๐ค๐จ๐ก๐จ๐ง ๐ช๐๐ง๐๐ฅ ๐๐ ๐๐๐๐๐ฅ ๐ฅ๐๐ ๐๐๐๐๐ก
Afwan kiyai, di sebagian masjid ketika 15 Ramadhan hingga akhir, dalam shalat witir dibaca do’a qunut. Apakah ini ada dalilnya ?
Jawaban
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Mayoritas ulama berpendapat disunnahkan untuk membaca qunut di dalam shalat Witir berdasarkan dalil-dalil yang jelas tentangnya. Hanya kemudian madzhab yang empat berbeda pendapat dalam rinciannya, ada yang mensunnahkan dari awal Ramadhan, bahkan juga dalam witir di luar Ramadhan.
Sedangkan kalangan Syafi’iyyah berpendapat kesunnahan membaca qunut ini adalah di separuh terakhir dari malam Ramadhan. (Silahkan Simak di tulisan kami sebelumnya : Qunut dalam shalat Witir)
๐ค๐๐ป๐๐ ๐๐ฒ๐ฝ๐ฎ๐ฟ๐๐ต ๐๐ฒ๐ฟ๐ฎ๐ธ๐ต๐ถ๐ฟ ๐ฅ๐ฎ๐บ๐ฎ๐ฑ๐ต๐ฎ๐ป
Al imam Baihaqi rahimahullah berkata :
ูุงู ุงูุดุงูุนู: ููููุชูู ูู ุงููุชุฑ ูู ุงููุตู ุงูุขุฎุฑ ู ู ุฑู ุถุงู، ููุฐูู ูุงู ููุนู ุงุจู ุนู ุฑ، ูู ุนุงุฐ ุงููุงุฑู
“Berkata Asy Syafi’i : ‘Dan berqunut di dalam shalat Witir pada pertengahan akhir bulan Ramadhan, sebagaimana yang dilakukan oleh Ibnu ‘Umar dan Mu’adz al-Qari.”[1]
Al imam Nawawi rahimahullah berkata :
ููุณุชุญุจ ุงููููุช ุนูุฏูุง ูู ุงููุตู ุงูุฃุฎูุฑ ู ู ุดูุฑ ุฑู ุถุงู ูู ุงูุฑูุนุฉ ุงูุฃุฎูุฑุฉ ู ู ุงููุชุฑ، ูููุง ูุฌู: ุฃู ูููุช ูููุง ูู ุฌู ูุน ุดูุฑ ุฑู ุถุงู، ููุฌู ุซุงูุซ: ูู ุฌู ูุน ุงูุณูุฉ، ููู ู ุฐูุจُ ุฃุจู ุญูููุฉ، ูุงูู ุนุฑูู ู ู ู ุฐูุจูุง ูู ุงูุฃّูู
“Disunnahkan untuk berqunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan dalam pandangan madzhab kami. Ada juga sebagian kalangan dari kami (Syafi’iyyah) yang berpendapat kesunnahan Qunut adalah di sepanjang Ramadhan.
Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa kesunnahannya di seluruh shalat sunnah. Ini adalah pendapat madzhab Abu Hanifah. Namun, yang dikenal dalam madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu Qunut pada separuh akhir Ramadhan.”[2]
Selain dari Syafi’iyyah, sebagian ulama-ulama dari kalangan madzhab Malikiyyah dan sebuah riwayat dari imam Ahmad juga berpendapat disunnahkannya berqunut di separuh terakhir dari bulan Ramdahan.[3]
Berkata al imam Ibnu Qudamah al Hanbali rahimahullah :
ุงููููุช ู ุณููู ูู ุงููุชุฑ ูู ุงูุฑูุนุฉ ุงููุงุญุฏุฉ ูู ุฌู ูุน ุงูุณูุฉ، ูุฐุง ุงูู ูุตูุต ุนูุฏ ุฃุตุญุงุจูุง، ููุฐุง ููู ุงุจู ู ุณุนูุฏ، ูุฅุจุฑุงููู ، ูุฅุณุญุงู، ูุฃุตุญุงุจ ุงูุฑุฃู؛ ูุฑูู ุฐูู ุนู ุงูุญุณู، ูุนู ุฃุญู ุฏ ุฑูุงูุฉ ุฃุฎุฑู: ุฃูู ูุง ูููุช ุฅูุงَّ ูู ุงููุตู ุงูุฃุฎูุฑ ู ู ุฑู ุถุงู
“Qunut disunnahkan dalam shalat witir yang ganjil di sepanjang tahun, ini adalah pendapat resmi madzhab kami (hanbali). Dan ini juga pendapat ibnu Mas’ud, Ibrahim an Nakha’i, Ishaq, kalangan ahli ra’yi, dan juga diriwayatkan ini dari Hasan al Bashri. Diriwayatkan dalam sebuah riwayat lain dari imam Ahmad : Beliau tidak melakukan Qunut kecuali di separuh terakhir dari Ramadhan.”[4]
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น๐ป๐๐ฎ
ุฃู ุนู ุฑ ุจู ุงูุฎุทุงุจ ุฌู ุน ุงููุงุณ ุนูู ุฃุจู ุจู ูุนุจ ููุงู ูุตูู ููู ุนุดุฑูู ูููุฉ ููุง ูููุช ุงูุง ูู ุงููุตู ุงูุจุงูู ู ู ุฑู ุถุงู.
“Sesungguhnya Umar Ibn Khattab berinisiatif mengumpulkan masyarakat agar shalat tarawih bersama (dengan imam) Ubay Ibn Ka’ab, maka beliau shalat Tarawih bersama mereka selama 20 malam, dan beliau tidak berdoa qunut kecuali dalam separuh yang kedua (malam 16 Ramadhan hingga seterusnya).” (HR. Abu Dawud)
Berkata al imam Syaukani rahimahullah :
ูุฑูู ุงูุนุฑุงูู ุนู ู ุนุงุฐ ุจู ุงูุญุงุฑุซ ุงูุฃูุตุงุฑู ุฃูู ูุงู ุฅุฐุง ุงูุชุตู ุฑู ุถุงู ูุนู ุงูููุฑุฉ. ูุงู: ูุนู ุงูุญุณู: ูุงููุง ูููุชูู ูู ุงููุตู ุงูุฃุฎูุฑ ู ู ุฑู ุถุงู
“Dan telah meriwayatkan al Iraqi dari Mu’adz bin al Harits al Anshari radhiyallahu’anhu bahwa beliau jika telah berada di separuh dari akhir Ramadhan (berqunut) melaknat orang-orang kafir. Al Hasan berkata : Mereka dahulu berqunut di separuh akhir dari Ramadhan.”[5]
Seorang ulama yang hidup di abad ketiga Hijriyah, Muhammad bin Ishaq al Makki mengatakan :
ููุงู ุฃูู ู ูุฉ ุนูู ุงููููุช ูู ุงููุชุฑ ูู ุงููุตู ุงูุฃุฎูุฑ ู ู ุดูุฑ ุฑู ุถุงู، ููุงููุง ูููุชูู ูู ุตูุงุฉ ุงูุตุจุญ ุฃูุถุง ู ู ุงูุณูุฉ ุฅูู ุงูุณูุฉ، ูุฅูู ุง ุชุฑู ุฐูู ุจู ูุฉ ู ู ูุจู ุงูููุงุฉ ู ู ุฃูู ุงูุนุฑุงู
“Dahulu penduduk Makkah berqunut di dalam shalat Witir pada separuh akhir dari bulan Ramadhan. Dan mereka juga terbiasa berqunut dalam shalat Shubuh, dan ini berlangsung bertahun-tahun, hingga kemudian hal itu ditinggalkan sebelum berkuasanya pemimpin dari Iraq.”[6]
๐Wallahu a’lam.
_______________
[1] Ma’rifah as Sunan wal Atsar (4/43)
[2] Al Adzkar hal. 59
[3] Al Kafi li Ibn Abdil Barr hal. 74, al Qawanin al Fiqhiyyah hal 66
[4] Al Mughni (2/580)
[5] Nail al Authar (3/55)
[6] Akhbar al Makkah (2/155)
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq