Apa itu Proses Wahyu?

Apa itu Proses Wahyu?

APA ITU PROSES WAHYU?

Sebagian orang salah paham dengan istilah "Proses Wahyu" sehingga menuduh saya meyakini bahwa "Kalam Allah DIPROSES sehingga Kalam Allah yang ada pada Dzat Allah itu berubah menjadi kalam makhluk" Saya tidak tahu darimana dia menarik kesimpulan keliru dari istilah "Proses Wahyu". Bukan begitu cara memahami istilah "Proses Wahyu". Kalam Allah yang ada pada Dzat Allah tidak pernah berubah. Dan Kalam Allah yang ada pada Dzat Allah tidak pernah terkena perubahan yang disebut proses. Perubahan terjadi dalam rentetan penyampaian informasi karena penerima informasi adalah makhluk jadi butuh kalam jenis makhluk supaya dapat memahami.

Simak baik-baik supaya tidak salah paham:

1. Seluruh ulama sepakat bahwa "Kalam Allah berbeda secara mutlak dari semua jenis kalam makhluk"

Dalilnya:

ليس كمثله شيء

"Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia" 

Ulama' tafsir menjelaskan, "Tidak serupa dalam Dzat, sifat-sifat dan perbuatan-perbuatanNya"

2. Jika sifat kalam manusia berupa bahasa-bahasa, maka sifat Kalam Allah pastinya adalah berbeda, maka mustahil berupa bahasa-bahasa.

3. Tulisan bahasa Arab di mushaf disebut kalamullah. Bahasa Arab adalah salah satu jenis kalam makhluk. Jika Kalamullah yang sebenarnya adalah bukan berupa bahasa, sedangkan tulisan dalam mushaf berupa bahasa, maka pasti ada PROSES perubahan jenis kalam dari kalam Khaliq yang bukan jenis kalam makhluk menjadi jenis kalam makhluk. Namun, meski tulisan adalah makhluk dan bahasa Arab adalah jenis kalam makhluk, tetap saja tulisan dalam mushaf secara penyandaran disebut sebagai Kalam Allah karena yang berkalam pertama kali adalah Allah.

4. Proses itu disebut PROSES WAHYU. 

5. Apa itu PROSES WAHYU? 

✅ Proses Wahyu adalah runtunan perubahan (peristiwa) dalam perkembangan sesuatu. 

Contohnya: 

1. Suatu ketika Nabi Muhammad mendengar suara yang seperti suara gemuruh lebah, kemudian dipahami oleh diri nabi MENJADI BERBAHASA ARAB. Dari suara yang seperti suara gemuruh lebah BERUBAH MENJADI bahasa Arab, inilah yang dimaksud dengan PROSES.

2. Suatu ketika Nabi Muhammad mendengar suara yang seperti suara lonceng, kemudian dipahami oleh diri nabi MENJADI BERBAHASA ARAB. Dari suara yang seperti suara lonceng BERUBAH MENJADI bahasa Arab, inilah yang dimaksud dengan PROSES. 

3. Suatu ketika Nabi Muhammad menerima mimpi, kemudian mimpi itu dipahami oleh diri nabi MENJADI BERBAHASA ARAB. Dari mimpi BERUBAH MENJADI bahasa Arab, inilah yang dimaksud dengan PROSES.

4. Begitu pula Allah berkalam kepada Jibril dengan kalam yang berbeda dari seluruh kalam makhluk kemudian kalam tersebut dipahami oleh diri Jibril MENJADI BERBAHASA IBRANI (di jaman nabi Musa), SURYANI (di jaman nabi Isa) DAN ARAB (di jaman nabi Muhammad). Dari kalam yang berbeda dari semua jenis kalam makhluk BERUBAH MENJADI jenis kalam makhluk, inilah yang dimaksud dengan PROSES.

Wallahu a'lam. 

Sumber FB Ustadz : Saiful Anwar

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Apa itu Proses Wahyu? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®