Ketika Rasulullah Menghadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok di Madinah

Ketika Rasulullah Menghadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok di Madinah

Ketika Rasulullah Menghadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok di Madinah

Belakangan ini masyarakat dihadapkan pada kenaikan harga bahan pokok yang menjadi perhatian serius. Kenaikan harga mencakup berbagai komoditas sehari-hari, seperti beras, tomat, cabai dan lain sebagainya yang memengaruhi daya beli konsumen.

Pemerintah dan otoritas terkait dihadapkan pada tugas penting untuk merumuskan kebijakan yang efektif guna menanggulangi kenaikan harga dan menjaga stabilitas ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. Upaya koordinasi antara sektor ekonomi, regulasi harga, dan kebijakan sosial menjadi kunci dalam menghadapi tantangan ini.

Dalam menghadapi kenaikan harga, Nabi Muhammad saw menunjukkan keprihatinan dan kepemimpinan yang bijak. Beliau terlibat langsung dalam menyelesaikan masalah ekonomi, misalnya dengan mengirimkan Umar untuk menyelidiki dan menangani situasi kenaikan harga yang dihadapi oleh masyarakat.

Pada saat-saat tertentu, Nabi saw juga memberikan pedoman dan ajaran terkait keadilan ekonomi, mendorong sahabat-sahabatnya untuk menjalankan perdagangan dengan kejujuran, menghindari penimbunan barang, dan menjual dengan harga yang wajar. Beliau bahkan memuji pedagang yang dianggap jujur.

Meskipun kondisi ekonomi saat itu berbeda dengan zaman modern, pelajaran dari pendekatan Nabi saw dalam mengelola kenaikan harga dapat diambil sebagai nilai inspiratif dalam merancang kebijakan ekonomi yang adil dan berkeadilan.

Dengan adanya sikap Nabi saw sebagaimana di atas, para fuqaha mengarahkan topik ini pada diskusi soal penetapan harga (tas’ir) oleh pemerintah. Mengutip Al-Majmu’ Syarhul Muhaddzab, para ulama berselisih pendapat mengenai masalah penentuan harga. Di antaranya yaitu ketika terdapat harga umum dan ada pedagang ingin menjual dengan harga yang lebih tinggi.

Pendekatan Rasulullah saw dalam mengelola kenaikan harga yaitu dengan menekankan keadilan dalam mu’amalah ekonomi dan memberikan kebebasan pada pelaku pasar dengan catatan bahwa kebebasan tersebut tidak bertentangan dengan prinsip keadilan Islam.

Rasulullah juga menegaskan pentingnya kebersamaan dalam menghadapi kesulitan dan memberikan dukungan moral bagi mereka yang bersabar dalam situasi sulit.

#nahdlatululama #nuonline #ekonomi #rasulullah #sikap #harga

Sumber FB : NU Online

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Ketika Rasulullah Menghadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok di Madinah - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®