Apa Yang Diamalkan Saat Wukuf Arafah?

Apa Yang Diamalkan Saat Wukuf Arafah?

Apa Yang Diamalkan Saat Wukuf Arafah?

Kita simak dulu hadis-hadis seputar keutamaan Arafah. 

1. Berdoa

ﺧﻴﺮ اﻟﺪﻋﺎء ﻳﻮﻡ ﻋﺮﻓﺔ ﻭﺧﻴﺮ ﻣﺎ ﻗﻠﺖ ﺃﻧﺎ ﻭاﻟﻨﺒﻴﻮﻥ ﻣﻦ ﻗﺒﻠﻲ: ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ اﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ ﻟﻪ اﻟﻤﻠﻚ ﻭﻟﻪ اﻟﺤﻤﺪ ﻭﻫﻮ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺷﻲء ﻗﺪﻳﺮ

(ﺗ) ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ.

Hadis: "Sebaik doa adalah di hari Arafah. Sebaik perkataan adalah apa yang aku baca dan dibaca para Nabi, yaitu Laa ilaha illa Allah wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ala kulli syaiin qadir (HR Tirmidzi dari Ibnu Amr)

2. Mendoakan Orang Lain

Dalam hadis Qudsi dari beberapa jalur, Allah berfirman:

ﺃﻓﻴﻀﻮا ﻋﺒﺎﺩﻱ ﻣﻐﻔﻮﺭا ﻟﻜﻢ ﻭﻟﻤﻦ ﺷﻔﻌﺘﻢ ﻟﻪ. "ﻛﺮ ﻋﻦ ﺃﻧﺲ".

"Menyebarlah kalian semua, wahai hamba-hamba Ku, kalian diampuni dan orang yang kalian doakan" (HR Ibnu Asakir dari Anas)

3. Pembebasan Dari Neraka

(ما من يوم أفضل عند الله من يوم عرفة، ينـزل الله تعالى إلى سماء الدنيا، فيباهي بأهل الأرض أهل السماء، فيقول: انظروا إلى عبادي، جاؤوني شعثا غبرا ضاجين، جاؤوا من كل فج عميق، يرجون رحمتي، ولم يروا عقابي، فلم ير يوما أكثر عتقا من النار، من يوم عرفة)

Hadis: "Tidak ada hari lebih utama dibanding hari Arafah. Allah (Rahmatnya) turun ke langit paling bawah dan Ia membanggakan mereka kepada penduduk langit, Allah berfirman "Lihatlah hamba-hambaKu, mereka datang kepada dengan rambut acak acakan, wajah berdebu dan menjerit. Mereka datang dari berbagai penjuru mengharap rahmat Ku padahal mereka tidak melihat siksaan Ku. Tidak ada hari yang lebih banyak dibebaskan dari neraka dibanding hari Arafah (HR Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaimah, Thabrani dan Baihaqi)

Selain doa, zikir, takbiran setelah salat, mendengar khutbah Arafah dan amalan lain. Intinya sibukkan dengan kebaikan dan hindari hal-hal yang terlarang.

¤ Doa di gambar adalah riwayat Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya dikirim oleh Gus Achmad Shampton Masduqie 

Sumber FB Ustadz : Ma'ruf Khozin

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Apa Yang Diamalkan Saat Wukuf Arafah? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®