Aqidahnya Al Imam Assyafi'i

Aqidahnya Al-Imam Assyafi'i

🔰 AQIDAHNYA AL IMAM ASSYAFI'I

Imam Syafi'i (W 204 H) mengatakan:

فصل واعلموا ان الباري لا مكان له والدليل عليه هو ان الله تعالى كان ولا مكان فخلق المكان وهو على صفته الازلية كما كان قبل خلقه المكان لا يجوز عليه التغير في ذاته والتبديل في صفته ولان ماله مكان وله تحت فيكون متاهي الذات محدودا والمحدود مخلوق تعالى الله عن ذلك..

Artinya: Fashlun; ketahuilah oleh kalian bahwasanya Al Bari (Allah) tidak memiliki tempat. Dalil atas hal itu adalah sesungguhnya Allah ada dan tanpa tempat. Kemudian, ia menciptakan tempat dan ia tetap diatas sifatnya yang Azali sebagaimana keberadaan nya sebelum menciptakan tempat. Perubahan tidak berlaku pada dzatnya dan pergantian juga tidak berlaku pada sifatnya. Karena, sesuatu yang memiliki tempat dan bawah (arah) tentu keberadaan dzat itu terbatas dan yang terbatas hanya makhluk. Allah maha tinggi dari hal tersebut.

[Kitab Fiqhul Akbar Lissyafi'i: 11]

فان قيل ( قال ) الله تعالى الرحمن على العرش استوى يقال له ان هذه الاية من المتشابه التي يحار في الجواب عنها وعن امثالها لمن لا يريد التبحر في العلم اي يمر بها كما جاءت ولا يبحث عنها ولا يتكلم فيها لانه لا يأمن الوقوع في الشبهة والورطة اذا لم يكن راسخا في العلم ويجب ان يعتقد في صفة الباري ما ذكرناه وانه لا يحويه مكان ولا يجري عليه زمان منزها عن الحدود والنهايات مستغن عن المكان والجهات ليس كمثله شيء.

Artinya: Sesungguhnya ayat ini termasuk ayat mutasyabihat. Jawaban yang kita pilih tentang hal ini dan ayat-ayat yang semacam dengannya bagi orang yang tidak memiliki kompetensi di dalamnya adalah agar mengimaninya dan tidak secara mendetail membahasnya dan membicarakannya. Sebab bagi orang yang tidak kompeten dalam ilmu ini ia tidak akan aman untuk jatuh dalam kesesatan tasybîh. Dan wajib seseorang meyakini mengenai sifat Allah taala seperti yang telah kami sebutkan di atas, Dia tidak diliputi oleh tempat, tidak berlaku bagi-Nya waktu, suci dari batasan, penghabisan, ia tidak butuh tempat dan arah. Tidak ada sesuatu yang sama seperti nya.

[Kitab Fiqhul Akbar Lissyafi'i: 11]

TTD ADMIN: ID Cyber Aswaja

Sumber FB : ID Cyber Aswaja

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Aqidahnya Al Imam Assyafi'i - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®