Palestina Menang, Kiamat Datang, Benarkah?

Palestina Menang, Kiamat Datang, Benarkah?

Perang yang terjadi di Palestina adalah konflik kesekian kali yang terjadi antara Palestina dengan Israel. Umat Islam bahkan orang-orang di dunia mungkin bertanya-tanya kapankah perang tersebut berhenti, atau perang ini baru berhenti ketika hari kiamat tiba?

Banyak asumsi dan opini yang tersebar di tengah masyarakat Muslim bahwa apabila Palestina menang maka hari kiamat pun datang. Tentunya kabar seperti ini malah menciptakan ketakutan di tengah masyarakat.

Dengan kabar tersebut, bisa jadi di hati kecil sebagian orang ada harapan agar perang ini tidak pernah selesai, karena jika selesai maka kiamat pun tiba. Tentunya klarifikasi dan pengecekan ulang terhadap informasi semacam harus dilakukan agar kesalahpahaman ini dapat dikoreksi.

Tampaknya informasi tersebut muncul dari hadits-hadits yang menceritakan kondisi akhir zaman dan juga bumi Syam, di mana saat ini wilayah tersebut dinamakan Palestina. Hadits-hadits tersebut umumnya bersifat futuristik dan berisi ramalan masa depan.

Seperti hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan dijelaskan oleh Imam Al-Khitabi bahwasanya bukan menjelaskan waktu terjadinya kiamat dan juga ditegaskan dalam surat Al-Ahzab ayat 63.

Jadi, ketentuan terjadinya kiamat ketika Palestina menang belum bisa dipastikan waktunya sebab keumuman hadits yang tidak menyebut waktu tertentu. Oleh sebab itu tidak perlu ada kekhawatiran dalam menolong saudara-saudara kita di Palestina dengan dukungan doa dan harta yang disalurkan pada lembaga resmi dan terpercaya.

Ungkapan tersebut berasal dari hadits-hadits yang berkaitan dengan akhir zaman dan Al-Quds, yaitu:

"Nabi saw bersabda, ' Wahai Ibnu Hawalah, apabila engkau melihat kekhilafahan telah turun di bumo yang disucikan (Al-Quds), maka sunggu telah dekat bencana gempa dan berbagai kesedihan serta perkara-perkara besar. Pada saat itu Hari Kiamat lebih dekat kepada orang-orang daripada tanganku ini dari kepalaku'." (HR Abu Dawud)

Hadits tersebut tidak menyebut secara spesifik kapan terjadinya kiamat, namun hanya ciri dan alamat dekatnya saja

Al-Khithabi menjelaskan bahwa hadits tersebut konteksnya adalah realita berupa kesengsaraan yang terjadi pada masa Bani Umayyah

Berkali-kali disebutkan dalam Al-Quran bahwa tidak ada yang tahu pasti kapan kiamat terjadi, namun Hari Akhir disebut sudah dekat kedatangannya bahkan sejak zaman Nabi saw

Kesengsaraan telah terjadi silih berganti sepanjang sejarah manusia, maka sulit untuk menyimpulkan apabila Palestina menang maka kiamat datang.

Sumber : QS Al-Ahzab [33]:63

Syekh Wahbah al-Zuhaili, al-Tafsir al-Munir, Beirut: Dar al-Fikr, 148], jilid XXII, hal. 115

Al-'Azhim Abadi, 'Awnul Ma'bud, [Beirut: Darul Kutub al-'Ilmiyyah, tt], jilid VII, hal. 150

#nahdlatululama #nuonline #nuonline_id #palestine #freepalestine #freepalestine🇵🇸 #savepalestine

Sumber Instagram : @nuonline_id

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Palestina Menang, Kiamat Datang, Benarkah? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®