Jazakallah dan Cara Membalasnya

Jazakallah dan Cara Membalasnya

JAZAKALLAH DAN CARA MEMBALASNYA

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

1. Mengucapnya

~ Jika kepada seorang laki-laki ucapkan "Jazakallah khairan".

~ Jika kepada banyak orang ucapkan "jazakumullah khairan".

~ Jika kepada satu orang perempuan ucapkan "Jazakillah khairan".

~ Jika kepada banyak orang perempuan ucapkan "Jazakunnallah khairan".

Tapi boleh juga mengucapkan dengan "jazakumullah khairan" (Semoga Allah membalas kepada kalian kebaikan) baik satu laki-laki atau banyak laki-laki, satu perempuan atau banyak perempuan. Karena كم dimaksudkan untuk dia dan keluarganya.

Saya biasa menggunakan جزكم الله خيرا meski kepada ibu-ibu, karena yang saya maksudkan adalah dia dan juga suaminya. Juga ketika saya tidak tahu jenis kelamin seseorang bila di WA atau somed.

Jazakallah khairan juga bisa menggunakan diksi kalimat lain yang serupa seperti jazakallah ahsanal jaza dan lainnya.

2. Menjawabnya

~ Waiyya 

Waiyyaka kepada satu laki-laki, waiyyakum untuk banyak laki-laki, waiyaki untuk satu perempuan, dan waiyyakun untuk banyak perempuan.

~ Wa

Wajazakallah khairan untuk satu laki-laki, wajazakumullah khairan untuk banyak laki-laki, wajazakillah khairan untuk satu perempuan dan wajazakunnallah khairan untuk banyak perempuan.

Boleh juga dengan dengan ditambahin redaksi lain sebagai variasi seperti wa anta jazakallah khairan dll. Intinya tidak ada yang baku dan tak perlu kaku dalam membalasnya. 

Apapun jawabannya asalkan intinya berterima kasih dan membalas doa kebaikan itu hukumnya boleh dilakukan.

Sama dengan ketika" mengucapkannya" maka dalam "menjawabnya" boleh semua keadaan dengan kalimat yang umum yakni : Waiyyakum atau wajazakumullah khairan.

Semoga ada manfaatnya.

Jazakallah dan Cara Membalasnya

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Jazakallah dan Cara Membalasnya - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®