Umrah Berangkat Dulu Bayar Di Belakang Setelah Pulang

Umrah Berangkat Dulu Bayar Di Belakang Setelah Pulang

UMRAH BERANGKAT DULU BAYAR DI BELAKANG SETELAH PULANG 

by Ustadz Abdul Wahid Al-Faizin 

Saat membahas hukum jual beli emas secara kredit atau non tunai di masjid Al-Haq Rungkut ada jama'ah yang bertanya. Bagaimana hukumnya umrah dengan cara dikredit?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut kita perlu tahu terlebih dahulu apa akad yang ada pada pemberangkatan haji dan umrah. Dalam kitab فقه الاجارة الموصوفة في الذمة akad dalam umrah masuk kategori ijarah fi zhimmah. Sehingga uang yang dibayarkan ke travel adalah upah atau ujrah atas manfaat yang akan diberikan dan menjadi tanggung jawab travel.

Dalam masalah ijarah fi zhimmah ini ulama' berbeda pendapat, apakah wajib membayar upah di awal sebagaimana dalam akad salam atau boleh dibayar di akhir. Menurut Madzhab Maliki dan Syafi'i upah dalam ijarah fi zhimmah wajib dibayarkan di awal (تعجيل الاجرة) karena itu tidak diperkenankan umrah berangkat dulu bayar di belakang setelah pulang.

Namun menurut Madzhab Hanafi dan Hanbali upah atau ujrah dalam ijarah fi zhimmah boleh diakhirkan (تأجيل الاجرة) sebagaimana dalam sewa barang (اجارة العين). Pendapat ini juga dipilih oleh beberapa ulama' kontemporer seperti Syaikh Abdus Sattar Abu Ghuddah dan Syaikh Nazih Hammad. Karena itu, praktek umrah berangkat dulu bayar di belakang setelah pulang diperbolehkan.

REFERENSI:

فقه الاجارة الموصوفة في الذمة ص ١٢-١٤

المعاملات المالية اصالة ومعاصرة ج ٨ ص ٣٩١ 

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahid Alfaizin

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Umrah Berangkat Dulu Bayar Di Belakang Setelah Pulang - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®