Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri

ziarah Kubur Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri

ZIARAH KUBUR MENJELANG RAMADHAN DAN IDUL FITRI

A: "Mengkhususkan ziarah kubur di makam keluarga menjelang ramadhan atau hari raya itu bid'ah, tidak boleh mengkhususkan ibadah di waktu tertentu kecuali ada tuntunan dari Rasulullah ﷺ"

B: "ouh begitu ya akhi, kalau kajian ustadz sunnah itu ibadah gak ?"

A: "ouh iya dong jelas, kan menuntut ilmu sesuai manhaj yang benar pasti ibadah"

B: "Tapi kok dikhususkan di hari ahad bukannya kata antum mengkhususkan waktu untuk ibadah itu bid'ah kalau tidak ada tuntunan dari Nabi ﷺ ?"

A: "Tapi itu kan bukan niat mengkhususkan tapi memang ada alasannya akhi"

B: "Apa alasannya ? Kok gak pindah-pindah hari aja kan sekarang nyebar informasi kajian gampang tinggal lewat grup WA atau medsos"

A: "Kalau itu karena hari ahad itu pas hari libur akhi, jadi jama'ah waktunya lagi kosong, lagi pula kalau ditentukan waktunya makan jamaah bisa mengalokasikan waktu khusus untuk kajian"

B: "Ouh begitu, sama juga halnya dengan orang ziarah kubur menjelang ramadhan dan lebaran, alasannya karena saat itu kebetulan pas hari libur juga dan biasanya kami yang merantau kebetulan sedang pulang kampung, rindu dong dengan orang tua yang sudah wafat, sesekali nengok makamnya. Kebetulan juga keluarga besar sedang di kampung semua. Lagian juga tidak pasti kok harinya kadang sehari sebelum ramadhan kadang 2 hari sebelumnya, tergantung kosong waktunya, sedangkan itu kajian sunnah harinya dah pasti lebih khusus bukan ?"

A: @$#&_#& 

Sumber FB Ustadz : Muhammad Salim Kholili

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®