Membaca Quran Di Kubur (Saat Ziarah) Menurut Imam Ahmad

Membaca Quran Di Kubur (Saat Ziarah) Menurut Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam Ibnul Qayyim

MEMBACA QURAN DI KUBUR (SAAT ZIARAH)  MENURUT IMAM AHMAD BIN HANBAL DAN IMAM IBNUL QAYYIM

Imam Ibnul Qayyim rhm (w. 751 H) – murid Syekh Ibnu Taimiyyah rhm – menyatakan, Al-Khallal berkata ; Al-Hasan bin Ahmad Al-Warraq telah mengabarkan kepadaku, (dia berkata) Ali bin Musa Al-Haddad telah menceritakan kepadaku – dia seorang yang shaduq (jujur) -, dia berkata : 

“Aku pernah bersama dengan Ahmad bin Hanbal dan Muhammad bin Qudamah Al-Jauhari pada satu jenazah. Tatkala mayit telah selesai dikubur, ada seorang laki-laki buta yang membaca (Al-Quran) di sisi kubur (mayit tersebut). Maka imam Ahmad berkata kepadanya : “Wahai kisanak ! membaca Al-Quran di kuburan itu bidah !”.

Tatkala kami keluar dari area pekuburan, Muhammad bin Qudamah bertanya kepada Ahmad bin Hanbal : “Wahai Abu Abdillah (kunyah Imam Ahmad) ! Apa pendapatmu tentang Mubasysyir Al-Halabi ? Beliau menjawab :”Tsiqah (seorang kepercayaan).” Dia (Muhammad bin Qudamah) bertanya lagi : “Anda menulis riwayat darinya (Mubasysyir Al-Hallabi) ?”. “Ya”, jawab imam Ahmad. 

Maka Muhammad bin Qudamah berkata : “Mubasysyir telah mengabarkan kepadaku dari Abdurrahman bin Al-‘Alla’ bin Al-Lajlaaj dari bapaknya, sesungguhnya beliau berwasiat apabila telah selesai dikubur, untuk dibacakan pembukaan surat Al-Baqarah dan penutupannya di sisi kepalanya. Kemudian dia (Al-‘Alaa bin Al-Lajlaaj) berkata : “Aku pernah mendengar Ibnu Umar berwaisat dengan hal itu ( untuk dibacakan pembukaan surat Al-Baqarah dan penutupannya di sisi kuburnya)”.

Setelah mendengar hal itu, Imam Ahmad berkata kepadanya : “Kembalilah engkau (kepada laki-laki buta tadi), dan katakan kepadanya untuk (melanjutkan) membaca Al-Qur’an (di sisi kubur mayit tersebut).” (Ar-Ruh, karya Imam Ibnul Qayyim rhm, vol. I, hlm. 23, cetakan Dar Alim Fawaid)

Di halaman (21), imam Ibnul Qayyim rhm menyatakan ; “Telah disebutkan dari sekelompok ulama SALAF, sesungguhnya mereka berwasiat untuk dibacakan Al-Quran di sisi kubur mereka pada waktu dimakamkan."

(Abdullah Al-Jirani)

Sumber FB Ustadz : Abdullah Al Jirani

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Membaca Quran Di Kubur (Saat Ziarah) Menurut Imam Ahmad - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®