Nisbat Wahabiyah ke Abdul Wahab bin Rustam

Nisbat Wahabiyah ke Abdul Wahab bin Rustam

Nisbat Wahabiyah ke Abdul Wahab bin Rustam

Ada hiburan menarik yang disuguhkan sebuah website wahabi besar sebagaimana di SS. Saya rasa perlu lah ini dimunculkan supaya anda juga terhibur.

Sebagaimana maklum bahwa nama "Wahabiyah" adalah gerakan yang dinisbatkan pada Muhammad bin Abdil Wahhab. Buktinya banyak, termasuk dari sumber otentik milik wahabi sendiri. Namun dalam rangka menyembunyikan sejarah, kawan-kawan wahabi banyak yang mengecoh orang yang minim literasi bahwa nama "wahabi" adalah nisbat ke  Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustam. 

Dalam SS yang saya garis merah, dinyatakan bahwa nama Wahabiyah tidak bisa sama sekali dinisbatkan ke Muhammad bin Abdil Wahhab sebab namanya sendiri adalah Muhammad. Jadi intinya nama gerakan tidak boleh nisbat ke bapaknya, harus ke orangnya langsung. Bagi mereka, harusnya gerakannya disebut Muhammadiyah, bukan Wahabiyah. Inilah yang ditanamkan ke orang awam mereka.

Tapi, baru beberapa baris setelahnya yang saya garis orange,  penulis yang sama menukil dan membenarkan bahwa gerakan Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustam disebut Rustamiyah sebab dinisbatkan ke kakeknya itu (di website disebut bapaknya, itu salah, yang benar adalah kakeknya). Malah di sana gerakan itu juga disebut sebagai Wahbiyah dengan nisbat ke pendiri gerakan yang bernama Abdullah bin Wahb. 

Nah kan, baru beberapa baris saja sudah lupa ke tulisannya sendiri yang menyalahkan adanya nisbat ke bapak. Hahahaha... 

NB: Yang benar, nama Wahabi hanya dikenal sebagai gerakannya Ibnu Abdil Wahhab an-Najdi yang menjadi teroris berbaju agama di wilayah hijaz. Sedangkan gerakan Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustam dikenal dengan nama Rustamiyah dan Wahbiyah.

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahab Ahmad

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Nisbat Wahabiyah ke Abdul Wahab bin Rustam - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®