๐๐จ๐๐จ๐ ๐๐๐ฅ๐ช๐จ๐๐๐จ ๐๐ ๐๐๐ ๐๐ฅ ๐ ๐๐ก๐๐
๐๐ถ๐ฅ๐ช๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฌ๐ช๐ณ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ถ๐ด๐ต๐ข๐ฅ๐ป ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ธ๐ข๐ฃ, ๐ข๐ฑ๐ข ๐ฉ๐ถ๐ฌ๐ถ๐ฎ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ธ๐ถ๐ฅ๐ฉ๐ถ ๐ฅ๐ช ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ข๐ณ ๐ฎ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ช ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ช ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฏ๐บ๐ข ๐ข๐ฅ๐ข ๐ค๐ญ๐ฐ๐ด๐ฆ๐ฅ ๐ฏ๐บ๐ข ?
๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ป
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Secara asal wudhunya seseorang di kamar mandi yang ada closednya atau dalam pengertian kamar mandi yang digunakan untuk buang hajat sehingga bisa disebut toilet atau WC, hukum nya boleh menurut mayoritas ulama.
Adapun adanya larangan atau kemakruhan lebih kepada larangan membaca lafadz-lafadz mulia atau membawa tulisan yang mengandung dzikrullah, ayat al Quran dan yang semisalnya.
Karena ketika berwudhu ada beberapa lafadz doa yang harus dibaca, dan itu yang menjadi masalah. Disebutkan dalam al Mausu’ah :
ููุฑู ุงูุฏุฎูู ุฅูู ุงูุฎูุงุก ุจุดูุก ููู ุฐูุฑ ุงููู ุชุนุงูู ูู ุง ูุฑุฏ ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู : ูุงู ุฅุฐุง ุฏุฎู ุงูุฎูุงุก ูุถุน ุฎุงุชู ู
“๐๐ช๐ฎ๐ข๐ฌ๐ณ๐ถ๐ฉ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ธ๐ข ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐ฌ๐ฆ ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ข๐ณ ๐ฎ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ช ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ถ๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ฆ๐ฏ๐บ๐ฆ๐ฃ๐ถ๐ต๐ข๐ฏ ๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ต๐ข’๐ข๐ญ๐ข. ๐๐ฆ๐ณ๐ฅ๐ข๐ด๐ข๐ณ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ข๐ฅ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ณ๐ช๐ธ๐ข๐บ๐ข๐ต ๐ฃ๐ข๐ฉ๐ธ๐ข ๐๐ข๐ฃ๐ช ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ’๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ด๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฌ๐ฆ๐ต๐ช๐ฌ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฌ๐ฆ ๐ต๐ฐ๐ช๐ญ๐ฆ๐ต ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ค๐ฐ๐ฑ๐ฐ๐ต ๐ต๐ฆ๐ณ๐ญ๐ฆ๐ฃ๐ช๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ฉ๐ถ๐ญ๐ถ ๐ค๐ช๐ฏ๐ค๐ช๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข.”[1]
Sehingga dari sini ketika seseorang berwudhu di toilet, hendaknya dia tidak membaca doa-doa wudhu, atau cukup melafadzkannya di dalam hati. Atau ia bisa membaca doanya setelah selesainya di luar kamar mandi.
Berkata al imam Ibnu Abidin al Hanafi rahimahullah :
ููู ุชูุถุฃ ูู ุงูุฎูุงุก ูุนุฐุฑ ูู ูุฃุชู ุจุงูุจุณู ูุฉ ููุญููุง ู ู ุฃุฏุนูุชู ู ุฑุงุนุงุฉ ูุณูุฉ ุงููุถูุก ุฃู ูุชุฑููุง ู ุฑุงุนุงุฉ ููู ุญู؟ ูุงูุฐู ูุธูุฑ ุงูุซุงูู ูุชุตุฑูุญูู ุจุชูุฏูู ุงูููู ุนูู ุงูุฃู ุฑ
“๐๐ข๐ญ๐ข๐ถ ๐ด๐ฆ๐ฎ๐ช๐ด๐ข๐ญ ๐ข๐ฅ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ธ๐ถ๐ฅ๐ฉ๐ถ ๐ฅ๐ช ๐ต๐ฐ๐ช๐ญ๐ฆ๐ต ๐ฌ๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ข๐ฅ๐ข ๐ด๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐ด๐ฆ๐ฃ๐ข๐ฃ ๐ข๐ฑ๐ข๐ฌ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข ๐ฃ๐ข๐ด๐ฎ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ซ๐ถ๐จ๐ข ๐ฅ๐ฐ๐ข-๐ฅ๐ฐ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ญ๐ข๐ช๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ช๐ด๐ถ๐ฏ๐ฏ๐ข๐ฉ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ช๐ฃ๐ข๐ค๐ข ๐ฌ๐ฆ๐ต๐ช๐ฌ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ธ๐ถ๐ฅ๐ฉ๐ถ ๐ข๐ต๐ข๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ช๐ฏ๐จ๐จ๐ข๐ญ๐ฌ๐ข๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข ๐ด๐ข๐ซ๐ข ? ๐๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฑ๐ข๐ต ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ถ๐ข๐ต ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ฆ๐ฅ๐ถ๐ข, ๐ฌ๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ซ๐ฆ๐ญ๐ข๐ด๐ฏ๐บ๐ข ๐ฌ๐ข๐ช๐ฅ๐ข๐ฉ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฉ๐ถ๐ญ๐ถ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ญ๐ข๐ณ๐ข๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ช๐ต๐ถ ๐ฅ๐ช๐ฅ๐ข๐ฉ๐ถ๐ญ๐ถ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ณ๐ช ๐ฎ๐ฆ๐ญ๐ข๐ฌ๐ด๐ข๐ฏ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฏ๐ต๐ข๐ฉ.”[2]
Al imam Ramli asy Syafi’i rahimahullah berkata :
ูู ุชูุถุฃ ุฃู ุงุบุชุณู ูู ุงูุญู ุงู ูุฑู ูู ุฃุฏุนูุฉ ุงููุถูุก
“๐๐ฆ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ข๐ช๐ฏ๐บ๐ข ๐ด๐ฆ๐ด๐ฆ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ช ๐ข๐ต๐ข๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ธ๐ถ๐ฅ๐ฉ๐ถ ๐ฅ๐ช ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ข๐ณ ๐ฎ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ช, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ฅ๐ช๐ฎ๐ข๐ฌ๐ณ๐ถ๐ฉ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฃ๐ข๐จ๐ช๐ฏ๐บ๐ข ๐ถ๐ฏ๐ต๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข ๐ฅ๐ฐ๐ข-๐ฅ๐ฐ๐ข ๐ธ๐ถ๐ฅ๐ฉ๐ถ.”[3]
Dan pendapat yang kurang lebih sama juga dinyatakan oleh ulama-ulama dari madzhab Malikiyyah dan juga Hanabilah. Hanya kalangan Malikiyyah memakruhkan secara mutlak melafadzkan doa di kamar mandi meskipun itu dibaca di dalam hati, sedangkan Hanabilah tidak memakruhkannya.[4]
๐๐ฒ๐๐ถ๐บ๐ฝ๐๐น๐ฎ๐ป
Berwudhu di kamar mandi atau di toilet boleh dan sah, namun makruh hukumnya melafadzkan doa-doanya.
๐Wallahu a’lam.
___________
[1] Al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah (34/20)
[2] Hasiyah Ibnu Abidin (1/344)
[3] Nihayatul Muhtaj (1/533)
[4] Ad Dar ats Tsamin hal. 164, Syarh az Zarqani (1/126), al Mughni (1/166)
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq