Maqam Berkubah?

Maqam Berkubah?

Maqam Berkubah ?

Dahulu Melihat Maqam berkubah itu sudah biasa, karena banyak sekali makam-makam mulia yang berkubah, termasuk Maqam Nabi kita Muhammad SHallallah 'Alaihi Wasallam. yang dikenal dengan Qubbatul Khodro' (kubah hijau). 

1. Qubbah Sayyidina Abbas bin Abdul Mutholib, Sayyidina Hasan bin 'Ali, Sayyidina Ali Zainul Abidin bin Ali, Sayyidina Muhammad Baghir, Sayyidina Ja'far Shadiq Radhiallahu 'Anhum 

2. Qubbah Anak-anak perempuan Nabi Shallallah 'Alaihi Wasallam, Yaitu Sayyidah Zainab, Sayyidah Ruqoyah, Sayyidah Ummu kultsum. 

3. Qubbah Ummahatul Mukminin selain Sayyidah Khadijah dan Sayyidah Maimunah. 

4. Qubbah Bani Hasyim, yaitu Uqail bin Abi Thalib, Abdullah bin Jafar bin Abi thalib. 

5. Qubbah Ibrahim bin Muhammad Shallallah 'Alaihi Wa Sallam. dan Sayyidah fatimah binti Asad dan beberapa sahabat. 

6. Qubbah imam malik dan gurunya Imam Nafi' 

7. Qubbah Sahabat Sayyidina Utsman. 

8. Qubbah Para Sahabat diantaranya Sa'ad bin muaz, Abu Sa'id al-Khudri . 

Banyak sekali perkara yang diingkari sebagian saudara kita, namun perkara tersebut diperbolehkan dalam syariat. setelah datang Bani Su'ud ke Hijaz, seluruh qubbah yang dibangun penguasa hijaz sebelumnya itu dihancurkan, sehingga kita tidak melihat lagi dimakkah madinah maqam yang berkubah. 

akan tetapi kita bisa temukan jejak sejarah itu dinegara muslim lainnya, seperti Mesir, Magrib, Suriah dll. 

Saya punya guru yang belajar s1 dan s2 dimadinah, ia pernah berpesan setelah sekian tahun belajar dimadinah, "Wahai para pelajar, jangan cuman belajar dimakkah dan madinah, nanti pemikiran sempit, pergilah juga kenegeri-negeri islam lainnya, carilah ilmu disana, niscaya pikiran antum luas dan bijak". 

:-) 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Al-farizi

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Maqam Berkubah? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Ulama