𝗡𝗔𝗦𝗜𝗕 𝗞𝗘𝗗𝗨𝗔 𝗢𝗥𝗔𝗡𝗚 𝗧𝗨𝗔 𝗡𝗔𝗕𝗜 𝗯𝗮𝗴𝗶𝗮𝗻 𝗜𝗜𝗜
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
𝗡𝗮𝘀𝗶𝗯 𝗔𝗵𝗹𝘂 𝗙𝗮𝘁𝗿𝗮𝗵
Telah kita bahas di tulisan sebelumnya bahwa tentang bagaimana kelak nasib ahli fatrah itu di akhirat, secara umum ada tiga kelompok pendapat ulama. Yang pertama yang menyatakan bahwa mereka akan selamat dan dimasukkan ke syurga, yang kedua mereka dimasukkan ke dalam neraka bersama orang-orang kafir dan yang ketiga mereka akan diuji terlebih dahulu untuk ditentukan surga atau nerakanya.[1]
Untuk kelompok pertama telah kita sebutkan kalangan yang menyatakannya, berikut dalil-dalil yang digunakan untuk menguatkan pendapat mereka. Maka di bagian ketiga dari tulisan ini kita akan menyebutkan kelompok selanjutnya yakni yang kedua dan ketiga.
𝟮. 𝗔𝗵𝗹𝗶 𝗙𝗮𝘁𝗿𝗮𝗵 𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗶𝘀𝗶𝗸𝘀𝗮 𝗱𝗶 𝗻𝗲𝗿𝗮𝗸𝗮
Menurut kelompok ini ahli fatrah adalah termasuk mukallaf dan akan disiksa dengan sebab kekafiran mereka meskipun tidak datang utusan Allah kepada mereka, karena menurut mereka seharusnya ahlu fatrah menggunakan akal-akal mereka untuk membedakan yang hak dan yang batil. Meksipun mereka tidak mengetahui risalah, tapi paling tidak mereka tidak akan menyembah patung dan berhala lainnya.
Pendapat kedua ini dinisbahkan kepada kalangan mu’tazilah dan sebagian maturidiyah dari madzhab aqidah.[2]
Adapun dalil-dalil yang digunakan adalah sebagai berikut ini :
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗽𝗲𝗿𝘁𝗮𝗺𝗮
وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ حَتَّى إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ إِنِّي تُبْتُ الْآنَ وَلَا الَّذِينَ يَمُوتُونَ وَهُمْ كُفَّارٌ أُولَئِكَ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا
“𝘋𝘢𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬𝘭𝘢𝘩 𝘵𝘢𝘶𝘣𝘢𝘵 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘪𝘵𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘦𝘳𝘫𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘫𝘢𝘩𝘢𝘵𝘢𝘯 (𝘺𝘢𝘯𝘨) 𝘩𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢 𝘢𝘱𝘢𝘣𝘪𝘭𝘢 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘢𝘫𝘢𝘭 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪 𝘢𝘯𝘵𝘢𝘳𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢, (𝘣𝘢𝘳𝘶𝘭𝘢𝘩) 𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯: "𝘚𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘢𝘺𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘵𝘢𝘶𝘣𝘢𝘵 𝘴𝘦𝘬𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨". 𝘋𝘢𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 (𝘱𝘶𝘭𝘢 𝘥𝘪𝘵𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢 𝘵𝘢𝘶𝘣𝘢𝘵) 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘢𝘵𝘪 𝘴𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘥𝘪 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘦𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳𝘢𝘯. 𝘉𝘢𝘨𝘪 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘒𝘢𝘮𝘪 𝘴𝘦𝘥𝘪𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘪𝘬𝘴𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘦𝘥𝘪𝘩.” (QS.An Nisa: 18)
Sisi pendalilannya : Siapapun yang mati dalam keadaan kafir, maka ia akan disiksa baik sebelumnya telah diberikan peringatan atau kah tidak. Ahlu fatrah akan turut dimasukkan ke neraka karena mereka termasuk orang ke dalam golongan orang-orang yang kufur kepada Allah.
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗸𝗲𝗱𝘂𝗮
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْ أَحَدِهِمْ مِلْءُ الْأَرْضِ ذَهَبًا وَلَوِ افْتَدَى بِهِ أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ وَمَا لَهُمْ مِنْ نَاصِرِين
“𝘚𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘢𝘵𝘪 𝘴𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘵𝘦𝘵𝘢𝘱 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘦𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬𝘭𝘢𝘩 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘵𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘦𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘢𝘯𝘵𝘢𝘳𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘦𝘮𝘢𝘴 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘯𝘶𝘩 𝘣𝘶𝘮𝘪, 𝘸𝘢𝘭𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘥𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘣𝘶𝘴 𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘦𝘮𝘢𝘴 (𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬) 𝘪𝘵𝘶. 𝘉𝘢𝘨𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘪𝘵𝘶𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘪𝘬𝘴𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘦𝘥𝘪𝘩 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘬𝘢𝘭𝘪-𝘬𝘢𝘭𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘱𝘦𝘯𝘰𝘭𝘰𝘯𝘨.” (QS. Ali Imran : 91)
Sisi pendalilannya : Orang-orang kafir itu disiksa karena keadaan kekafiran mereka, maka ahlu fatrah yang juga kafir kepada Allah sudah seharusnya disiksa pula dengan sebab kekafirannya.
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗸𝗲𝘁𝗶𝗴𝗮
إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ
“𝘚𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯𝘪 𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘴𝘺𝘪𝘳𝘪𝘬, 𝘥𝘢𝘯 𝘋𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯𝘪 𝘴𝘦𝘨𝘢𝘭𝘢 𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘪𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 (𝘴𝘺𝘪𝘳𝘪𝘬) 𝘪𝘵𝘶, 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘴𝘪𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘬𝘦𝘩𝘦𝘯𝘥𝘢𝘬𝘪-𝘕𝘺𝘢. 𝘉𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨𝘴𝘪𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘴𝘦𝘬𝘶𝘵𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩 𝘪𝘢 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵 𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘴𝘢𝘳.” (QS. An Nisa 48)
Sisi pendalilannya : Ayat ini tegas menyatakan bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa orang-orang musyrik yang mati dengan kesyirikannya. Maka ahlu fatrah yang juga mati dengan menyekutukan Allah akan turut diadzab bersama orang-orang musyrik lainnya.
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗸𝗲𝗲𝗺𝗽𝗮𝘁
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ لَعْنَةُ اللَّهِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ
“𝘚𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘮𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘦𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳, 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘭𝘢𝘬𝘯𝘢𝘵 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩, 𝘱𝘢𝘳𝘢 𝘮𝘢𝘭𝘢𝘪𝘬𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘯𝘶𝘴𝘪𝘢 𝘴𝘦𝘭𝘶𝘳𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢.” (QS. Al-Baqarah: 161)
Sisi pendalilannya : Sesungguhnya orang-orang kafir yang mati dengan membawa kekafirannya akan dilaknat dan diadzab oleh Allah, maka demikian pula ahli fatrah yang mati dengan membawa kekafirannya.
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗸𝗲𝗹𝗶𝗺𝗮
اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لِأُمِّي فَلَمْ يَأْذَنْ لِي، وَاسْتَأْذَنْتُهُ أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا، فَأَذِنَ لِ
“𝘈𝘬𝘶 𝘮𝘦𝘮𝘰𝘩𝘰𝘯 𝘪𝘻𝘪𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘙𝘢𝘣𝘣-𝘬𝘶 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘪𝘣𝘶𝘬𝘶, 𝘯𝘢𝘮𝘶𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘱𝘦𝘳𝘬𝘦𝘯𝘢𝘯𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘭𝘦𝘩-𝘕𝘺𝘢, 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶 𝘱𝘶𝘯 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢 𝘪𝘻𝘪𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘻𝘪𝘢𝘳𝘢𝘩𝘪 𝘬𝘶𝘣𝘶𝘳𝘯𝘺𝘢 𝘭𝘢𝘭𝘶 𝘥𝘪𝘱𝘦𝘳𝘬𝘦𝘯𝘢𝘯𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘭𝘦𝘩-𝘕𝘺𝘢.” (HR. Muslim)
Sisi pendalilan : Ibunda Nabi adalah termasuk ahlu fatrah, meskipun demikian ketika ia mati dengan membawa kesyirikan, Allah melarang NabiNya untuk memohonkan ampun untuknya.
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗸𝗲𝗲𝗻𝗮𝗺
عَنْ أَنَسٍ؛ أَنَّ رَجُلًا قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ! أَيْنَ أَبِي؟ قَالَ "فِي النَّارِ" فَلَمَّا قَفَّى دَعَاهُ فَقَالَ "إِنَّ أَبِي وَأَبَاكَ فِي النار
"𝘋𝘢𝘳𝘪 𝘈𝘯𝘢𝘴 𝘢𝘥𝘢 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘢𝘬𝘪-𝘭𝘢𝘬𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘵𝘢𝘯𝘺𝘢 : “𝘞𝘢𝘩𝘢𝘪 𝘙𝘢𝘴𝘶𝘭𝘶𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘥𝘪 𝘮𝘢𝘯𝘢𝘬𝘢𝘩 𝘣𝘢𝘱𝘢𝘬𝘬𝘶 ? 𝘉𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 : “𝘋𝘪 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢.” 𝘔𝘢𝘯𝘢 𝘬𝘢𝘭𝘢 𝘭𝘢𝘬𝘪-𝘭𝘢𝘬𝘪 𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘱𝘢𝘭𝘪𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘯𝘨𝘨𝘪𝘭𝘯𝘺𝘢 𝘭𝘢𝘭𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘣𝘥𝘢 “𝘚𝘦𝘴𝘶𝘯𝘯𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘣𝘢𝘱𝘢𝘬𝘬𝘶 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘱𝘢𝘬𝘮𝘶 𝘥𝘪 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢.” (HR. Muslim)
Sisi pendalilan : Jelas disebutkan di sini bahwa orang tua nabi dan orang tua para sahabat mereka adalah ahlu fatrah, tetapi meskipun demikian mereka tetap dimasukkan ke neraka dengan sebab kesyirikan mereka.
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗸𝗲𝘁𝘂𝗷𝘂𝗵
Dalil akal. Karena akal telah dijadikan hujjah oleh Ibrahim untuk menunjukkan keberadaan Allah baik kepada kaumnya maupun kepada orang tuanya. Sebagaimana yang disebutkan dalam surah al An’am ayat 74 dan ayat 78 hingga seterusnya. Lalu Allah menegaskan dengan firmanNYa :
وَقَالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحَابِ السَّعِيرِ
“𝘋𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 (𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳) 𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢 : 𝘚𝘦𝘢𝘯𝘥𝘢𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘥𝘢𝘩𝘶𝘭𝘶 𝘮𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘨𝘶𝘯𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘳𝘢𝘯 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘢𝘬𝘢𝘭 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘯𝘪𝘴𝘤𝘢𝘺𝘢 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘥𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘶𝘥𝘶𝘬 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢 𝘪𝘯𝘪.” (QS. Al Mulk : 10)
𝟯. 𝗔𝗵𝗹𝗶 𝗙𝗮𝘁𝗿𝗮𝗵 𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗶𝘂𝗷𝗶 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗺𝗲𝗻𝗲𝗻𝘁𝘂𝗸𝗮𝗻 𝗻𝗮𝘀𝗶𝗯 𝗺𝗲𝗿𝗲𝗸𝗮
Menurut kelompok yang memegang pendapat ketiga ini, ahlu fatrah akan diuji pada hari kiamat. Yakni mereka oleh Allah ta’ala akan diperintahkan untuk memasuki kobaran api, jika mereka mematuhi Allah maka mereka akan diampuni, namun jika tidak, mereka justru akan dimasukkan ke dalam neraka karena kedurhakaan tidak mau mematuhi perintahNya.
Pendapat ini masyhur dipegang oleh beberapa ulama klasik dari generasi tabi’in, juga menurut satu riwayat ini yang diikuti oleh Abu Hasan al Asy’ari dan beberapa ulama yang mengikuti madzhabnya seperti Ibnu Hajar al Asqalani.[3]
Pendapat ini juga yang dipilih oleh Ibnu Taimiyah, Ibnu Hazm dan al imam Ibnu Katsir rahimahulullah jami’an.[4]
Dalil yang digunakan oleh mereka yang memegang pendapat ini adalah :
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗽𝗲𝗿𝘁𝗮𝗺𝗮
Dari Aswad bin Syari’, Rasulullah ﷺ bersabda :
أربعة (يحتجون) يوم القيامة رجل أصم لا يسمع شيئاً ورجل أحمق ورجل هرم ورجل مات في فترة، فأما الأصم فيقول رب لقد جاء الإسلام وما أسمع شيئاً، وأما الأحمق فيقول رب لقد جاء الإسلام والصبيان يحذفوني بالبعر، وأما الهرم فيقول رب لقد جاء الإسلام وما أعقل شيئاً، وأما الذي مات في الفترة فيقول رب ما أتاني لك رسول فيأخذ مواثيقهم ليطيعنه فيرسل إليهم أن أدخلوا النار، قال: فوالذي نفس محمد بيده لو دخلوها لكانت عليهم بردا وسلاما. ومن لم يدخلها سحب إليها
“𝘌𝘮𝘱𝘢𝘵 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘩𝘶𝘫𝘫𝘢𝘩 𝘥𝘪 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘪𝘢𝘮𝘢𝘵, 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘭𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘳 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘱𝘶𝘯, 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘥𝘪𝘰𝘵, 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘱𝘪𝘬𝘶𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘪 𝘮𝘢𝘴𝘢 𝘧𝘢𝘵𝘳𝘢𝘩. 𝘈𝘥𝘢𝘱𝘶𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘭𝘪 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢, “𝘠𝘢 𝘙𝘢𝘣𝘣, 𝘐𝘴𝘭𝘢𝘮 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘳 𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘢𝘱𝘢𝘱𝘶𝘯”. 𝘖𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘥𝘪𝘰𝘵 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢, “𝘠𝘢 𝘙𝘢𝘣𝘣, 𝘐𝘴𝘭𝘢𝘮 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘣𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢𝘭”. 𝘖𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘱𝘪𝘬𝘶𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢, “𝘐𝘴𝘭𝘢𝘮 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘯𝘢𝘬-𝘢𝘯𝘢𝘬 𝘬𝘦𝘤𝘪𝘭 𝘮𝘦𝘭𝘦𝘮𝘱𝘢𝘳𝘪𝘬𝘶 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘬𝘰𝘵𝘰𝘳𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘢.”
𝘖𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘮𝘢𝘴𝘢 𝘧𝘢𝘵𝘳𝘢𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢, “𝘠𝘢 𝘙𝘢𝘣𝘣 𝘣𝘦𝘭𝘶𝘮𝘭𝘢𝘩 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘬𝘶 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘳𝘢𝘴𝘶𝘭.” 𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘮𝘣𝘪𝘭 𝘱𝘦𝘳𝘫𝘢𝘯𝘫𝘪𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘢𝘨𝘢𝘳 𝘥𝘪𝘵𝘢𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘶𝘵𝘶𝘴 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘳𝘢𝘴𝘶𝘭 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢, 𝘢𝘨𝘢𝘳 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘬𝘦 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢. 𝘚𝘪𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘢𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘶 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘥𝘪 𝘥𝘪𝘯𝘨𝘪𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢. 𝘉𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨𝘴𝘪𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘦𝘯𝘨𝘨𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘵𝘢𝘢𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘫𝘦𝘳𝘶𝘮𝘶𝘴𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮𝘯𝘺𝘢.” (HR. Ahmad)[5]
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗸𝗲𝗱𝘂𝗮
Dari Anas bin, Malik Rasulullah ﷺ bersabda :
يؤتى بأربعة يوم القيامة، بالمولود وبالمعتوه وبمن مات في الفترة وبالشيخ الفاني، كلهم يتكلم بحجته، فيقول الرب تبارك وتعالى لعنق من النار ابرزي، فيقول لهم: إني كنت أبعث إلى عبادي رسلًا من أنفسهم وإني رسول نفسي إليكم، قال: ويقول لهم ادخلوا هذه، ويقول من كتب عليه الشقاء: أنى ندخلها ومنها كنا نفر؟! فيقول الله: فأنتم لرسلي أشد تكذيبًا. قال: وأما من كتب عليه السعادة فيمضي فيقتحم فيها، فيدخل هؤلاء الجنة وهؤلاء إلى النار
“𝘈𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘦𝘮𝘱𝘢𝘵 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘪𝘢𝘮𝘢𝘵: 𝘣𝘢𝘺𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘢𝘳𝘶 𝘭𝘢𝘩𝘪𝘳, 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘢𝘬𝘪𝘵 𝘫𝘪𝘸𝘢, 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢𝘭 𝘥𝘪 𝘮𝘢𝘴𝘢 𝘧𝘢𝘵𝘳𝘢𝘩, 𝘥𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘵𝘶𝘢, 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘪𝘤𝘢𝘳𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘴𝘢𝘬𝘴𝘪𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘢𝘴𝘪𝘯𝘨-𝘮𝘢𝘴𝘪𝘯𝘨. 𝘋𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘧𝘪𝘳𝘮𝘢𝘯 𝘙𝘢𝘣𝘣 𝘵𝘢𝘣𝘢𝘳𝘢𝘬𝘢 𝘸𝘢𝘵𝘢’𝘢𝘭𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘣𝘢𝘴𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘱𝘪 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢. 𝘔𝘶𝘯𝘤𝘶𝘭𝘭𝘢𝘩.
𝘒𝘦𝘮𝘶𝘥𝘪𝘢𝘯 𝘋𝘪𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 : ‘𝘚𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘈𝘬𝘶 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘪𝘳𝘪𝘮 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘮𝘣𝘢-𝘩𝘢𝘮𝘣𝘢-𝘒𝘶 𝘶𝘵𝘶𝘴𝘢𝘯-𝘶𝘵𝘶𝘴𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘴𝘦𝘯𝘥𝘪𝘳𝘪, 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶 𝘴𝘦𝘯𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘶𝘵𝘶𝘴𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘢𝘮𝘶, “𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘦 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘢𝘱𝘪 𝘪𝘯𝘪.
𝘋𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘵𝘢𝘬𝘥𝘪𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘯𝘨𝘴𝘢𝘳𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘫a𝘸𝘢𝘣 : ‘𝘉𝘢𝘨𝘢𝘪𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘶𝘴𝘢𝘩𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘪𝘯𝘥𝘢𝘳 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘱𝘪 ?! 𝘒𝘦𝘮𝘶𝘥𝘪𝘢𝘯 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘧𝘪𝘳𝘮𝘢𝘯 : ‘𝘖𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘬𝘢𝘭𝘪𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘶 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘪𝘯𝘨𝘬𝘢𝘳 𝘵𝘦𝘳𝘩𝘢𝘥𝘢𝘱 𝘙𝘢𝘴𝘶𝘭-𝘒𝘶.
𝘉𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶 ﷺ 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘣𝘥𝘢: ‘𝘈𝘥𝘢𝘱𝘶𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘵𝘢𝘬𝘥𝘪𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘣𝘢𝘩𝘢𝘨𝘪𝘢𝘢𝘯, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘥𝘪𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘨𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬𝘪𝘯𝘺𝘢, 𝘭𝘢𝘭𝘶 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘴𝘶𝘳𝘨𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘵𝘶 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢.” (HR. Bazzar dan Abu Ya’la)[6]
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗸𝗲𝘁𝗶𝗴𝗮
Dari Abu Sa’id al Khudri, Rasulullah ﷺ bersabda :
يؤتى بالهالك في الفترة والمعتوه والمولود، فيقول الهالك في الفترة: لم يأتني كتاب ولا رسول، ويقول المعتوه: أي رب، لم تجعل لي عقلًا أعقل به خيرًا ولا شرًا، ويقول المولود: لم أدرك العمل قال: فيرفع لهم النار فيقال، رِدوها، أو قال: ادخلوها. فيدخلها من كان في علم الله سعيدًا أن لو أدرك العمل، قال: ويمسك عنها من كان في علم الله شقيًا أن لو أدرك العمل، فيقول الله تبارك وتعالى: "إياي عصيتم، فكيف برسلي بالغيب؟
“𝘖𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘪𝘯𝘢𝘴𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘮𝘢𝘴𝘢 𝘪𝘵𝘶, 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘨𝘪𝘭𝘢, 𝘣𝘢𝘺𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘢𝘳𝘶 𝘭𝘢𝘩𝘪𝘳, 𝘥𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘪𝘯𝘢𝘴𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘮𝘢𝘴𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢: 𝘛𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘪𝘵𝘢𝘣 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘳𝘢𝘴𝘶𝘭 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘬𝘶, 𝘥𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘶𝘯𝘨𝘶 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢: 𝘠𝘢 𝘛𝘶𝘩𝘢𝘯, 𝘌𝘯𝘨𝘬𝘢𝘶 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘶 𝘱𝘪𝘬𝘪𝘳𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘥𝘪𝘨𝘶𝘯𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘩𝘢𝘮𝘪 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘣𝘶𝘳𝘶𝘬, 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘺𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘢𝘳𝘶 𝘭𝘢𝘩𝘪𝘳 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢: 𝘚𝘢𝘺𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘱𝘦𝘬𝘦𝘳𝘫𝘢𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶.
𝘒𝘦𝘮𝘶𝘥𝘪𝘢𝘯 𝘕𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘣𝘢𝘯𝘨𝘬𝘪𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘬𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯: 𝘉𝘶𝘢𝘯𝘨𝘭𝘢𝘩, 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘋𝘪𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢: 𝘔𝘢𝘴𝘶𝘬𝘭𝘢𝘩. 𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘣𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨𝘴𝘪𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘢𝘥𝘢 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘪𝘭𝘮𝘶 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘢𝘩𝘢𝘨𝘪𝘢 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘤𝘢𝘱𝘢𝘪 𝘱𝘦𝘬𝘦𝘳𝘫𝘢𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵. 𝘉𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘣𝘥𝘢: 𝘋𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘢𝘥𝘢 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘢𝘯 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘯𝘨𝘴𝘢𝘳𝘢 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘤𝘢𝘱𝘢𝘪 𝘱𝘦𝘬𝘦𝘳𝘫𝘢𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘪𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘶𝘩𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢: “𝘌𝘯𝘨𝘬𝘢𝘶 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢𝘪 𝘈𝘬𝘶, 𝘭𝘢𝘭𝘶 𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘳𝘢 𝘙𝘢𝘴𝘶𝘭-𝘒𝘶 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘢𝘥𝘢 𝘥𝘪 𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘨𝘩𝘢𝘪𝘣?” (HR. Bazzar)
𝗦𝘁𝗮𝘁𝘂𝘀 𝗽𝗲𝗻𝗱𝘂𝗱𝘂𝗸 𝗠𝗮𝗸𝗸𝗮𝗵 𝘀𝗲𝗯𝗲𝗹𝘂𝗺 𝗕𝗶’𝘁𝘀𝗮𝗵
Setelah kita mengetahui pendapat para ulama tentang keadaan ahlu fatrah nanti di akhirat, pertanyaan selanjutnya adalah apakah penduduk Makkah yang meninggal sebelum diutusnya Rasulullah ﷺ termasuk dalam hal ini, orang tua Nabi itu termasuk ahli Fatrah ? Dan apakah keadaan mereka pada saat itu semua dalam keadaan musyrik ?
Insyaallah kita akan bahas di bagian ke IV...
•┈┈•••○○❁AST❁○○•••┈┈•
[1] Ahlu Fatrah wa man fi Hukmihim hal. 71
[2] Jam’ul Jawami’ (1/62)
[3] Tabaqat asy Syafi’iyah (3/347), Fath al Bari (3/445)
[4] Tafsir Ibnu Katsir (3/35), Al AFash fi al Milal (4/74)
[5] Hadits ini juga diriwayatkan oleh al imam Thabrani dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, dan al Haitsami mengatakan dalam Majmnu’ Az Zawaid (7/216) rijal hadits ini semuanya shahih.
[6] Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid (7/216) mengatakan bahwa semua rawi hadits ini shahih kecuali seorang rawi yang bernama Laits bin Abi Salim yang tertuduh sering melakukan tadlis.
Baca juga Serial Bahasan Nasib Orang Tua Nabi :
- Bagaimana Nasib Kedua Orang Tua Nabi? (I)
- Bagaimana Nasib Kedua Orang Tua Nabi? (II)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (III)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (IV)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (V)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (VI)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (VII)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (VIII)
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq