Siapa yang Dimaksud dengan Ahli Bid'ah oleh Imam Syafi'i?

Siapa yang Dimaksud dengan Ahli Bid'ah oleh Imam Syafi'i?

Siapa yang dimaksud dengan ahli bid'ah oleh Imam Syafi'i? Imam Fakhruddin al-Razi di dalam Manaqib Imam Syafi'i menjelaskan bahwa yang disebut sebagai ahli bid'ah oleh Imam Syafi'i adalah: 

1. Kelompok Mu'tazilah;

2. Kelompok Syi'ah Rafidhah; dan

3. Kelompok Musyabbihah (kelompok yang menyerupakan Allah dengan makhluk). 

Selanjutnya, Imam al-Razi menjelaskan bahwa ada sebagian kalangan ahli hadits yang terjebak ke dalam pemahaman musyabbihah. Mereka berlebihan di dalam meng-itsbat sifat Allah sehingga pada akhirnya terbangun pemahaman bahwa Allah mempunyai anggota tubuh dan Allah turun dari langit seperti turunnya manusia dari tempat yang tinggi. 

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Imam Fakhruddin al-Rāzi di atas, dapat dipahami bahwa ada perbedaan makna ahlul bid'ah yang dipahami oleh Imam Syafi'i, dengan ahlul bid'ah yang dipahami orang-orang yang mengaku-ngaku pemahaman aqidahnya sama dengan Imam Syafi'i. 

Sumber FB Ustadz : Abdi Djohan

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Siapa yang Dimaksud dengan Ahli Bid'ah oleh Imam Syafi'i? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®