab yang sangat lugas dan ilmiah. Para Pembaca pasti akan berdecak kagum :

“ kok ada ya Kiai se-alim itu ? nggak kalah sama ulama-ulama di Arab sana ! “ 

tapi sayangnya saya bukan pengagum berat Kiai Imad, saya membaca kitab ini karena murni penasaran dan pengen tau seperti apa sih kualitas kealiman seorang Kiai Imad yang sedang dielu-elukan para muhibbinnya itu. Hasilnya ? setelah membaca sampai halaman 126, saya menemukan suatu fakta yang sangat membagongkan :

“ banyak dari isi kitab pemikiran NU karya Kiai Imad ini beliau copas dari situs-situs Wahhabi tanpa menyebutkan sumbernya ! “ 

Believe It or Not, percaya atau tidak, Berikut adalah data-data yang berhasil saya kumpulkan ( kemungkinan besar akan bertambah kalo saya sudah hatam membaca kitab Kiai Imad ini ) :

 1. di halaman 40-41, ketika membahas tentang bilangan jama’ah sholat Jum’at, saya sudah mulai merasa aneh ketika disitu Kiai Imad juga mencantumkan pendapat Ibnu Taymiah ( padahal katanya ini kitab pemikiran Nu ? ) : 

(المسئلة الأولى في عدد الجمعة)

وقد اختلف العلماء في عدد المتعين لإقامة صلاة الجمعة فبعضهم يشترط لإقامة الجمعة اربعين رجلا وهو مذهب الشافعية والحنابلة. ومنهم من يشترط ثلاثة رجال سوى الامام وهو مذهب ابي حنيفة في الأصح عنه. ومنهم من يشترط اثني عشر رجلا مقيمين غير الامام وهو مذهب المالكية في المشهور واختار ابن تيمية ان الجمعة تنعقد بثلاثة رجال امام ومستمعين

Ternyata “ibarot” ini beliau copas ( atau lebih tepatnya Cut-Pas + sedikit modifikasi ) dari situs Wahhabi berikut : 

https://www.islamweb.net/amp/ar/fatwa/3476/

Perlu diketahui, Islamweb.net ini adalah situs raksasa Wahhabi yang biasa memuat fatwa-fatwa ulama-ulama Wahhabi seperti Bin Baz, Utsaimin, Albani Dll

 2. di Halaman 49, Ketika membahas Khutbah dengan selain bahasa Arab, Kiai Imad menulis : 

اتفق الفقهاء على ان الاولى ان تكون الخطبة باللغة العربية ولكنهم اختلفوا في اشتراط ذلك على ثلاثة اقوال:

الاول انه يشترط ان تكون بالعربية للقادر عليها ولو كان السامعون لا يعرفون العربية وبهذا قال المالكية وهو المذهب المشهور عند الحنابلة. والقول الثاني يشترط ان تكون بالعربية للقادر عليها الا اذا كان السامعون جميعا

لا يعرفون العربية فانه يخطب بلغتهم وهذا هو الصحيح عند الشافعية وبه قال بعض الحنابلة. قال النووي في المجموع حكاية عن قول المتولى: لان المقصود الوعظ وهو حصل بكل اللغات. والقول الثالث يستحب ان تكون بالعربية ولا يشترط ، ويمكن للخطيب ان يخطب باللغة

دون العربية وهو قول ابي حنيفة وبعض الشافعية.

وهذا القول الثالث هو الذي يختاره جماعة من علماء إندونسيا لعدم ورود دليل صريح يوجب كون الخطبة باللغة العربية ولان المقصود من الخطبة هو حصول الوعظ والنفع والفائدة وذالك لا يكون الا بلغة الحضور ولكن الأحسن اداء مقدمات الخطبة من الاركان والايات باللغة العربية.

Ibarot ini ternyata juga Kiai Imad Copas “plek ketiplek” dari situs Wahhabi, hanya saja beliau modif sedikit akhir ibarotnya ( مع الزيادة و الإختصار ) berikut link situsnya :

https://islamqa.info/amp/ar/answers/112041

Islamqa.info atau الإسلام سؤال و جواب ini juga merupakan situs terkenal Wahhabi milik Syaikh Muhammad Sholih Al-munajjid seorang ulama Wahhabi santri dari Syaikh Bin Baz, Syaikh Utsaimin, Syaikh Albani dll ( Byuuh jan nguerrri tenan, iki Al-Fikroh Annahdiyah opo Al-Fikroh Annajdiyah “pemikiran Nejd” ? ) 

 3. di halaman 95, ketika membahas tentang jual beli kredit ( بيع التقسيط ) lagi dan lagi Kiai Imad copas redaksi dari situs Wahhabi Islamqa.info 

Redaksi kitab Kiai Imad :

(المسئلة الاولى في بيع التقسيط)

بيع التقسيط او بيع الكريديت من المسائل التي ينبغي الاهتمام بمعرفة حكمها الان

لأنه قد انتشر انتشارا كبيرا في معاملات الافراد والامم

بيع التقسيط هو بيع يعجل فيه المبيع وتتأجل فيه الثمن كله او بعضه على أقساط معلومة لأجال معلومة فتشتري المنشآت والمؤسسات  السلع من مورديها بالتقسيط وتبيعها على زبائنها بالتقسيط كالسيارات والعقارات والالات وغيرها ومما ادى الى انتشاره ايضا معاملات البنوك والمصارف حيث يشتري البنك السلعة نقدا ويبيعها على عملائه بثمن مؤجل على أقساط.

Redaksi situs aslinya : 

بيع التقسيط هو بيع يُعَجَّل فيه المبيع (السلعة) ويتأجل فيه الثمن كلُّه أو بعضُه على أقساط معلومة لآجال معلومة .

بيع التقسيط من المسائل التي ينبغي الاهتمام بمعرفة حكمها الآن لأنه قد انتشر انتشار كبيراً في معاملات الأفراد والأمم بعد الحرب العالمية الثانية . فتشترى المنشآت والمؤسسات السلع من مورديها بالتقسيط ، وتبيعها على زبائنها بالتقسيط ، كالسيارات والعقارات والآلات وغيرها . ومما أدى إلى انتشاره أيضاً : معاملات البنوك والمصارف ، حيث يشترى البنك السلعة نقداً ، ويبيعها على عملائه بثمن مؤجل (على أقساط)  ( https://islamqa.info/amp/ar/answers/13973 ) 

 4.  Di halaman 116, ketika membahas hukum menikah melalui telpon, Kiai Imad menuliskan :

(المسئلة الثانية عقد النكاح بالهاتف)

اختلف العلماء المعاصرون في حكم عقد النكاح بالوسائل الحديثة كالهاتف والانترنت، فمنهم من منع ذالك لعدم وجود الشهادة مع التسليم بأن وجود شخصين على الهاتف في نفس الوقت له حكم المجلس الواحد ومنهم من منع ذالك احتياطا للنكاح لأنه يمكن ان يقلد الصوت ويحصل الخداع ومنهم من جوز ذالك إذا امن التلاعب والشهادة على هذا العقد ممكنة بسماع صوت المتكلم : غير الهاتف او الانترنت. فالقول الظاهر في هذه المسألة انه يجوز عقد النكاح عن طريق الهاتف والانترنت اذا امن التلاعب وتحقق من شخص الزوج والولي وسمع الشاهدان الايجاب والقبول

Lagi, lagi dan lagi, ternyata ibarot ini Kiai Imad copas dari situs Islamqa.info juga :

https://islamqa.info/amp/ar/answers/105531

Hanya saja “cerdiknya” Kiai Imad disini, sumber-sumber fatwa itu beliau hilangkan karena akan jelas menampakkan “kewahhabian” mereka ( coba perhatikan, fatwa diatas bersumber dari Allajnah Al-Daimah yang bisa dibilang MUI-nya Wahhabi, juga dari Syaikh Abdul Aziz Bin Baz ) 

 5. di halaman 125 ketika membahas tentang poligami ( emak-emak pecinta Kiai Imad wajib baca ini 🤭 ), saya agak mengernyitkan dahi ketika dengan gagahnya Kiai Imad berkata bahwa Poligami adalah sebuah amal yang besar pahala dan manfaatnya bagi suami-istri : 

إن تعدد الزوجات فضله عظيم للزوج والزوجات وأجره كبير

saya curiga kok ada bau-bau Wahhabi disini ya ? ternyata betul, di halaman 126 ketika menjelaskan keutamaan istri pertama yang bersedia untuk di madu, Kiai Imad menuliskan : 

(فضل الزوجة الاولي)

روي عن ابن مسعود قال النبي الله : إن الله تعالى كتب الغيرة على النساء والجهاد على الرجال فمن صبر منهن ايمانا واحتسابا كان لها مثل اجر الشهيد رواه الطبراني. إن صبر المرأة على طاعة زوجها سبب من أسباب دخول الجنة قال رسول الله ﷺ: إذا صلت المرأة خمسها وصامت شهرها وحصنت فرجها واطاعت زوجها قيل لها ادخلي الجنة من اي ابواب الجنة شئت رواه ابن حبان وصبرها على زواج زوجها بامرأة اخرى لها اجر خاص فوق هذا من وجوه الاول: ان زواج زوجها عليها يعد ابتلاء وامتحانا لها فإن صبرت على ذالك كان لها اجر الصبر على البلاء كما قال الله تعالى : انما يوفى الصابرون أجرهم بغير حساب (الزمر: ١٠). الثاني: ان المرأة ان قابلت ذالك بالإحسان الى زوجها والى الزوجة الأخرى كان لها جزاء المحسنين قال تعالى: انه

من يتق ويصير فإن الله لا يضيع أجر المحسنين (يوسف: ۹۰) 

Dan sekali lagi, demi menguatkan pendapatnya yang sangat menganjurkan poligami itu , Kiai Imad ternyata juga mengcopas ibarot itu dari situs Wahhabi ( lagi-lagi Islamqa.info ) :

https://islamqa.info/amp/ar/answers/21421

( gimana ini ibu-ibu ? 😭🤣 ) 

Sementara ini saya hanya menemukan 1 ibarot yang beliau copas dari situs Aswaja ( sekali lagi tanpa mencantumkan sumber ) yaitu di halaman  25 ketika membahas tentang lafadz Sayyidina di tasyahud, beliau mengcopas dari situs Darul Ifta Jordania berikut ini :

https://aliftaa.jo/fatwa/512/زيادة-لفظ-سيدنا-في-الصلاة-على-النبي-صلى-الله-عليه-وسلم-عند-ا

Membaca semua data diatas saya hanya bisa geleng-geleng dan berdecak ( tidak kagum ) :

" kok bisa-bisanya Kiai Imad yang merupakan anggota LBM PBNU menulis kitab yang mengatasnamakan NU tapi isinya diambil - secara diam-diam - dari situs-situs Wahhabi ? GBT ? Gak Bahaya Ta ? قَ إِ صَ ? Qo-I-Sho ? "

Saya harap ada keseriusan dari pihak PBNU khususnya LBM NU untuk meneliti lebih dalam lagi kitab karya anggotanya ini kalo perlu tarik ia dari pasaran, karena ini bukan perkara receh dan remeh, ini kasus serius, kitab ini - semenjak terbit - cukup laris di kalangan bakul kitab pesantren, Apalagi Kiai Imad sekarang sudah menjadi kiai viral dengan ribuan pendukung fanatik dan militan dari seluruh penjuru Indonesia, bagaimana jadinya jika kitab yang disusupi banyak fatwa-fatwa Wahhabi ini dikaji atau bahkan dijadikan kurikulum di pesantren-pesantren Muhibbin Kiai Imad yang notabenenya adalah pesantren-pesantren NU ? apalagi sekarang Kiai Imad sudah berfatwa untuk meninggalkan kitab-kitab karya ulama Ba’alawi, gimana jadinya kalo tanpa disadari santri-santri mereka malah “nyasar” sanad keilmuannya kepada ulama-ulama Wahhabi seperti Syaikh Bin Baz, Utsaimin dan Albani ? 

Saya sendiri tidak menuduh Kiai Imad sebagai penyusup wahhabi dalam tubuh NU, saya tetap meyakini beliau sebagai Kiai NU dan bagian dari kita warga Nahdiyyin, respek saya ketika beliau menyebut ulama kami Syaikhona Kholil Bangkalan dalam tesis versi kitabnya sebagai “ Syaikhul Masyayikh Al-Arif Billah “, respek saya ketika dulu beliau menyambut dengan baik tim kami turots Syaikhona Kholil ketika melakukan kunjungan penelitian di Banten. Hanya saja pertanyaan “liar” di kepala saya : 

“ apa tujuan Kiai Imad menyusupkan fatwa-fatwa ulama Wahhabi itu di kitab yang belio namakan sebagai kitab pemikiran NU ? Iki maksute piye ? Mbokyoho jangan namakan Al-Fikroh Annahdiyah kalo gitu, tapi Al-Fikroh Al-Imadiyah, atau Al-Fikroh Al-Googeliah, atau Al-Fikroh Al-Kopasiah “ 

Ingin rasanya saya sampaikan kepada beliau bahwa menukil sebuah maklumat tanpa mencantumkan sumber rujukannya itu adalah sebuah pengkhianatan dan penipuan ilmiah, Imam Nawawi dalam kitab Majmu’-nya bahkan mengatakan :

ومن النصيحة: أن تُضاف الفائدة التي تُستغرب إلى قائلها، فمَنْ فعل ذلك بُورك له في علمه وحاله، ومَنْ أوهم ذلك فيما يأخذه من كلام غيره أنّه له فهو جديرٌ أنْ لا ينتفع بعلمه، ولا يُبارك له في حاله، ولم يزل أهلُ العلم والفضل على إضافة الفوائد إلى قائلها، نسأل الله تعالى التوفيق لذلك دائم

“ termasuk bagian dari nasihat adalah menisbatkan suatu faidah ilmu kepada pengucapnya, barang siapa yang melakukan itu maka ilmu dan keadaannnya akan barokah, akan tetapi barang siapa yang menukil sebuah kalam dan membuat orang lain mengira itu adalah ucapannya, maka ilmunya tidak akan bermanfaat dan keadaannya tidak akan barokah, karena itu para ahli ilmu sejak dulu selalu menisbatkan suatu faidah kepada pengucapnya “ 

Hufft, dulu para ulama-ulama NU berjuang keras untuk menjauhkan masyarakat dari pemikiran-pemikiran Wahhabi, eh sekarang ada Kiai yang merasa paling NU - bahkan ngarang kitab tentang pemikiran NU, anggota LBM NU pula ! - tapi isi kitabnya malah menukil dari ulama-ulama Wahhabi.

Mari rapatkan barisan dan sama-sama jaga NU kita, seperti apa yang pernah didawuhkan oleh Syaikhina Maimoen Zubair : 

" Masio yoopo NU kuwi tinggalane poro wali, yo wajib dijogo "

(" bagaimanapun juga NU itu adalah peninggalan para wali, Ya wajib dijaga )

Sekali lagi, untuk seterusnya dan untuk sekalian kalinya, kita memang tidak harus berfikiran sama, tapi mari kita sama-sama berfikir 

 • Ismael Amin Kholil, Bangkalan, 31 Juli, 2024

Baca juga kajian ulama berikut :

Sumber FB Ustadz : Muhammad Ismael Al Kholilie

Pak Imad membantah Ulama' Syafi'iyah (soal hukum nikah via telepon) tapi pakai ibarot Ulama' Wahabi 😆 

by Ustadz : Muhammad Salim Kholili

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Kiai Imaduddin Menulis Kitab Pemikiran NU Tapi Isinya 'copas' Dari Situs-situs Wahhabi - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®