Imam Abul Hasan Al Asy’ari dan Pujian Nabi SAW

Imam Abul Hasan Al Asy’ari dan Pujian Nabi SAW

🌺 Imam Abul Hasan Al Asy’ari dan Pujian Nabi SAW

Imam Abul Hasan Al Asy'ari bernama lengkap Ali ibn Isma’il ibn Ishaq ibn Salim ibn Isma’il ibn Abdillah ibn Musa ibn Bilal ibn Abi Burdah ibn ABI MUSA AL ASY’ARY.

❓ Apa pujian Nabi Muhammad SAW atas kaum Asy’ariyyun?

مسند أحمد 28/ 399 ط الرسالة:

عَنْ عَامِرِ بْنِ أَبِي عَامِرٍ الْأَشْعَرِيِّ عَنْ أَبِيهِ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: " نِعْمَ الْحَيُّ الْأسْدُ، وَالْأَشْعَرِيُّونَ لَا يَفِرُّونَ فِي الْقِتَالِ، وَلَا يَغُلُّونَ، ‌هُمْ ‌مِنِّي، ‌وَأَنَا ‌مِنْهُمْ "

“Dari ‘Amir ibn Abi ‘Amir Al Asy’ary dari bapaknya, dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Sebaik-baik singa yang hidup. Kaum Asy’ary tidak lari didalam peperangan, dan mereka tidak bertindak ekstrim. MEREKA (ASY’ARIYYUN) termasuk golonganku (Nabi Muhammad), dan aku (Nabi Muhammad) termasuk golongan mereka”

صحيح البخاري 4/ 1593:

وَقَالَ أَبُو مُوسَى، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم: (‌هم ‌مني ‌وأنا ‌منهم)

“Abu Musa berkata, dari Nabi SAW: “Mereka (kaum Asy’ariyyun) termasuk golonganku, dan aku termasuk golongan mereka (kaum Asy’ariyyun)”

مسند أبي يعلى - ت السناري 10/ 44:

عن عامر بن أبى عامر الأشعرى، عن أبيه، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم، قال في الأشعريين: "‌هُمْ ‌مِنِّى ‌وَأَنَا ‌مِنْهُمْ"

📌 Nabi menggunakan kata هم  (mereka) yang berarti pujian ini bukan hanya berlaku untuk Abu Musa Al Asy’ary seorang saja melainkan berlaku pula untuk kaumnya. 

🟢 Kemudian, Rosulullah SAW menyebut bahwa kaum asy’ariyyun adalah kaum yang dijelaskan didalam ayat:

فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ

“Akan Allah datangkan kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka mencintaiNya”

Sebagaimana keterangan ini dapat ditemukan di berbagai kitab tafsir. Misalnya: 

تفسير البغوي - طيبة 3/ 71:

وَقَالَ قَوْمٌ: الْمُرَادُ بِقَوْلِهِ: {فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ} هَمُ الْأَشْعَرِيُّونَ، رُوِيَ عَنْ عِيَاضِ بْنِ غَنْمٍ الْأَشْعَرِيِّ قَالَ: لَمَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ: {فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ} قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: "‌هُمْ ‌قَوْمُ ‌هَذَا، وَأَشَارَ إِلَى أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ" (5) وَكَانُوا مِنَ الْيَمَنِ

Rasulullah SAW menjelaskan “Mereka adalah kaum orang ini, sambil beliau menunjuk kepada Abu Musa Al Asy’ary” dan mereka dari Yaman.

❓ Siapa Sebenarnya Abu Musa Al Asy’ary?

Abu Musa Al Asy’ary kakek buyut dari Imam Abul Hasan Al Asy’ari adalah seorang sahabat Nabi yang berkali-kali ditunjuk sebagai penguasa sejak jaman Rosulullah SAW hingga jaman Khulafaur Rosyidun.

Abu Musa Abdullah ibn Qays Al Asy’ary seorang sahabat Nabi yang masuk Islam di Mekkah dan pindah ke kabilahnya di Yaman.

✍️ Di jaman Nabi : Beliau diangkat sebagai penguasa Zubaid dan A’dn

✍️ Jaman Khalifah Umar : Beliau diangkat sebagai penguasa Bashrah

✍️ Jaman Khalifah Utsman bin Affan : Beliau diangkat sebagai penguasa Kufah

✍️ Jaman Sayyidina Ali : Beliau diangkat sebagai utusan proses Tahkim

Jadi, kaum Asy’ariyyun sudah mendapat pujian Rosulullah SAW. Pujian ini berlaku sampai akhir jaman karena tidak ada satu dalil pun yang membatalkan pujian ini. 

Pujian yang tergabung antara ayat dan hadits shohih tersebut tidak akan ada dan tidak boleh ada seorang pun yang dapat membatalkannya, kapanpun dan dimanapun.

Wallahu a’lam. 

Sumber FB Ustadz : Saiful Anwar

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Imam Abul Hasan Al Asy’ari dan Pujian Nabi SAW - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®