Pak Haji Masih Bingung - Kain Ihram

Pak Haji Masih Bingung - Kain Ihram

Pak Haji Masih Bingung ( 2 )

Oleh Ustadz : Rahmat Taufik Tambusai

Pak haji, ada yang mengatakan kalau kita sudah niat ihram haji maka tidak boleh membuka kain ihram, atau bagi perempuan tidak boleh membuka baju atau jilbab, kalau dibuka maka ihramnya batal, dan bagaimana dengan yang buka aurat selama ihram, apakah ihram hajinya batal ? simpang siur jawabannya buat kami bingung.

Yang pertama, secara teori, semakin bingung maka semakin pintar, karena hasrat ingin tahunya semakin tinggi, ketika bingung maka bertanyalah.

Oo jadi begitu ya pak haji, iya maka ketika bingung bertanyalah karena akal sedang berpikir, jika akal sedang berpikir maka pertanda akalnya sehat.

Yang kedua, bahwa membuka kain ihram bagi laki - laki atau baju dan jilbab bagi perempuan setelah berniat ihram haji tidak membatalkan hajinya, karena tidak termasuk larangan ihram atau yang membatalkan ibadah haji.

Sebagai contoh ketika kain ihram terkena najis maka boleh diganti dengan kain ihram yang lain, atau karena berkeringat gerah maka boleh dibuka dan mandi, dengan syarat waktu membuka kain ihram tidak di depan orang ramai.

Atau sewaktu di kamar mandi takut terkena najis maka boleh dibuka kain ihramnya, dengan syarat pastikan pintu kamar mandinya terkunci hehehe

Yang ketiga, bahwa membuka aurat selama melaksanakan ibadah haji tidak membatalkan hajinya, tetapi berdosa besar, karena menutup aurat hukumnya wajib.

Oleh sebab itu, setiap jamaah haji harus berhati - hati setiap yang melanggar hukum syariat, karena bisa menyebabkan haji nya tidak mabrur, hajinya sah tetapi tidak bernilai pahala di sisi Allah.

Karena penyebab utama tidak mabrurnya ibadah haji bukan karena rangkaian ibadah hajinya tetapi lebih kepada hal - hal yang sepele, seperti tidak menjaga aurat selama ihram haji atau berkata - kata yang tidak layak diucapkan. 

Terus apa saja yang membatalkan Ibadah haji pak haji ? 

Diantara yang membatalkan ibadah haji ; tidak melakukan salah satu rukun haji, berhubungan suami istri sebelum tahallul awal, berniat membatalkan ibadah hajinya dan murtad.

Kota Mekah, Selasa 20 Juni 2023

Yuk umroh abis musim haji yang minat hubungi kami AZKIA GROUP 

#BanggaMenjadiPelayanTamuAllah

#PetugasHajiIndonesia2023

#HajiRamahLansia 

Sumber FB Ustadz : Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pak Haji Masih Bingung - Kain Ihram - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®